Orang-orang yang Diberi Naungan Oleh Allah (Bagian 1)

0
418

Sobat pembaca cahayaislam pasti pernah mendengar dong kisah susahnya manusia kelak ketika dikumpulkan di padang mahsyar. Dalam beberapa hadits dijelaskan tentang peliknya hari itu. Banyak dari manusia yang dikumpulkan dengan berbagai cara. Ada yang diseret, ada yang berjalan dengan terlunta-lunta, ada yang dengan menaiki kendaraan, dan masih banyak lagi. Dan kabarnya, kelak di padang mahsyar tersebut, Allah akan mendekatkan matahari sedekat satu mil dengan kumpulan manusia-manusia itu.

Dalam keadaan yang sangat panas tersebut tentu merupakan suatu hal yang sangat menakjubkan bila kita memiliki naungan yang tetap memberikan kita kesejukan ditengah terik matahari yang sangat panas karena di dekatkan posisinya tersebut. Nah, kali ini kami ingin mengulas sedikit tentang hal ini. Tim Cahayaislam akan membawakan satu pembahasan tentang sebuah hadits yang menceritakan 7 orang yang mendapatkan naungan oleh Allah kelak di hari kiamat satu persatu dalam beberapa seri artikel.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Sahih Bukhari dengan nomor hadits 6806 dengan penuh hikmah yang bisa kita cermati dengan seksama. Haditsnya adalah sebagai berikut.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلاَمٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي ظِلِّهِ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ إِمَامٌ عَادِلٌ ….. الحديث

Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda bahwa ada tujuh macam orang yang akan dinaungi oleh Allah dengan naungan-Nya dihari kebangkitan ketika tidak akan ada naungan macam apapun kecuali naungan-Nya. tujuh golongan orang tersebut adalah (1) Imam (pemimpin) yang adil.

Menjadi pemimpin adil tidaklah mudah dan beresiko tinggi

Ada banyak sekali kriteria-kriteria dari Rasulullah yang telah beliau jelaskan dalam sabda-sabdanya. Seperti contohnya dijelaskan bahwa seorang pemimpin yang adil adalah dia yang bersikap tegas dalam menghukumi. Dia tidak pandang bulu dan tidak memandang siapa yang dihukumi. pemimpin yang adil pula adalah pemimpin yang dengan baik dan bijaksana mengamban amanah rakyat yang dipimpinnya. Dia ialah sosok yang tidak beralih pada hawa nafsu dan harta atau kesenangan dunia lainnya yang bisa membuatnya lalai dalam kepemimpinannya.

Rasulullah sendiri mewanti-wanti bahwa agar umatnya tidak meminta menjadi seorang pemimpin dari suatu kumpulan orang. Karena dia orang yang meminta kedudukan (baik sebagai pemimpin atau orang yang ikut andil dalam kepemerintahan) tanpa meminta akan ditolong Allah dan bisa menjalankan tugasnya dengan kebijaksanaan yang dianugerahi oleh Allah.

Nah, kalau di Indonesia sendiri gimana? apakah begitu? – Banyak orang-orang yang maju berkampanye agar dipilih sebagai pemimpin. Memberikan janji-janji manis yang pada akhirnya dikhianati setelahnya. Banyak pejabat-pejabat Indonesia yang berebut kekuasaan untuk meraup uang sebanyak-banyaknya dan mendzolimi kepercayaan rakyat yang notabene harusnya dilayani oleh mereka. Sungguh miris. Lalu bagaimana menurut sobat cahayaislam? Apakah pemimpin-pemimpin seperti mereka akan mendapatkan naungan dari Allah di hari kiamat kelak?

Semoga Artikel ini bisa menjadi cambuk bagi kita dan mungkin teman-teman yang bekerja dalam pemerintahan agar lebih berhati-hati, karena kedudukan tersebut sangatlah rawan dan beresiko. Namun bila sampai bisa menjadi pemimpin yang adil, niscaya Allah akan menaungi kelak di hari akhir. Amiin

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!