Mewujudkan Keluarga Islam Bahagia

0
937

Keluarga merupakan bagian terkecil yang merupakan kesatuan penting bagi setiap orang sebelum mengenal dunia luar dan hidup bermasyarakat. Keluarga merupakan sekelompok orang yang begitu dekat dengan kita, yang memiliki hubungan sangat erat, dan menjadi satu-satunya rumah bagi kita. Tidak mungkin bukan jika kita hidup tanpa sebuah keluarga? Keluarga itu sendiri terdiri dari suami, istri dan juga anak. Membangun sebuah keluarga tentu diharapkan disertai dengan kebahagiaan. Keluarga bahagia tentu merupakan dambaan setiap orang. Bagaimana mewujudkan keluarga Islam bahagia?

Islam mengajarkan kita untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia atau sakinah mawadah warohmah. Keluarga islam bahagia itu pun akan dapat terwujud dengan adanya pedoman agama sebagai pegangan untuk menjalankan sebuah keluarga. Kebahagiaan dalam keluarga yang dimaksud pun bukan hanya semata-mata kebahagiaan duniawi, namun juga akhirat. Sehingga definisi untuk keluarga bahagia ini adalah keluarga yang berhasil mendirikan agama yang kokoh didalamnya. Berpedoman dengan ketentuan-ketentuan agama yang harus ditaati menjadi salah satu penguat sebuah keluarga. Seperti pada QS. At Tahrim ayat 6 yang mana menjelaskan tentang memelihara keluarga dari api neraka. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa keluarga bahagia menurut islam merupakan keluarga yang berhasil mendirikan agama dengan tujuan membawa kebahagiaan di akhirat.

Tanda Keluarga Islam Bahagia

Istri Shalehah

حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَعُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Istri yang shalehah merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki sebuah keluarga. Seperti yang terdapat dalam hadist Muslim no. 1466 yang menjelaskan bahwa dalam memilih seorang istri untuk dinikahi adalah dengan melihat agamanya. Memiliki istri yang memiliki agama akan memberikan keberuntungan untuk suami. Hal ini berarti bahwa wanita yang memiliki agama atau shalehah akan mampu memberikan kebahagiaan bagi suami dan keluarga. Selain itu, Istri yang shalehah tentu memiliki lisan yang baik sehingga akan menjadi seorang ibu yang baik bagi anak-anaknya nanti. Istri shalehah merupakan salah satu komponen penting untuk membentuk keluarga islam bahagia.

Suami Yang Bertanggungjawab

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

Suami merupakan seorang pemimpin yang bertanggungjawab atas segala hal, baik itu mengenai istri ataupun anak-anaknya. Seperti yang di jelaskan pada QS. An nisa ayat 34 bahwa seorang suami merupakan pemimpin keluarga. Hal ini berarti suami memiliki kedudukan yang paling tinggi di dalam sebuah keluarga. Untuk mewujudkan keluarga islam bahagia, tentu tidak hanya peran istri saja yang penting. Namun juga memerlukan peran suami selaku pemimpin keluarga yang akan menentukan bagaimana keluarga ini akan diwujudkan. Suami yang bertanggungjawab tentu akan memberikan kebahagiaan kepada istri. Karena suami juga memiliki tanggungjawab untuk mendidik istri juga anak-anaknya.

Anak yang sholeh sholehah

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، وَقُتَيْبَةُ، – يَعْنِي ابْنَ سَعِيدٍ – وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، – هُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ – عَنِ الْعَلاَءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ ‏”‏ ‏.‏

Anak juga memiliki peranan penting untuk membentuk keluarga islam bahagia. Memiliki anak-anak dengan akhlak yang baik dan sholeh sholehah tentu akan menjadi suatu kebanggaan bagi orang tuanya. Selain itu kebahagiaan orang tua dan keluarga juga dilihat dari keberhasilan mendidik anak. Anak yang sholeh sholehah akan menjadi jembatan orang tuanya ketika di akhirat nanti. Karena seperti yang dijelaskan pada hadist HR. Muslim no. 1631 diatas bahwa setelah seseorang meninggal maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara. Salah satunya adalah doa anak yang sholeh yang akan menghantarkan orang tuanya ke tempat yang baik di akhirat nanti. Dengan inilah pribadi seorang anak juga merupakan salah satu tanda keluarga bahagia menurut Islam.

Keluarga adalah harta yang sangat berharga. Kebahagiaan dalam keluarga merupakan salah satu pemberi rasa nyaman dan bahagia untuk anggota keluarga itu sendiri. Keluarga yang harmonis dan penuh dengan kasih sayang adalah salah satu unsur pembangun dari keluarga yang bahagia. Membangun keluarga islam bahagia tentu harus berpegang pada ketentuan-ketentuan agama yang akan membawa keluarga anda kepada kebahagiaan yang sesungguhnya. Selain itu juga setiap anggota keluarga punya peranan penting untuk saling mewujudkannya. Jadi, mari kita wujudkan keluarga yang bahagia dengan taat kepada agama ya sobat cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!