Penjelasan Tafsir Al Quran Surat An-Naba Ayat 7

0
1320

Al Quran menjadi pegangan semua umat muslim di dunia. Di dalamnya berisi semua tuntunan yang harus dilakukan manusia dan menjadi pegangan hidupnya. Setiap ayat memiliki tafsiran yang berbeda-beda. Ada yang mengatur mengenai ibadah, hubungan dengan sesama manusia, hubungan sesama makhluk lain dan masih banyak lainnya. untuk bisa memahami setiap ayatnya, anda bisa melakukan tafsir al aquran dengan belajar langsung dengan para alim ulama. Ada banyak ahli yang sudah mentafsirkan al quran dalam berbagai versi. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas penjelasan tafsir al quran surat An-Naba ayat 7.

Tafsir Al Quran Surat An Naba 7

Ayat al quran an naba 7 memiliki arti dan gunung-gunung sebagai pasak. Ada banyak sekali tafsiran mengenai ayat tersebut. Ibnu natsir menafsirkan dengan “ dia menjadikan pada bumi pasak-pasak untuk menstabilkan dan mengokohkannya serta memantapkannya sehingga bumi menjadi tenang dan tidak mengguncangkan orang-orang dan makhluk yang ada di atasnya. Dalam An naba memang dijelaskan begitu hebatnya penciptaan allah SWT. Semua yang ada di bumi ini diciptaNya dengan begitu sempurna.

Dari satu Ayat ke ayat lainnya di an naba saling berhubungan satu sama lain. Menurut tafsir jalalayn mengartikan dan gunung-gunung sebagai pasak yang menstabilkan bumi, sebagaimana halnya kemah yang berdiri dengan mantapnya berkat patok patok yang menyangganya. Disini ada yang berarti istiham atau kata tanya mengandung arti sebuah makna menetapkan atau makna taqrir. Disini mengartikan bahwa gunung yang allah swt ciptakan menjadi penyangga bumi ini, supaya tidak goyang dan tetap pada tempatnya. Selalu membuat bumi tetap kokoh dan menstabilkan bumi.

Menurut tafsir al quran Quraish shihab memiliki tafsiran yang berbeda lagi. Dengan arti kami menjadikan gunung-gunung sebagai pasak untuk menguatkan bumi. Bumi ini memiliki lapisan kulit kerat padat yang begitu dalam. Bahkan ketebalannya bisa mencapai 60 kilometer. Lapisan itu akan meninggi dan membentuk sebuah gunung yang tinggi, menurun sampai ke bawah lautan dan ke dalam samudera. Hal ini membuat keseimbangan di dalam bumi, membuat bumi tidak mudah mengalami kerusakan. Kecuali gunung-gunung di bumi musnah.

Kebesaran Allah yang maha dahsyat dalam penciptaan gunung

Jadi Allah SWT menciptakan gunung di bumi memiliki fungsi yang begitu sempurna. Tak hanya bumi yang menjulang ke atas tetapi juga bumi yang berada di dalam laut. Dengan adanya gunung membuat bumi tetap seimbang berdiri dan kokoh. Tidak ada kerusakan didalamnya. Jika gunung menghilang atau musnah, akan membuat bumi semakin rusak dan hancur. Inilah yang akan terjadi di saat akhir zaman nanti. Di dalam surat An Naba memang dijelaskan semua kuasa allah swt dalam penciptaan bumi ini.

أي جعلها لها أوتادا أرساها بها وثبتها وقررها حتى سكنت ولم تضطرب بمن عليها.

Dari bumi yang membentang, gunung sebagai pasak yang menguatkan bumi, makhluk hidup yang berpasang-pasangan, manusia tidur di malam hari dan lainnya. Jadi semua kehidupan manusia di bumi sudah diatur dengan jelas di dalam al quran. Dalam buku menyibak rahasia sains bumi, gunung api disebut sebagai jabalun. Banyak penyebutan kata ini. hampir 26 kali. Dalam bahasa arab, kata gunung berapi berarti rawasiya yang merupakan kata sifat. Berarti jangkar kapal laut.

Arti pasak sendiri dalam al quran memiliki dua arti. Bisa berarti dalam fungsi dan bentuknya. Untuk menurut fungsinya, pasak berfungsi sebagai barang yang ditancapkan supaya tidak bergerak atau bergoyang. Sedangkan menurut bentuk menjadi benda yang berada di dalam tanah. Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang tafsir al quran an-naba ayat 7. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!