Terapkan 6 Hal Ini, Inshaa Allah Kita Tergolong Orang yang Beruntung!

0
655

Jika kita mengambil sebuah perumpamaan, maka perumpamaan yang tepat untuk akhlaq adalah sebagaimana sebuah tanaman. Katakanlah pohon buah apel. Jika apel yang ditanam berasal dari bibit yang baik kualitasnya, kemudian dalam masa pertumbuhannya dipupuk dengan pupuk yang baik, kemudian disiram secara rutin, maka Inshaa Allah buah apel yang ditanam akan menghasilkan buah yang berkualitas baik. Sama seperti akhlaq manusia, jika seseorang lahir dari nasab yang baik, kemudian sedini mungkin dipupuk dengan diberikan contoh akhlaq yang baik menurut islam, disiram dengan nasehat yang baik maka seorang itu Inshaa Allah akan memiliki akhlaq yang juga baik. Namun, bukan berarti apabila nasabnya tidak baik, maka akhlaq seorang tersebut pasti tidak baik. Hal yang penting adalah bagaimana kemudian dia tumbuh apakah dipupuk dan disiram dengan baik atau tidak.

Seperti yang telah diajarkan Ibu/Bapak Guru Agama , akhlaq yang baik dalam islam disebut akhlaq mahmudah dan akhlaq yang buruk dinamakan akhlaq mazmumah. Akhlaq yang baik menurut islam adalah akhlaq yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Di dalam dalam Al-qur’an surat Al-qolam ayat 4 menjelaskan bahwa

Sesungguhnya Nabi Muhammad itu memiliki budi pekerti yang baik.

Sebagai seorang utusan, Nabi Muhammad SAW diutus untuk rohmat bagi semesta alam. Dan patutlah Nabi Muhammad SAW menjadi panutan bagi umatnya untuk berakhlaq yang baik. Lalu apa saja sih, akhlaq yang baik menurut islam yang sesuai dengan sifat yang dimiliki oleh Rosululloh? Berikut ini tim cahayaislam.id akan menjelaskannya satu per satu.

Selalu hidup rukun baik didalam keluarga ataupun lingkungan masyarakat

Orang islam yang satu dengan yang lain seharusnya dapat diumpamakan seperti anggota tubuh. Bila satu anggota tubuh merasakan sakit, maka keselruhan anggoat ikut merasakan sakit. Perumpaman tersebut adalah sabda Rosul yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

Menciptakan kerukunan dalam kehidupan berkeluarga dapat diwujudkan dengan hal-hal seperti ini, antara lain : tidak memiliki prasangka yang jelek, tidak dengki, tidak iri hati, dapat saling mengasihi, saling memaafkan antar sesama, saling bantu dan tolong menolong didalam kebaikan, saling memperkuat satu sama lain, saling mendo’akan yang baik, dan ramah ketika bertemu dengan orang lain.

Jika dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mempraktekkanya Inshaa Allah kita  dapat menciptakan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana yang telah Nabi Muhammad SAW lakukan.

Kompak adalah tips yang baik yang perlu diterapkan

Di dalam kegiatan-kegiatan fiisabilillah harus dilaksanakan bersama-sama dengan giat dan senang gembira. Itu adalah hal yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan kekompakan. Semisal dalam hal gotong royong dalam membangun masjid. Bata demi bata disusun direkatkan dengan semen, dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan hingga proses finishingnya selesai. Jika semua dikerjakan bersama-sama dan senang hati maka jadilah masjid tersebut menjadi bangunan yang bagus.

 “Sesungguhnya Allah senang pada orang-orang yang berperang didalam jalan Allah dengan berbaris-baris sebagaimana bangunan yang disusun.” Q.S As-shaaf:14

 “Orang iman yang satu dengan yang lain itu sebagaimana bangunan yang saling memperkuat.”(HR. Bukhori)

Jika kita bisa mewujudkan kekompakan dalam kehidupan sehari-hari maka Islam akan semakin kuat dan tidak akan mudah untuk dipecah belah. Dan mewujudkan akhlaq yang baik tentu merupakan akhlaq yang baik menurut islam.

