Sering Kekenyangan Bisa Bikin Susah di Akhirat Nanti (?)

0
837

Judulnya memang cukup kontroversial sih! Dan mungkin beberapa dari sobat pembaca cahayaislam ada yang nggak terima dengan ini sembari bertanya: bagaimana ceritanya sering kekenyangan bisa membuat kita susah kelak di akhirat?

Ini bukan tentang kebiasaan makan banyak atau berhubungan dengan diet dan obesitas yang mungkin di dalam pikiran sobat akan membuat kita sedikit kesulitan bergerak di akhirat nanti. Demi Allah! itu tidak ada hubungannya sama sekali! tim Cahayaislam lebih ingin menitik beratkan pembahasan kali ini kedalam pesan tersirat satu hadits riwayat Ibnu Majjah 3351 dibawah ini.

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْعَسْكَرِيُّ، قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الثَّقَفِيُّ، عَنْ مُوسَى الْجُهَنِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ وَهْبٍ، عَنْ عَطِيَّةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ، قَالَ سَمِعْتُ سَلْمَانَ، وَأُكْرِهَ، عَلَى طَعَامٍ يَأْكُلُهُ فَقَالَ حَسْبِي إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ يَقُولُ ‏ “‏ إِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ شِبَعًا فِي الدُّنْيَا أَطْوَلُهُمْ جُوعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Aku mendengar Salman berbicara ketika dia dipaksa untuk memakan makanan: Ini cukup untukku (maksudnya tidak mau makan lagi) karena aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda bahwa “Mereka orang-orang yang sering makan kenyang di dunia ini akan menjadi yang paling lapar besok di hari kebangkitan”

Membiasakan kebiasaan baik berhenti makan sebelum kenyang

Mungkin beberapa dari sobat cahayaislam pernah mendengar kalimat yang berkata “muslim adalah yang makan saat lapar, berhenti ketika kenyang” (نحن قوم لا نأكل حتى نجوع وإذا أكلنا لا نشبع). Beberapa alim ulama mengatakan bahwa hadits ini Dhoif, ada beberapa yang menyatakan bahwa hadits ini memiliki pesan baik.

Pendapat ini memiliki dalih karena beberapa alim ulama percaya bila kita membiasakan diri untuk terlalu banyak makan hingga kekenyangan, maka akan timbul tabiat malas, enggan bergerak untuk beribadah dan melakukan kegiatan aktif lainnya. Hal ini tentu menyebebkan banyak sekali mudharat yang perlu dihindari oleh kita orang-ornag beriman.

Mengandung pesan untuk saling berbagi dengan sesama (tidak kenyang sendirian)

Beberapa alim ulama lain menyatakan bahwa hadits Ibnu Majjah tentang orang yang sering kenyang di dunia akan menjadi yang paling lapar di akhirat ini memiliki pesan tersembunyi. Pesan tersembunyi tersebut adalah kita mau berbagi kepada sesama kita. Islam mengajarkan kita untuk berbuat baik. Dalam kita Al Adab Al Mufrad, Rasulullah pernah bersabda bahwa tidak ada seseorang itu beriman bila dia sendiri kenyang, namun tetangganya sedang dalam keadaan lapar.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي بَشِيرٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْمُسَاوِرِ قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يُخْبِرُ ابْنَ الزُّبَيْرِ يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ‏:‏ لَيْسَ الْمُؤْمِنُ الَّذِي يَشْبَعُ وَجَارُهُ جَائِعٌ

Nah, sobat cahayaislam kira-kira itulah sedikit ulasan kami tentang alasan sering kekenyangan bisa membuat kita susah kelak di akhirat. Semoga kita selalu dijadikan oleh Allah sebagai hamba yang berjiwa sosial tinggi dan peduli untuk selalu berbagi kepada sesama kita. Amiin. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya sobat cahayaislam yang dicintai oleh Allah!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!