Nasehat Agama Tentang Sabar

0
1315

Nasehat agama tentang sabar, Sabar merupakan salah satu kebahagiaan dari seorang orang muslim, kesabaran bagi seorang muslim , bisa dikatakan bahwa kesabaran pada diri manusia mengenai bagaimana ketaatan pada tuhan, menghindari kemaksiatan, tabah ketika menghadapi banyaknya berbagai cobaan, dan seperti yang disebutkan pada:

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh.” (Al Fawa’id, hal. 95)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Al Baqoroh :153

Nasehat agama tentang sabar, Sabar bisa diartikan sebagai suatu kewajiban yang dimana ketika manusia mendapatkan ujian dan mendapatkan masalah dalam kehidupan. Dalam definisi sabar ada 3 hal dan seperti berikut :

  1. Mampu menahan hati dari berbagai perasaan seperti kesal, marah dan merasa tidak bisa melakukan apa yang menjadi ketentuan allah. Dalam hal ini manusia akan lebih mampu melakukan dari segala hal yang dilarang dari segala aturan dan telah ditetapkan oleh allah melalui rosulnya.
  2. Mampu menahan lisan dan sama sekali tidak boleh berkeluh kesah, dan menggerutu akan takdir yang telah diberikan allah.
  3. Mampu menahan dari anggota badan yang sangat fatal agar tidak sampai melakukan perbuatan maksiat, seperti marah pada diri sendiri mencubit anggota tubuh, menyobek pakaian, menampar diri sendiri dan itu termasuk layaknya kamu tidak terima akan hal yang telah diberikan allah kepadamu.

Sobat Cahaya islam perlu mengetahui bahwa nasehat agama tentang sabar allah tidak akan pernah menguji hambanya dari luar kemampuannya, jelas akan tahu dimana cara untuk mencari jalan keluar dalam memecahkan masalah. Allah sama sekali tidak memiliki keinginan membinasakan hambanya melainkan hanya ingin menguji sejauh mana mereka mengabdi kepada tuhannya. Karena yang diwajibkan adalah dimana beribadah kepadanya adalah hal yang paling utama.

Dari adanya ibadah nasehat agama tentang sabar inilah agar sobat Cahayaislam bisa membantu kala kondisi semakin sempit dan kesusahan. Ada macam 2 orang yang beribadah kepada tuhan yang pertama adalah mereka yang sangat selaras dengan apa yang inginkannya. Tipe dua adalah akan tidak selaras dengan keinginan yang sedang bersangkutan.

Kemudian nasehat agama tentang sabar ada juga dari ibnul qayyim memberikan contoh ketika sobat Cahayaislam bewudhu disaat musim panas dan menggunakan air dingin, berjunub dengan istri, memberikannya nafkah kepada anak dan istri merupakan salah satu ibadah bagi suami. Bahkan hal sama yang akan sobat Cahayaislam lakukan ketika musim dingin namun dalam keadaan yang sempit. Maka bisa dipastikan yang lebih bernilai dan berharga adalah keluarga yang kedua. Sebab itu menjadi ibadah yang sangat utama sebagai hamba yang begitu khaliq.

Dan inilah firman Allah berjanji akan mencukupi hamba-hamba-Nya, sebagaimana firman Allah,

أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ

“Bukankah Allah-lah yang mencukupi (segala kebutuhan) hamba-Nya?” (QS. Az Zumar: 36).

Dari tingkat kecukupan yang ada akan berbanding lurus dengan tingkat pengahambatan yang ada pada masing-masing manusia yang menjalani. Semakin manusia itu berusaha dalam mengabdi kepada allah dan meninggalkan hal-hal yang disenanginya dna lebih mementingkan kepentingan allah, maka allah akan senantiasa memberikan kecukupan dalam hidupnya.

Dan allah pun berfirman :

عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ وَكَفَى بِرَبِّكَ وَكِيلًا

“(Sesungguhnya, engkau (Iblis) tidak memiliki kekuasaan atas hamba-hamba-Ku, dan cukuplah Rabb-mu (Hai Muhammad) sebagai wakil (penolong)” (QS. Al Isra’: 65).

Yang dimaksud nasehat agama tentang sabar dalam hal tersebut adalah dimana sobat Cahayaislam mereka yang termasuk pada hamba yang mendapatkan kecukupan dari allah swt sebab manusia benar-benar menghambakan atau mengabdi kepadanya dengan begitu akan dipermudah dalam segala hal baik dalam keadaan sulit dan menyenangkan. Hamba terbaik akan jauh dari gangguan setan dan tidak dapat menguasai hati sobat Cahayaislam kecuali pada saat mereka mulai lengah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!