Nusaybah binti Ka’ab Sang Perisai Rasulullah

0
768

Halo sobat cahaya islam, pernah anda membaca cerita islami? Menurut pengertiannya, cerita islami adalah sebuah kisah tentang perjalanan sahabat nabi, tokoh islam dan lain sebagainya yang berperan penting dalam agama islam. Tokoh-tokoh dalam sebuah kisah yang bernuansa islami ini sangat terkenal dikalangan kaum muslimin. Mereka memiliki berbagai keistimewaan yang sangat menonjol daripada muslim lainnya. Bahkan agama diluar islam pun turut mengagumi kehebatan dari tokoh dalam berbagai kisah atau cerita islami. Salah satu toko islami yang terkenal tersebut adalah Nusaybah binti Ka’ab Sang Perisai Rasulullah.

Sosok Nusaybah Binti Ka’ab Sang Perisai Rasulullah

Dalam dunia islam, nama seorang Nusaybah binti Ka’ab sangatlah terkenal. Dia adalah salah satu tokoh wanita islam yang memiliki kedudukan mulia dikalangan kaum muslimin. Dalam berbagai cerita islami, tokoh yang satu ini dikenal sebagai seorang wanita yang pemberani dalam peperangan. Hampir setiap pertempuran dalam membela agama islam pasti ia ikut serta didalamnya.

Sobat cahayaislam, Nusaybah binti Ka’ab memiliki nama lain yaitu Ummu Imarah. Ia merupakan salah satu dari dua orang wanita yang ikut berbaiat kepada rasulullah dengan 70 laki-laki anshar lainnya di Aqabah. Dalam perjalanan hidup, Ummu Imarah dikenal sebagai sosok istri yang taat pada suami. Akan tetapi, disisi lain ia adalah seorang perempuan pemberani dan sangat mulia di hadap Allah SWT. Berikut ini Beberapa cerita islami bagaimana peran Ummu Imarah bagi peradaban islam.

  1. Seorang perempuan yang memahami berbagai macam perannya

Dalam berbagai cerita islami, dikasih bahwa seorang Nusaybah binti Ka’ab hampir tidak pernah absen dalam perang bersama kaum muslimin. Ia selalu ada dalam barisan tentara muslimin untuk menghadapi kemungkaran. Dalam pertempuran dengan kaum kafir pun, ia dikenal sangat pemberani. Nusaybah binti Ka’ab ini selalu memberi makan dan minuman kepada prajurit muslim yang membutuhkan. Bahkan ia tak segan untuk maju menghadapi musuh islam tersebut. Akan tetapi dibalik semua itu, Ummu Imarah tetaplah seorang ibu yang penyayang terhadap anak-anaknya. Dan seorang Ummu Imarah juga tidak melupakan perannya sebagai seorang istri yang selalu berada di sampingnya.

  1. Terkenal sebagai perisai rasulullah

Dalam sebuah cerita tokoh islami, seorang Nusaybah binti Ka’ab terkenal sebagai seorang prajurit wanita yang selalu melindungi rasulullah di dalam berbagai peperangan. Dalam sebuah cerita islami, dikisahkan bahwa saat itu kaum muslimin menderita kekalahan. Dengan secepat kilat, seorang Nusaybah Binti Ka’ab berada di samping rasulullah untuk melindunginya tanpa rasa takut, Ummu Imarah menangkis berbagai serangan musuh yang datang kepada sang rasul utusan Allah.

Seorang Nusaybah binti Ka’ab memiliki sebuah keyakinan, bahwa kecintaan terhadap islam lebih tinggi daripada cintanya terhadap diri sendiri. Oleh karena hal tersebut ia rela berjuang demi mengharap ridho ilahi. Dengan pedoman ini, maka seorang Ummu Imarah berani untuk menjadi perisai rasulullah dari serangan para musuhnya.

Hikmah dari Kisah Nusaybah Binti Ka’ab

Dalam cerita islami diatas, maka sobat cahayaislam dapat mengambil sebuah pelajaran yang berharga. Pelajaran dari kisah Nusaybah binti Ka’ab tersebut adalah bahwa agama islam tidak memandang ketinggian derajat seseorang dari jenis kelaminnya, akan tetapi dari kontribusinya untuk agama islam yang mulia ini. Hal ini terjadi pada seorang wanita bernama Nusaybah binti ka’ab atau sering dikenal dengan Ummu Imarah. Ia dikenal memiliki derajat yang tinggi dikalangan umat islam karena kontribusinya yang begitu besar terhadap agama yang berasal dari Allah Tuhan Semesta Alam ini. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Muhammad ayat 7

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!