Perilaku Sopan Santun Sebagai Tanda Orang Yang Berilmu

0
671

Sobat cahaya islami, seorang manusia di pandang baik oleh manusia lain lewat tingkah lakunya. Sebuah tingkah laku yang baik ini akan muncul pada diri seseorang apabila ia memiliki akhlak yang mulia. Dalam kajian islam dijelaskan akhlak yang mulia ini akan memunculkan sebuah sopan santun yang baik pula. Manusia yang berakhlak mulia akan selalu tingkah laku baik kepada semua orang yang ditemuinya. Sopan santun yang baik ini erat hubungan dengan ilmu. Seorang manusia yang memiliki ilmu atau wawasan yang luas biasanya tingkah lakunya akan cenderung lebih sopan dari pada yang tidak berilmu. Oleh karena itu, maka terdapat sebuah pernyataan dalam ceramah agama yang mengatakan bahwa perilaku sopan santun sebagai tanda orang yang berilmu.

Perilaku Sopan Santun Sebagai Tanda Orang Yang Berilmu

Pengertian Sopan Santun Dan Orang Berilmu

Perilaku seseorang mencerminkan tingkat keilmuan orang tersebut. Pernyataan ini mungkin ada benarnya juga. Dijelaskan dalam kajian islam seorang manusia yang dianugerahi ilmu oleh Allah SWT biasanya akan memiliki tingkah laku baik yang baik. Banyak kisah – kisah para tokoh islam yang berilmu luas dan berakhlak mulia. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa sopan santun tanda orang berilmu.

Sobat cahaya islami, sopan santun tanda orang berilmu adalah sebuah kalimat yang sering terdengar dalam ceramah agama atau nasihat agama. Lalu apakah sebenarnya definisi dari sopan santun? Mengapa manusia yang memiliki sopan santun dikaitkan dengan orang berilmu? Pengertian sopan santun merupakan sebuah tingkah laku terpuji dari seorang manusia yang membuat manusia lain merasa senang. Sifat sopan santun ini sangat dianjurkan dalam ajaran agama islam. Bahkan Allah SWT sangat menyukai hambanya yang memiliki akhlak terpuji ini. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Al Qur’an Surah Ali Imron ayat 134 :

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” [1]

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa Allah SWT sangat mencintai hamba – hambanya yang bertingkah laku baik atau berakhlak terpuji. Seorang hamba yang dicintai oleh Rabbnya akan selalu merasa bahagia dalam menjalani hidup di bumi ini. orang tersebut akan diberikan ketenangan pada hatinya. Sehingga semua masalah yang dihadapi akan terselesaikan secara mudah. Oleh sebab itu, seorang muslimin harus memiliki sopan santun ini. Hal ini dikarenakan sopan santun tanda orang berilmu.

Sedangkan pengertian orang berilmu yang dijelaskan dalam kajian islam yaitu seorang hamba yang diberi wawasan lebih oleh Allah SWT. Wawasan ini dapat berupa kemampuan untuk membaca segala tanda-tanda yang Allah SWT berikan lewat alam semesta ini. Seorang manusia yang berilmu ini akan selalu mensyukuri segala nikmat yang ia terima dari Tuhannya. Hal ini dapat terjadi lantaran orang berilmu dapat melihat betapa besar kekuasaan Allah SWT. Maka dari itu, seorang muslim yang berilmu akan mendapat kedudukan yang tinggi di hadapan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Al Qur’an surah Al Mujadilah ayat 11 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. [2]

Dalam ayat diatas Allah SWT akan memberikan kedudukan yang tinggi bagi orang berilmu. Baik itu di hadapan manusia maupun di sisi Allah SWT. Maka dari itu, seorang yang karunia ilmu luas akan memiliki akhlak terpuji. Dengan demikian tidak berlebihan ungkapan yang menyatakan sopan santun tanda orang berilmu.

Apakah Hubungan Sopan Santun Dan orang Berilmu?

Sobat cahaya islam, ungkapan sopan santun tanda orang berilmu adalah sebuah pernyataan yang benar. Setiap manusia yang berilmu luas biasanya akan memiliki perilaku yang terpuji. Hal ini dapat dilihat dari cara orang tersebut berbicara, cara menghormati sesama dan lain sebagainya. Perilaku seorang manusia yang berilmu pastinya berbeda dengan yang tidak memiliki ilmu. Seorang hamba yang tidak berilmu biasanya tutur katanya kurang baik dan cara menghormati orang lain juga berbeda. Maka dari itu dalam kajian islam kali ini, sebagai muslim wajib berilmu agar mampu memiliki sifat yang sopan santun baik dan berakhlak mulia.

[1] QS. Ali Imron (3) ayat 134

[2] QS. Al Mujadilah (58) ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!