Selalu bekerja sama yang baik tidak ada salahnya!

Yang dimaksud dengan kerjasama yang baik disini adalah saling peduli pada sesama, saling mendukung, tidak saling menjatuhkan, tidak saling merugikan, dan tidak saling memfitnah. Semasa hidupnya Rosululloh selalu peduli pada umatnya, meskipun Rosul tidak mengenalnya. Rosul tidak pernah menjatuhkan, merugikan orang lain, apalagi sampai memfitnah.

Dengan mencontoh budi pekerti yang diterapkan oleh Rosul dalam kehidupannya, berarti kita telah menerapkan contoh akhlaq yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana perintah Allah dalam al-qur’an surat Al-Maidah ayat 2, yang berbunyi :

Dan saling tolong menolonglah kamu didalam kebaikan dan ketaqwaan, Dan jangan tolong-menolong kamu atas dosa dan bermusuh-musuhan.”

Berperilaku Jujur seperti Rasulullah

Jujur merupakan salah satu diantara sifat para rosul. Jujur ialah berkata yang benar sesuai dengan faktanya, tidak berdusta, dan tidak menipu orang lain.

Tidak ada ruginya menjadi orang yang jujur. Pepatah jawa mengatakan “Wong sing jujur iku, bakale mujur”. Artinya orang yang jujur itu akan beruntung. Pernahkan sobat cahayaislam mendengar 3 tanda orang munafiq? Salah satunya adalah bila ia berkata, maka perkataannya itu adalah dusta. Sobat cahayaislam tidak ingin tergolong bagian orang munafiqkan? Maka sobat cahayaislam harus selalu jujur baik dalam perbuatan maupun perkataan ya!!!

Berusaha Amanah dan tidak Ingkar

Selain jujur, sifat yang sudah pasti dimiliki oleh seorang rosul adalah amanah. Definisi dari amanah adalah dapat dipercaya dan dapat menjaga kepercayaan yang sudah diserahkan, tidak berkhianat, dan menyampaikan sesuatu pada orang yang berhak.

Lawan dari amanat adalah berkhianat. Berkhianat juga merupakan salah satu tanda dari sifat munafiq. Jika kita tidak amanat maka hati-hati, hal demikian dapat mendekatkan kita pada kemlaratan. Seperti sabda nabi :

“Amanat itu menarik pada rizqi, sedang khianat akan menarik pada kemlaratan” (Rowahu Ad-Daylami)

Sobat cahayaislam ingin agar rizqinya lancar, maka terapkanlah amanat dalam kehidupan sehari-hari.

Mujhid-Muzhid Perlu dibudayakan pada diri Kita!

Mungkin diantara sobat cahayaislam ada yang baru pertama kali mendengar kata ini. Apa sih mujhid-muzhid itu? Mujhid artinya bekerja dengan giat, penuh semangat, sampai berhasil dan tidak putus asa. Sedang muzhid artinya hemat, tidak boros, atau jika peribahasa mengatakan tidak besar pasak dari pada tiang.

Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang sangat mujhid-muzhid, beliau adalah seorang yang giat dalam bekerja, tidak mudah putus asa, juga beliau adalah seseorang yang sangat muzhid. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita berhemat. Hemat yang dimaksud disini adalah tidak membelanjakan harta yang kita miliki dengan berlebihan, namun jika untuk fisabilillah jangan sampai kita terlalu hemat ya!!!

Itu tadi adalah 6 point bagaimana akhlaq yang baik menurut islam yang telah tim cahayaislam rangkum dari Al-qur’an dan Al-hadist. Menerapkan akhlaq yang baik adalah kewajiban bagi setiap muslim. Agar akhlaq kita baik seperti Rosul, kita masih perlu banyak belajar, mengkaji Al-qur’an dan al-hadist, dan meneladaninya. Dunia ini masih membutuhkan orang dengan akhlaq yang baik, jadilah salah satu diantaranya ya sobat cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!