Pendapat Alim Ulama Perihal Kartu Diskon (Wanita Muslimah Wajib Baca!)

0
804

Menurut survey yang telah kami lakukan pada beberapa responden menunjukkan bahwa 8 dari 10 orang wanita tertarik dengan suatu produk (yang bahkan mereka tidak membutuhkannya) dengan adanya diskon. Diskon sering menjadi strategi jitu bagi sebuah perusahaan untuk menarik pelanggan atau mengikat pelanggan agar setia membeli produk yang mereka pasarkan. Banyak cara diskon yang diberikan, seperti diskon musiman, diskon tanggal-tanggal tertentu, hingga yang berupa kartu diskon.

Nah, sebagai orang islam yang ingin selalu berusaha patuh pada perintah Allah dan Rasul. Sudah sepatutnya kita berlaku mutawari’ akan banyak hal. Termasuk dalam pembahasan tim cahayaislam kali ini adalah menyangkut kartu diskon yang banyak diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan. Kami telah mencoba untuk bertanya kepada beberapa alim ulam mengenai hal ini. Cek ulasannya deh:

Diperbolehkan asal tidak mengandung unsur Ghoror, Maysir, Riba dan Mudharat

وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ، وَيَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، وَأَبُو أُسَامَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، ح وَحَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، – وَاللَّفْظُ لَهُ – حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنِي أَبُو الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ بَيْعِ الْحَصَاةِ وَعَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ

Dalam satu hadits riwayat Muslim 1513 diatas dijelaskan bahwasanya Rasulullah melarang umatnya melakukan jual beli dengan undian (dalam hadits diatas diceritakan dengan kerikil yang dilemparkan) dan dari hal yang berisfat Gharar. Para alim ulama menjelaskan bahwa gharar disini merupakan sesuatu yang tidak jelas. Transaksi yang berupa undian juga dilarang oleh Rasulullah.

Adapun transaksi diskon yang mengandung riba sudah sangat jelas larangannya dalam Al Quran surat Al Imran 130. Yang berisi larangan Allah pada orang-orang beriman agar menjauhi hal-hal yang berbau riba agar menjadi orang-orang yang beruntung.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Sedangkan diskon yang mengandung mudharat yang kami maksudkan disini memiliki definisi yang sangat luas. Misalnya saja dengan memberikan kartu diskon akan membuat orang-orang saling iri dan dengki. Atau bisa juga diartikan kartu diskon yang kemudian membuat orang yang memilikinya khilaf sehingga membeli banyak benda yang sebenarnya tidak dibutuhkan demi memanfaatkan diskon tersebut. Dan hal-hal yang menyerupainya.

Memang ada ya kartu diskon yang mengandung hal-hal diatas? 

Lalu adakah jenis-jenis kartu diskon yang mengandung unsur-unsur seperti Gharar, maysir, dan Mudharat yang disebutkan dalam poin pertama tadi? Tentu ada! – Contoh kartu diskon yang mengandung unsur-unsur tersebut adalah semisal sebuah perusahaan merilis sebuah kartu diskon kepada pelanggannya. Dengan syarat dan ketentuan bahwa kartu tersebut bisa didapatkan dengan membayar sejumlah uang. Mungkin sebagai administrasi, membership, dan lain sebagainya.

Para alim ulama menjelaskan bahwa jenis kartu diskon seperti ini mengandung unsur ketidak-jelasan dan judi. Tidak semua pelanggan mendapatkan kartu ini dan potongan yang diberikan tidak jelas. Bisa jadi orang yang mempergunakan kartu diskon ini hanya mendapatkan diskon atau potongan harga yang melebihi biaya yang harus dibayarkan sebelumnya. Dan hal ini termasuk dalam unsur riba.

Nah, sobat cahayaislam yang dirahmati oleh Allah. Alangkah baiknya mulai sekarang kita bisa berhati-hati dalam berbelanja dan memutuskan untuk menerima kartu diskon. Kita harus mempertimbangakan hukumnya terlebih dahulu. Dengan begitu insha Allah kita bisa termasuk hamba-hamba Allah yang akan dimudahkan urusannya kelak di akhirat. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!