Pelajaran Dari Kisah Qorun Yang Kikir

0
2190

Sobat cahaya islami, Islam merupakan sebuah ajaran agama yang sempurna. Di dalam ajaran kajian agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW berisi berbagai macam ilmu pengetahuan. Misalnya saja ilmu tentang mengenal Allah, akhirat, hubungan sesama manusia dan lain sebagainya. Bahkan dalam ajaran yang mulia ini terdapat berbagai kisah atau cerita tentang umat-umat terdahulu. Dari kisah-kisah umat manusia zaman dahulu dalam ajaran agama yang mulia ini, maka kaum muslimin dapat mengambil pelajaran. Salah satu cerita umat terdahulu yang terkenal untuk dibahas dalam kajian islam yaitu pelajaran dari kisah Qorun yang kikir.

Pelajaran Dari Kisah Qorun Yang Kikir

Mengenal Tokoh Qorun

Manusia hidup di muka bumi ini hanyalah sementara. Tidak ada manusia yang mampu hidup kekal di alam dunia ini. Semua manusia akan menemui ajalnya, entah itu diusia anak-anak, muda, maupun tua. Allah SWT sebagai pencipta alam ini mengutus manusia ke dunia untuk mencari bekal akhirat. Selama hidup di dunia ini, oleh Allah SWT manusia diberikan harta benda. Lewat harta benda ini diharapkan seorang hampa mampu bersyukur dan mengerjakan kebajikan. Akan tetapi ada saja manusia yang sombong lantaran di beri amanah harta. Mereka bertindak semaunya dan tidak bersyukur kepada Allah SWT. Salah satu cerita tentang manusia bergelimang harta di dunia ini adalah tentang kisah Qorun.

Bagi umat sering mendengar ceritadalam kajian islam mengenai kisah Qorun ini sangatlah terkenal. Quron merupakan seorang hamba Allah SWT yang diberi kelebihan harta. Harta yang dimiliki oleh Qorun ini sangatlah banyak. Bahkan saking banyaknya harta, kunci dari gudang milik Qorun ini tidak dapat dibawa oleh seekor unta. Semua orang pada zaman itu begitu takjub terhadap harta benda yang dimiliki oleh saudagar ternama ini. Banyaknya orang yang berharap memiliki harta benda layaknya Qarun. Dalam Al Qur’an sendiri telah mengisahkan betapa banyaknya harta Qarun ini. salah satunya terdapat dalam Al Qur’an Surah al Qashash ayat 76 :

إِنَّ قَارُونَ كَانَ مِنْ قَوْمِ مُوسَىٰ فَبَغَىٰ عَلَيْهِمْ ۖ وَآتَيْنَاهُ مِنَ الْكُنُوزِ مَا إِنَّ مَفَاتِحَهُ لَتَنُوءُ بِالْعُصْبَةِ أُولِي الْقُوَّةِ إِذْ قَالَ لَهُ قَوْمُهُ لَا تَفْرَحْ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ

“Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: “Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri”. [1]

Qorun merupakan seorang saudagar yang kaya raya. Kisah Qorun terjadi pada zaman Nabi Musa AS. Sebenarnya Qarun ini masih saudara Nabi Musa AS. Mereka berdua sama-sama keturunan dari Nabi Yaqub AS. Tokoh Qorun yang kaya raya ini masih sepupu dengan Nabi Musa AS.

Pada awalnya, Qorun hanyalah orang biasa saja. Bahkan sepupu dari Nabi Musa AS ini tidak memiliki harta benda. Ia dikenal sebagai orang yang miskin di kaumnya. Untuk makan sehari saja, tokoh Qorun ini belum tentu bisa. Karena keadaan inilah, maka Qarun meminta kepada saudaranya yaitu Nabi Musa AS agar di doakan menjadi orang kaya. Akhirnya jadilah Qarun ini orang kaya raya.

Sobat cahaya islami, pada waktu itu semua orang merasa kagum terhadap harta dunia yang dimiliki oleh Qarun. Karena begitu banyak orang yang kagum, maka Qarun pun menjadi sombong. Ia suka memamerkan semua harta yang dimilikinya. Konon setiap keluar rumah Qorun selalu diikuti oleh pengawalnya. Pengawalnya tersebut membawa banyak kunci gudang harta yang dimiliki Qorun.

Banyaknya harta tersebut tidak membuat Qarun sadar bahwa semua ini hanya titipan. Dia merasa paling kaya di seluruh muka bumi. Bahkan ia enggan untuk bersedekah. Karena kesombongannya inilah, maka oleh Allah SWT semua harta yang dimiliki Qorun ditelan oleh bumi. Bahkan Qorun beserta pengawalnya pun turun terbenam kedalam tanah. Demikianlah kisah Qarun yang terkenal kaya raya dan sombong.

Hikmah Dari Kisah Qarun

Kisah Qorun merupakan sebuah cerita kajian islam yang sangat terkenal di dunia ini. Cerita yang benar – benar terjadi di muka bumi biasa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi umat islam. Pelajaran dari kisah Qarun ini yang dapat diambil oleh umat islam adalah sebanyak apapun harta jangan sampai menimbulkan rasa sombong. Karena pada hakekatnya sombong ini hanya berhak dimiliki oleh Allah SWT Sang Penguasa Alam Semesta.

[1] Surah al Qashash (28) ayat 76

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!