Pengetahuan Islam: Ini Lho Beberapa Hewan Yang Disebut Dalam Ayat Al Quran

0
566

Kitab Suci Al Quran memang menuliskan berbagai macam hal. Bahkan didalamnya disebutkan berbagai macam jenis hewan. Dari hewan yang berukuran kecil sampai yang berukuran besar. tidak hanya bercerita tentang manusia saja. Hewan-hewan ini disebutkan sebagai perumpamaan dan dijadikan pelajaran bagi manusia untuk menjalani hidup setiap harinya. Allah SWT menyebutkan hewan-hewan tersebut ternyata memiliki keistimewaannya yang begitu indah. Berikut ini hewan yang disebut dalam ayat al quran dan keistimewaannya.

Unta, hewan ciptaan Allah yang istimewa

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

Hewan yang hidup di gurun pasir ini, disebutkan dalam surat Al Ghaasyiyah : 17. Yang berbunyi, Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan. Hewan unta ini memiliki banyak sekali keistimewaan. Unta bisa hidup di cuaca ekstrim padang pasir yang kering. Pungguknya bisa menyimpan air dalam waktu yang lama, sehingga unta tidak mudah merasa kahausan. Kelopak matanya transparan, sehingga unta masih tetap bisa melihat di tengah badai pasir. Hidung unta pun dibuat dengan begitu khusus, supaya tidak tertutup debu dan bisa tetap bernafas dengan baik. Dia bisa minum dalam waktu yang singkat, hampir sepertiga tubuhnya. Unta bisa bertahan selama 8 hari di suhu 50 derajat celcius.

Lalat dan penggambaran tentang Allah sang Pencipta

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ۚ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

Serangga kecil ini disebutkan dalam surat Al Hajj: 73. “hai manusia telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah. Dari ayat ini kita tahu, bahwa hanya Allah SWT yang bisa menciptakan lalat. Lalat memiliki keistimewaan bisa merubah arah dengan cepat, ketika terbang. Oleh karena itu sulit untuk ditangkap.

Burung Gagak dan kisahnya dalam pembunuhan pertama di dunia

فَبَعَثَ اللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي الْأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِي سَوْءَةَ أَخِيهِ ۚ قَالَ يَا وَيْلَتَا أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَٰذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءَةَ أَخِي ۖ فَأَصْبَحَ مِنَ النَّادِمِينَ

Burung gagak disebutkan dalam ayat al quran Al Maidah 31. “kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil), bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudara-nya. Qabil berkata, aduhai celaka aku mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini? karena itu, jadilah dia seorang di antara orang-orang yang menyesal. Dari ayat ini kita bisa mengambil pelajaran, bahwa burung gagak pun memiliki rasa yang lebih baik dibandingkan Qabil. Dia mengubur temannya yang meninggal. Burung gagak juga memiliki keistimewaan yang banyak sekali,. Dibandingkan hewan lainnya, burung gagak memiliki kecerdasan yang lebih pintar. Bahkan lebih pintar dibandingkan lumba-lumba, anjing, gajah dan simpanse.

Kuda dan sosoknya yang digambarkan sebagai hewan yang istimewa pula

Kuda disebutkan dalam al quran surat Al Adiyaat. Bahkan surat ini berarti kuda perang yang berlari kencang. Dalam surat ini dijelaskan tentang keistimewaan kuda yang begitu kuat dan bisa untuk perang. Kuda begitu lincah, gesit dan tangguh. Kuda memang selalu identik dengan peperangan, dari zaman dulu kala, kuda selalu digunakan dalam medan perang. Allah SWT menciptakan kuda dengan bentuk tubuh kuat dan bisa berlari dengan kencang, serta cocok untuk ditunggangi.

Sebenarnya masih banyak sekali hewan yang disebutkan dalam ayat al quran. Bahkan rayap pun disebutkan dalam surat An-nami, hewan yang kecil ini memberikan makna sendiri. selain itu ada hewan burung hud, laba-laba, lebah, semut, anjing, keledai dan lainnya. Allah menciptakan semua makhluk di bumi ini memiliki manfaatnya masing-masing. Oleh itu kita harus mempelajari ayat al quran dengan baik.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!