Tips Bangun Pagi Islam Seperti Kebiasaan Rasulullah

0
686

Dalam kegiatan sehari-hari, bangun pagi merupakan salah satu kebiasaan yang baik. Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk bangun pada waktu subuh dimana waktu subuh ini merupakan jam-jam ngantuk. Kebanyakan orang sangat berat untuk melakukannya karena masih merasa ngantuk. Banyak sebagian dari kita yang bahkan seringkali meninggalkan sholat subuh atau terlambat untuk bangun sehingga terlambat juga melaksanakan sholat subuh. Padahal dalam agama Islam, bangun siang itu bisa menghilangkan jalan rejeki kita pada hari itu. Tentu sobat Cahayaislam tidak mau kan rejekinya dipatok ayam karena bangun kesiangan? Kebiasaan ini tentu harus mulai diubah. Dengan tips bangun pagi Islam anda mungkin bisa mulai merubah bangun siang anda menjadi bangun pagi.

Namun kenapa masih banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk ini? – Ada banyak alasan kenapa seseorang sulit bangun pagi hari, diantaranya melakukan kegiatan begadang di malam hari, kelelahan yang berlebihan, namun tidak jarang yang menggunakan alasan ngantuk sebagai alasan untuk bangun terlambat. Padahal dalam agama Islam, kita dianjurkan langsung bangun dan mengambil air wudhu ketika sudah mendengar adzan subuh. Hal ini dikarenakan godaan setan lebih banyak untuk membuat manusia malas bangun karena beratnya rasa ngantuk dan akhirnya meninggalkan kewajiban sholat subuh. Ada beberapa tips bangun pagi Islam seperti kebiasaan yang Rasulullah lakukan agar tidak terlambat bangun melaksanakan sholat malam ataupun sholat subuh.

Tips Bangun Pagi Islam Agar Tidak Terlambat Sholat Subuh

Tips bangun pagi Islam yang biasa dilakukan oleh Rasulullah adalah tidak begadang. Kita tahu bahwa kebanyakan orang biasanya menggunakan waktu sepanjang malamnya untuk begadang, entah itu ngobrol ataupun minum kopi. Ngobrol dengan minum kopi merupakan salah satu kebiasaan yang seru bukan? Apalagi berkumpul bersama teman-teman kadang membuat kita jadi lupa waktu karena terlalu asyik ngobrol ngalor ngidul. Namun hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat kita tidak bisa bangun pagi tepat waktu dan sering terlambat untuk melaksanakan sholat subuh. Padahal waktu sholat merupakan waktu yang tidak boleh ditunda-tunda. Oleh sebab itu salah satu cara bangun pagi Islam ini adalah dengan menghindari begadang.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِي الْمِنْهَالِ عَنْ أَبِي بَرْزَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

Seperti pada hadist Al-bukhari no. 568 yang menjelaskan bahwa Rasulullah membenci tidur sebelum shalat Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya. Ini merupakan salah satu contoh kebiasaan Rasulullah yang hendak melaksanakan sholat malam sehingga menghindari kegiatan begadang. Hal ini beliau lakukan karena takut terlambat bangun untuk shalat malam dan juga takut melewatkan shalat subuh berjamaah. Dalam hadist ini yang dimaksud sebagai ngobrol-ngobrol setelahnya adalah kegiatan begadang. Kita tahu bahwa ngobrol akan membuat kita lupa waktu dan akhirnya tidur terlalu malam. Menghindari begadang ini menjadi salah satu tips bangun pagi Islam yang wajib dipraktekkan agar waktu tidur anda juga lebih banyak.

Tips bangun pagi Islam selanjutnya adalah bercermin dari kebiasaan Rasulullah dahulu ketika hendak tidur. Diantaranya adalah berwudhu sebelum pergi tidur, kemudian tidur dengan posisi tidur Rasulullah yaitu menghadap ke kanan. Dianjurkan juga untuk membaca surat Al Ikhlash, Al Falaq, dan surat An Naas. Selain itu jangan lupa juga membaca ayat kursi dan doa sebelum tidur. Hal ini bisa anda lakukan sebagai salah satu cara bangun pagi Islam agar anda tidak terlambat melaksanakan sholat malam dan juga sholat subuh. Tidur dengan adab yang baik tentu akan membantu anda untuk lebih mudah bangun di pagi hari.

Kita tahu bahwa setan ini menjadi goda bagi manusia dalam tidurnya. Sehingga seringkali membuat kita malas untuk bangun dan lebih memilih melanjutkan tidur. Dan akhirnya kita justru meninggalkan kewajiban kita untuk sholat.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ

Seperti pada hadist HR. Bukhari no. 1074 yang menjelaskan bahwa setan membuat tiga ikatan di tengkuk salah seorang dari kita ketika tidur dan disetiap ikatan setan akan membisikkan “malam masih panjang, tidurlah!”. Dan seperti pada hadist tersebut, kita disarankan untuk berdzikir lalu pergi berwudhu dan segera melaksanakan sholat untuk melepas tiga ikatan setan tadi. Dengan tips bangun pagi Islam ini, anda bisa mulai merubah kebiasaan buruk anda dan lebih mudah untuk bangun pagi dan melaksanakan kewajiban anda. Jangan sampai godaan setan membuat kita meninggalkan kewajiban kita sebagai umat muslim ya sobat cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!