Orang-orang yang Diberi Naungan Oleh Allah (Bagian 4)

0
390

Tentu adalah sebuah keutamaan dan rahmat yang sangat luar biasa bila kita bisa mendapatkan naungan spesial yang langsung diberikan oleh Allah ketika semua manusia dikumpulkan di padang mahsyar dalam keadaan yang sangat payah. Telanjang dan kepanasan karena matahari menjadi semakin dekat jaraknya dengan lokasi mereka para manusia berkumpul menunggu peradilan dari Allah.

Dalam artikel tim cahayaislam sebelumnya dengan judul yang sama. Kami telah menjelaskan bahwa ada setidaknya 7 orang yang dijanjikan oleh Allah akan mendapatkan naungan khusus dari-Nya di hari kiamat kelak. 3 golongan telah kita bahas bersama pada kesempatan sebelumnya, yakni imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah dan orang yang mengingat Allah dalam kesunyian hingga dia menitikkan air mata. Lalu siapa orang selanjutnya yang akan mendapatkan naungan yang sama dengan ketiga golongan tersebut? Berikut hadits lanjutannya yang diriwayatkan oleh Sahih Bukhari 6806.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلاَمٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي ظِلِّهِ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّه… وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسْجِدِ ….الحديث

7 golongan orang akan dinaungi oleh Allah di hari kiamat dimana tidak ada naungan apapun pada hari itu kecuali naungan Allah… seorang lelaki yang hatinya bergantung di dalam masjid.

Maksud dari orang yang hatinya bergantung di dalam masjid?

Ada beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa alim ulama yang tim cahayaislam tanyai seputar hal ini. Penuturan para alim ulama yang pertama tentang maksud dari lelaki yang hatinya bergantung kepada masjid itu adalah para lelaki yang rajin sholat berjama’ah di masjid. Jika seseorang selalu memprioritaskan untuk menunaikan kewajiban sholat berjamaah di masjid ketika mendengar adzan berkumandang daripada hal-hal lainnya. Maka orang tersebut dikatakan sebagai orang yang hatinya bergantung di dalam masjid.

Sedangkan penjelasan kedua dari beberapa alim ulama lain tentang maksud orang yang hatinya bergantung di dalam masjid adalah mereka orang-orang yang suka menghabiskan waktu di masjid. Contohnya seperti orang-orang yang selalu dengan sabar tinggal sejenak di masjid untuk mendengarkan tausiyah. Orang yang menunggu waktu sholat isya setelah selesai menunaikan sholat maghrib dengan mengisinya dengan kegiatan manfaat. Seperti membaca Al Qur’an, dzikir dan lain sebagainya. Mereka itulah yang dimaksudkan sebagai orang yang hatinya bergantung di dalam masjid.

Nah, itu dia kira-kira penjelasan tentang golongan keempat yang dijanji oleh Allah akan mendapatkan naungan spesial dariNya besok di hari kiamat. Perlakuan istimewa Allah ini tidak datang dengan mudah, menjadi orang yang hatinya bergantung di masjid merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, Allah tidak akan menyia-nyiakan hal tersebut dengan memberikan ganjaran yang sepadan, yakni sebuah naungan sejuk di hari pembalasan kelak. Semoga menginspirasi dan memberikan semangatu untuk kita semua. Amiin

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!