Proses Hijrah Wanita Muslimah Sulit Tapi Menyenangkan

0
4801

Hijrah sebuah kata yang mungkin tidak asing bagi semua orang. Hijrah berarti berpindah dan ingin menuju ke hal yang lebih baik. dalam islam hijrah berarti menjadi seseorang yang lebih baik lagi. ketika mendapatkan hidayah atau merasa diri harus menjadi lebih baik, disitulah banyak orang yang ingin berhijrah. Banyak wanita muslimah yang ingin berhijrah, menjadi pribadi yang lebih baik, tapi sulit untuk istiqomah. Hijrah wanita muslimah memang akan penuh dengan cobaan. Semuanya tidak bisa dilakukan dengan mudah, pasti akan ada banyak godaan didepan.

Rasa jenuh, tidak istiqomah dan bisikan kenikmatan dunia lainnya. pasti anda pernah merasa lelah dan ingin mengakhiri semuanya. Hal ini karena adanya godaan dari setan, untuk membuat kita kembali ke masa lalu dan tidak jadi hijrah ke sikap yang lebih baik. seperti hadist dari At Tirmidzi. Rasulullah saw bersabda “ akan datang kepada manusia suatu zaman. Orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api”. Orang yang berhijrah seperti sedang berada dalam cobaan yang besar. semua kelelahan dan kejenuhan anda pasti akan terbayar dengan hal yang baik.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ أَخْبَرَنِي شُرَحْبِيلُ بْنُ شَرِيكٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيَّ يُحَدِّثُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Telah menceritakan kepadaku [Muhammad bin Abdullah bin Numair Al Hamdani] telah menceritakan kepada kami [Abdullah bin Yazid] telah menceritakan kepada kami [Haiwah] telah mengabarkan kepadaku [Syurahbil bin Syarik] bahwa dia pernah mendengar [Abu Abdurrahman Al Hubuli] telah bercerita dari [Abdullah bin ‘Amru] bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” HR Muslim 2664

Inilah tips hijrah wanita muslimah yang bisa anda lakukan. 

Niatkan Hati Ikhlas Semua Karena Allah

Hijrah wanita muslimah harus di niatkan semua karena Allah SWT. Inilah menjadi hal yang paling utama. Anda harus niat terlebih dahulu. tanpa adanya niat, akan membuat pross hijrah semakin sulit. Berubahlah karena Allah SWT, karena untuk mendapat ridhanya, bukan karena perkataan manusia atau pengakuan dari manusia. Jika dilakukan semua karena manusia, ketika anda kecewa akan membuat anda berhenti dari proses hijrahnya. Anda boleh berhijrah karena manusia, tapi pastikan semuanya niatnya baik dan hanya dikarenakan Allah SWT. Jangan karena ingin mendapat pengakuan dari orang lain. Luruskan niat dan mulailah proses hijrah dengan baik.

Bersihkan Jiwa, Hati Dan Raga

Hijrah berarti membuat semuanya menjadi lebih baik. oleh karena kita ingin hijrah wanita muslimah, harus membersihkan jiwa, hati dan raga terlebih dahulu. ketika hati kotor, maka akan sulit tersentuh hidayah dari Allah SWT. Pikiran selalu negatif dan tidak mau menerima apapun yang dijelaskan. Oleh karena itu anda harus menghilangkan semua sifat penyakit hati. Seperti rasa dendam, iri hati, dengki, mudah marah dan masih banyak lainnya. maafkan orang-orang yang pernah menyakitimu. Berdamailah dengan diri sendiri dan terima apapun yang terjadi pada diri anda. Meminta maaflah pada orang yang pernah ada sakiti. Ini akan membuat hati anda lebih tentram dan damai.

Displin Pada Diri Sendiri

Dalam hijrah wanita muslimah, anda harus displin dengan diri sendiri. berani memaksakan diri anda sendiri. misalnya anda mulai dengan berhijab syari, buang semua baju anda yang ketat atau tidak menutup aurat. Mulailah membeli pakaian yang syari dan bisa menutup aurat. Hilangkan semua barang yang membuat proses hijrah anda terganggu. jangan pernah dengarkan kata orang lain. Teruslah istiqomah dan melakukan proses hijrah dengan menyenangkan. Ketika anda disiplin dan memaksakan diri sendiri, akan membuat proses hijrah lebih mudah. kalau perlu beri hukuman pada diri anda sendiri,jika melanggar proses hijrahnya.

Belajar Ilmu Agama

Pada saat melakukan proses hijrah, tentunya anda harus menjadi pribadi yang lebih baik. mulailah berkumpul dengan orang-orang shaleh. Yang mengajarkan pada kebajikan. Mulailah pelajari ilmu agama dengan lebih baik lagi. baca dan pahami Al Quran serta hadist. Sehingga proses hijrah wanita muslimah anda akan lebih mudah. minta tolong orang lain untuk membantu anda dan jangan pernah menunda-nunda untuk berhijrah. Selamat berhijrah dan semoga anda bisa menemukan kemudahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!