Motivasi Hidup dalam Islam agar “Survive” Dalam Menjalani Hidup

0
1712

Dalam menjalani hidup tidak selamanya selalu mulus dan lancar. Pasti akan ada banyak halangan yang kita hadapi. Hidup seperti sebuah roda yang naik turun. Kadang kita berada di atas dan kadang berada di bawah. Tapi dalam situasi apapun, kita harus tetap survei dalam hidup, tak boleh menyerah dan putus asa. Ada banyak motivasi hidup dalam islam yang bisa kita gunakan. Ada banyak ayat al Quran yang bisa kita jadikan pegangan hidup,

Jangan Pernah Berputus Asa Dan Selalu Sabar

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Seperti dalam QS At-Taubah 40 “janganlah kamu berduka cita. Sesungguhnya Allah selalu bersama kita. Dari ayat itu kita bisa belajar, bahwa dalam keadaan apapun, allah akan selalu bersama kita. Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan dari hambanya. Suka cita dan duka akan selalu ada dalam hidup ini dan harus selalu kita hadapi.

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ – وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Hal ini juga terdapat adalah Qs Al baqarah 155-156 “ dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang ketika ditimpa musibah mereka mengucapkan sungguh kita semua ini milik Allah dan sungguh kepadanya lah kita kembali.

Kita dianjurkan untuk selalu sabar dalam menghadapi berbagai masalah. Allah SWT akan selalu bersama dengan orang-orang sabar. Kita harus berserah diri dengan apa yang terjadi pada kehidupan kita. Karena semuanya akan kembali kepadaNya. Di Qs Yusuf 87 “ Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang-orang yang kufur (terhadap karunia Allah).

وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

Bahkan dari ayat tersebut, Allah SWT sangat melarang umatnya untuk berputus asa. Orang yang berputus asa termasuk orang yang kufur. Apapun yang kita hadapi, tidak boleh berputus asa. Semua orang mengalami masalah yang berbeda. Tapi bukan berarti kita tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi di kehidupan kita. Allah memberikan hati dan pikiran untuk selalu digunakan.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Dalam Qs Al Insyirah 5 “ maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”. Allah SWT tidak akan selamanya memberikan kesulitan pada hambanya.dalam kesulitan pasti ada kemudahan. Setelah hujan yang deras akan muncul pelangi yang indah. sayangnya banyak dari manusia yang tidak memahami hal itu. Mereka langsung berputus asa dan merasa dirinya paling menderita.

Allah SWT sangat membenci orang yang mengutuk dirinya sendiri. gunakan hati dan pikiran untuk menghadapi semua masalah. Ikuti kata hati untuk menemukan suatu penyelesaian masalah yang tepat dan gunakan pikiran supaya tak salah langkah. Banyak sekali ayat yang menceritakan tentang kesabaran dan larangan berputus asa, apapun masalah yang kalian hadapi, lihatlah ke bawah masih banyak orang yang lebih jauh menderita dari apa yang kalian hadapi dan lihatlah ke atas untuk selalu bersyukur dengan semua karunia yang diberikan. Jadikan motivasi hidup dalam islam untuk membuat hidup lebih indah.

Manusia diberi tubuh yang lengkap, oksigen gratis dan semua yang diberikan oleh Allah SWT untuk hambanya. Kita dilarang untuk berputus asa dan menyerah. Pasti akan ada solusi dari setiap masalah, pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Tak ada yang sia-sia di hidup ini. ada hitam pasti ada putih. Tinggal bagaimana kita melihatnya. Mau mengutuk semua yang terjadi atau bangkit tersenyum. Selesaikan semua masalah di depan mata dan bahagia untuk diri anda sendiri.

Allah SWT tidak akan pernah meninggalkan hambanya dalam keadaan apapun. Ketika kita mendekat kepadanya, allah akan berlari kepada hambanya. Terlalu banyak karunia allah yang telah diberikan. Masih pantaskah kita mengeluh dan berputus asa? Perbanyak membaca al quran dan motivasi hidup dalam islam. Sehingga hidup akan lebih bahagia. Bersyukur, bersyukur dan selalu bersyukur. Tersenyumlah dan hadapi semua dengan lapang dada.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!