Pentingnya Mengenalkan Sejarah Islam Bagi Anak-Anak

0
780

Sebagai umat islam, kita harus paham tentang sejarah islam. Kisah perjalanan tentang para nabi dan sahabatnya, sampai ajaran islam menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mengenalkan tentang ajaran islam juga harus diberikan pada anak-anak sejak dini. Anak-anak harus tahu sosok teladan yang harus mereka ikuti. Ketika masih kecil, otak anak lebih mudah menyerap berbagai hal. Otak mereka ibarat seperti sebuah spon yang bisa menyerap apapun yang mereka dengar. Oleh karena itu sejak dini, orang tua harus mengajarkan anak-anak dengan hal yang baik.

Sejarah Islam Dari Tahun Ke Tahun

Peradapan islam memang menjadi cikal bakal kehidupan umat islam di dunia. Dari sinilah islam berasal dan berkembang. Semua kisah sejarah tentang islam tertulis dalam al quran dan hadits-hadist. Gunakan hadist yang shahih dan tentunya sumber-sumber yang dinilai mumpuni, sehingga kepastian kebenarannya tidak bisa diragukan lagi. Dalam surat yusuf ayat 111 dijelaskan:

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“sesungguhnya pada kisah-kisah mereka ( para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat), al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”

Untuk tahu perjalanan islam tentunya kita harus membaca sejarah tentang islam. Kisah-kisah tentang para nabi dan sahabatnya. Tentang adab dan tingkah laku serta masih banyak lainnya. Hal ini tidak hanya dipelajari untuk orang dewasa saja. Tetapi anak-anak juga harus mengenal sejarah islam sejak dini. Apalagi di tengah pergaulan yang begitu bebas seperti sekarang ini. Anak-anak harus memiliki teladan hidup yang bisa selalu dia pegang. Sepertiga isi al quran, berisi tentang sejarah dan kisah manusia di masa lalu. Jadi bisa dibilang, memperkenalkan anak pada sejarah islam dinilai merupakan hal yang cukup mudah karena memiliki sumber yang mudah didapat pula.

Manfaat Mengajarkan Sejarah Islam Pada Anak

Ada banyak sekali manfaat mengajarkan sejarah islam pada anak sejak dini. Berikut ini manfaat yang akan anda dapatkan:

  • Memiliki teladan yang baik dari para nabi dan sahabat nabi di zaman dulu
  • Memberikan motivasi dan semangat pada anak-anak untuk meningkatkan prestasi dan mempertebal imannya.
  • Mengambil hikmah dari berbagai kegagalan yang telah dilakukan di masa lalu, sehingga bisa menjadi pelajaran yang baik di masa sekarang.
  • Anak-anak menjadi lebih bangga menjadi umat islam, dengan belajar kejayaan islam di masa lalu.
  • Anak-anak menjadi lebih beriman dan tahu mana yang baik dan mana yang benar.
  • Anak-anak tahu bagaimana akhlak yang baik untuk bekal di masa depannya.

Dalam hidup ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya sejarah. Dari sejarahnya manusia ada sampai saat ini. Dari sejarah itu jugalah, umat islam tahu tentang ilmu yang baik. Perjalanan yang dilakukan oleh umat terdahulu, membuat islam bisa dikenal oleh banyak orang dan diimani oleh banyak orang. Dari sejarah ini jugalah kita bisa tahu mana akhlak yang harus kita teladani. Dalam hidup kita harus memiliki pegangan hidup. Dengan begitu manusia bisa hidup dengan nyaman dan teratur.

Apalagi di zaman yang modern seperti saat ini, mengajarkan sejarah islam pada anak-anak sangatlah penting. Saat ini banyak sekali anak-anak yang malas mempelajari tentang ilmu agama. Supaya mereka mau belajar, buatlah kegiatan yang menyenangkan. Memakai teknik dongeng. Saat ini banyak buku cerita tentang islam yang bisa anda gunakan. Sehingga anak-anak lebih semangat belajar tentang perjalanan umat islam di masa dulu.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!