Tips Cerdas Sukses Mulia: Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

0
643

Bulan puasa adalah momentum yang sangat spesial bagi kaum muslim untuk mendekatkan diri lebih dekat kepada Allah SWT. Mendekatkan diri dengan melaksanakan ibadah-ibadah khusus dibulan Ramadhan bisa menjadi salah satu ide brilian untuk panen rahmat dan ridho dari Allah karena dibulan yang suci ini, Allah pribadi yang akan memberikan pahala langsung kepada tiap-tiap jenis ibadah yang kita jalani (terlepas dari seberapa banyak pahala adalah terserah Allah). Salah satu jenis ibadah favorit di bulan yang penuh berkah ini adalah tadarus Al-Qur’an. Banyak orang-orang iman yang sudah mentargetkan untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an mereka bahkan tidak hanya sekali, namun beberapa kali diulan Ramadhan ini. Dalam artikel tips cerdas sukses mulia berikut ini tim Cahayaislam beri beberapa tips jitu mengkhatamkan Al-Qur’an dibulan ramadhan ini:

Tentukan Target yang jelas! Mau berapa kali Khatam Sih?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentukan target yang jelas! Diawal menjelang puasa, sobat Cahayaislam harus sudah menentukan mau khatam berapa kali sih dibulan ramadhan ini. Tentunya target yang osbat Cahayaislam tentukan haruslah masuk akal dan sesuai dengan kemampuan sobat sekalian. Anda tidak bisa mentargetkan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 100 kali dibulan puasa, karena hal itu tidak masuk akal, kecuali anda memiliki gaya bacaan Al-Qur’an yang super cepat dan bisa khatam paling tidak 3-4 kali dalam sehari.

Skema tentukan target yang jelas dan perencanaan mau berapa kali khatam cukup mudah, yang perlu sobat Cahayaislam lakukan adalah meninjau seberapa banyak sobat bisa baca dalam sehari. Semisal, sobat bisa membaca sekitar 4 halaman Al-Qur’an setiap setelah shalat wajib, maka target khatam anda bisa sekali di bulan Ramadhan ini. Bila sobat bisa membaca sekitar 4 lembar dalam setiap sehabis shalat wajib, maka kemungkinan anda bisa khatam sebanyak 2 kali dibulan Ramadhan ini. Jadi, tentukan dulu target yang gamblang untuk mengkhatamkan al-Qur’an dibulan ramadhan ini terlebih dahulu.

Bawa Mushaf Al-Qur’an/ Al-Qur’an Portabel Kemanapun anda pergi

Tentunya target yang sudah dibuat perlu dilaksanakan, dan untuk melaksanakannya akankah lebih baik sobat Cahayaislam bisa memenuhi lebih dari yang ditargetkan daripada kurang dari yang ditargetkan. Semisal target sobat sekitar 1 juz sehari. Sobat Cahayaislam bisa melebihkan beberapa lembar agar aman. Untuk mendapatkan bisa melakukannya, sobat perlu membawa mushaf Al-Qur’an kemanapun anda pergi, sehingga ketika kita memiliki waktu luang, maka kita bisa langsung membacanya walaupun sedikit. Anda bisa membeli Al-Qur’an portabel yang banyak dijual ditoko-toko buku atau anda bisa mendownload aplikasi Al-Qur’an yang bisa diinstall kedalam smartphone sobat Cahayaislam sekalian. Dengan begitu sobat Cahayaislam akan dengan mudah mendapatkan metode efektif cara menkhatamkan Al-Qur’an.

Konsisten dan Sesuai Target yang sudah ditentukan

Untuk bisa mengkhatamkan Al-Qur’an dibulan ramadhan tidak hanya cukup dengan bermodalkan keinginan saja lho. Meski sobat Cahayaislam sudah menentukan target yang jelas dan membawa Al-Qur’an kemana-mana, rasa malas dan menunda-nunda bisa dengan mudah melanda. Banyak orang yang tim Cahayaislam temui sangat bersemangat dalam menentukan target dan bahkan membeli mushaf Al-Qur’an baru yang lebih portable, namun dalam kenyataannya sangat berlainan dengan rencana. Intinya, sobat Cahayaislam harus konsisten betul dan mewajibkan diri untuk memenuhi target yang sudah ditentukan sesuai tips yang pertama.

Kira-kira itu saja tiga tips cerdas sukses mulia untuk mengkhatamkan bacaan tadarus Al-Qur’an dari tim Cahayaislam kali ini, tentunya ada beberapa tips lainnya yang bisa dijadikan referensi untuk mensukseskan panen pahala dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Jadi, jangan lewatkan artikel-artikel kami yang lainnya ya. Semoga sobat Cahayaislam semuanya bisa sukses mengkhatamkan Al-Qur’an dibulan ramadhan ini. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!