Menyulut Semangat dalam Melakukan Hal yang Bermanfaat

0
362

Sobat cahayaislam pernah nggak sih ketika sebelum beranjak ke tempat tidur melakukan “review” kecil-kecilan pada kegiatan kita dalam sehari? Biasanya nih, orang yang rajin atau pebisnis akan melakukan hal ini, bahkan sudah merencanakan beberapa hal yang akan dilakukannya di keesokan hari. Namun pernahkah sobat melakukan sedikit “review” yang serupa namun lebih kepada pertanyaan: sudah seberapa banyakkah kebaikan yang kita lakukan hari ini? atau sudah seberapa banyakkah hal bermanfaat yang telah kita lakukan?

Rasulullah memberi semangat kepada para Mukmin untuk melakukan hal bermanfaat

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَابْنُ، نُمَيْرٍ قَالاَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ عُثْمَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏“‏ الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا ‏.‏ وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Rasulullah SAW bersabda: Seorang mukmin (orang beriman) yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah, dan pada dasarnya ada kebaikan dalam diri setiap orang, menghargailah (bersemangatlah) pada hal-hal yang memberikan manfaat/keuntungan (di akhirat) serta mencarilah bantuan dari Allah dan tidak berputus asa, dan jika apa-apa (dalam hal kesulitan) datang padamu, janganlah mengatakan: Jika aku tidak melakukan itu, itu tidak akan terjadi begitu dan begitu, tapi katakanlah: Allah telah menetapkan hal ini atasku, setiap apa yang telah Dia tahbiskan terjadi, maka terjadilah. Karena kata “jika” bisa membuka (pintu) untuk Setan (H.R Muslim 2664).

Dalam hadits Sahih diatas jelas diungkapkan bahwasanya kita harus tetap bersemangat dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat. Bermanfaat disini maksudnya adalah bermanfaat untuk akhirat kita. Selain itu para alim ulama berpendapat bahwa dengan melakukan banyak hal yang bermanfaat maka kita akan menjadi orang-orang mukmin yang kuat. Dan jelas seperti yang dikutip dari hadits diatas bahwa Allah lebih menyukai orang-orang mukmin yang kuat.

Terkait dengan menjadi sosok mukmin yang kuat dan melaksanakan aktifitas yang bermanfaat. Hadits tersebut memberikan sedikit clue tentang menjadi sosok orang yang menerima/ sabar atas ketentuan Allah. Mereka yang tidak mudah menyerah dan mengeluh atas kesulitan-kesulitan yang dialaminya. Jadi ada relevansi dan keterkaitan antara berbuat hal yang bermanfaat dan sabar sebagai wujud perbuatan menuju figur mukmin yang kuat yang dicintai Allah.

Trik Jitu: Merencanakan hal-hal baik sebelum tidur

Nah, seperti itulah sedikit nutrisi penyemangat kita semua agar tetap semangat dalam melakukal kegiatan yang bermanfaat. Untuk lebih memudahkan kita mencapai sosok mukmin yang kuat dengan melakukan hal yang bermanfaat, triknya cukup mudah kok.

Hal yang perlu sobat lakukan adalah ‘merencanakan’ hal-hal bermanfaat apa yang akan sobat lakukan esok hari. Tentukan dan tuliskan detail input dan output kegiatan tersebut. Tentunya jangan sampai lupa untuk meniyatinya karena Allah dan berharap atas rahmat dari Allah. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!