Ternyata Pemahaman Kita tentang Sunah Rosul Malam Jumat Selama Ini Salah Lho!

0
1523

Apa yang kita pikirkan ketika mendengar ada teman atau orang disekitar kita berkata “wah malam jumat nih! waktunya sunah rosul? Kebanyakan dari kita pasti berfikir itu adalah hubungan suami istri yang dilakukan pada malam Jumat.

Hal itu terjadi Karena kita sudah dikenalkan dengan istilah demikian oleh lingkungan kita. Bahkan, istilah ini juga sering menjadi bahan candaan. Namun, apakah benar demikian? Kalau memang benar demikian, apakah ada dalil dan sumber kongkret yang bisa menjelaskan tentang keutamaan berhubungan suami istri pada malam Jumat? Tunggu dulu, cek lebih lanjut yuk.

Hadits Palsu tentang Sunah Rosul Malam Jumat

Banyak orang yang telah tim Cahayaislam temui berpendapat bahwa berhubungan badan suami istri pada malam Jumat adalah salah satu sunah rosul. Mereka berpedoman pada sebuah hadits yang artinya “Barangsiapa melakukan hubungan suami istri di malam Jumat (kamis malam) maka pahalanya sama dengan membunuh 100 Yahudi”.

Bahkan ada hadits yang menyebutkan bukan 100 Yahudi, tapi 1000 Yahudi. Bahkan ada juga yang 7000 Yahudi. Padahal setelah tim Cahayaislam telusuri lebih dalam, hadits tersebut sanadnya tidak ada atau tidak bersambung ke Rasulullah bahkan sahabat. Lebih jauh lagi, hadits ini tidak akan dapat ditemukan di kitab manapun. Jadi, bisa dibilang bahwa ini adalah hadits palsu. Lalu, apa sunah rosulullah yang sebenarnya?

Hadits yang berhubungan dengan istilah sunah rosul?

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ الْجَرْجَرَائِيُّ، حِبِّي حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، حَدَّثَنِي حَسَّانُ بْنُ عَطِيَّةَ، حَدَّثَنِي أَبُو الأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيُّ، حَدَّثَنِي أَوْسُ بْنُ أَوْسٍ الثَّقَفِيُّ، سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ “‏ مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنَ الإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا ‏”

Aku mendengar Rasulullah ﷺ pernah berkata: jika seseorang membuat (istrinya dan dirinya) membasuh diri (mandi junub) di hari jumat, pergi lebih cepat (untuk shalat jumat), mendatangi kutbah dari awal, berjalan dan tidak menaiki apapun, serta mendapat tempat duduk didekat imam untuk memperhatikan dengan khidmat dan tidak berbicara dia akan mendapatkan pahala satu tahun puasa dan beribadah malam selama hitungan jejak langkahnya (Sahih, Abu Daud 345)

Dalam hadits diatas memang ada kalimat “membuat istri dan dirinya mandi junub” di hari jumat. Menurut beberapa ulama yang tim Cahayaislam temui mengatakan bahwa memang sebagian dari mereka mengartikan itu sebagai melakukan jima’ (bersetubuh). Namun disisi lain ada yang mengartikan itu sebagai sekedar suami istri yang mengingatkan satu sama lain untuk mandi besar sebelum berangkat shalat jumat.

Terlebih lagi, ada beberapa rangkaian hal yang dilakukan dalam hadits ini untuk kemudian dihukumi memberikan pahala yang begitu hebat seperti berjalan ke masjid untuk shalat jumat, duduk di shaf depan, memperhatikan kutbah dengan khidmat dan lain sebagainya.

Sunah Rosul yang Benar di Malam atau Hari Jumat

Karena kita sudah mengetahui bahwa pandangan kita tentang sunah rosul selama ini salah, maka kita harus mengetahui apa saja sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah pada hari Jumat termasuk malam Jumat. Salah satu di antara sunah sunah rosul yang dianjurkan untuk kita amalkan adalah membaca surat Al-Kahfi.

Kita boleh membacanya pada malam Jumat ataupun pada hari Jumatnya. Namun, bukan berarti kita tidak boleh membaca surat-surat lain. Anjuran ini bisa kita temukan dalam sebuah hadits yang driwayatkan oleh An-Nasai & Al-hakim yang mana hadits ini statusnya adalah shahih. Jadi, sangat dianjurkan untuk melaksanakan sunah ini.

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Selain itu, kita juga disunahkan untuk membaca shalawat nabi kepada Rasulullah. Saat ini, kita bisa menemukan banyak acara sholawat yang dilakukan pada malam Jumat khususnya di pondok-pondok pesantren. Hal ini sudah benar karena merupakan sunah rosul yang sangat dianjurkan. Anjuran sunah ini terdapat dalam sebuah hadits yang driwayatkan oleh Baihaqi. Jadi, entah itu di pondok pesantren atau di rumah, mari perbanyak sholawat nabi khususnya pada malam Jumat atau har Jumat.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ ‏ “‏ فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّي، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ ‏”‏‏.‏ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sungguh pada hari Jum’at itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim bertepatan dengan itu dia sedang berdiri berdo’a meminta sesuatu kebaikan pada Allah, melainkan Dia Allah akan memberikan/mengabulkan hal itu kepadanya

Pada malam Jumat atau hari Jumat, kita juga dianjurkan untuk memperkuat doa sehingga Allah mengabulkan doa kita. Seperti yang kita tahu, doa di antara dua khubah Jumat itu mustajab. Jadi, jangan menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Namun, tentu saja kita harus bedoa yang baik-baik dan tulus ikhlas dalam berdoa. Tidak hanya pada waktu itu saja, doa di malam Jumat atau sepanjang hari Jumat juga termasuk doa mustajab. Hal ini disebutkan juga dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud (1048). Yang pasti, ini merupakan salah satu sunah rosul yang benar.

Dalam beberapa hadits, termasuk yang diriwayatkan oleh Dailamy dijelaskan juga bahwa kita disunahkan untuk berziarah kubur pada hari Jumat. Namun menurut beberapa ulama besar, hadits yang satu ini masih meragukan dan bahkan ada yang menganggapnya sebagai hadits dhaif dan palsu. Jadi sobat cahayaislam yang mulia, mulai sekarang jangan lagi menyalah artikan istilah sunah rosul karena sunah yang dianjurkan Rasulullah pada malam atau hari Jumat adaah seperti yang tersebut di atas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!