Menuju Keluarga Islam Bahagia Melalui Kebiasaan Bersedekah

0
225

Assalamualaikum sobat Islami, bagaimana keadaan sobat semuanya? semoga sobat sekalian dalam keadaan yang selalu di rahmati Allah SWT. Sobat semua tentu memiliki sebuah keluarga bukan? Iya benar keluarga, tempat kita berbagi suka dan duka bersama serta tempat paling indah untuk pulang. Bersama dengan keluarga kita sering menghabiskan waktu bersama serta bersama keluarga pula kita dapat mencurahkan segala kesedihan yang sedang kita alami. agar bisa Menuju Keluarga Islam Bahagia Melalui Kebiasaan Bersedekah kita perlu mengetahui beberapa hal.

Menuju Keluarga Islam Bahagia Melalui Kebiasaan Bersedekah

Sobat semua tentu menginginkan sebuah keluarga Islam bahagia bukan? memiliki sebuah keluarga yang bahagia kita juga akan merasakan hidup kita lebih berarti. Ternyata dibalik sebuah keluarga yang bahagia banyak sekali kebiasaan yang melatarbelakanginya. Salah satu cara yang dapat sobat gunakan untuk menuju sebuah keluarga Islami yang bahagia adalah dengan menerapkan kebiasaan bersedekah.

Dalam Islam sendiri sedekah merupakan sebuah kegiatan yang sangat dianjurkan. Dengan bersedekah kita semua akan merasakan nikmatnya memberi. Namun masih banyak diantara kita yang harus berpikir ulang ketika hendak bersedekah. Nah, bagi anda yang memimpikan keluarga Islam bahagia dengan bersedekah dapat disimak tips dalam artikel berikut ini.

Tips menuju keluarga Islam bahagia dengan mengatur keuangan melalui sedekah

Sebelum berlanjut ke tips keluarga islam bahagia dengan merencanakan keuangan melalui kebiasaan sedekah alangkah baiknya sobat semua mengetahui keutamaan sedekah, adapun keutamaan sedekah sangatlah banyak sobat diantaranya adalah seperti yang tertera berikut ini :

Seorang yang bersedekah akan dilipatgandakan pahalanya

Seperti yang tertera dalam QS. Al- Hadid ayat 18

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak”

Sangat jelas sobat cahaya Islami sesuai janji Allah SWT bahwa dengan bersedekah akan dilipatgandakan pahala kita, bayangkan sobat jika kita setiap hari bersedekah dalam berbagai bentuk berapa banyak pahala yang akan kita peroleh, SubhanAllah.

Sedekah dapat menambah kekayaan

Sobat Islam yang dirahmati Allah, jangan pernah memiliki anggapan bahwa dengan kita bersedekah kita akan hidup kekurangan, tidak sobat dengan senang berbagi terhadap sesama maka jalan rejeki kita akan dimudahkan oleh Allah SWT, sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Saba ayat 39

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantinya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki”.

Sedekah tidak akan mengurangi harta

Sobat Islam yang budiman keutamaan sedekah yang ketiga adalah sedekah tidak akan mengurangi harta kita. Sobat semuanya jangan takut untuk berbagi karena harta kita akan berkurang. Hal ini sesuai dengan HR. Muslim no.25558 yang berbunyi “Sedekah tidaklah mengurangi harta”

Nah sobat Islami, setelah kita mengetahui keutamaan dari bersedekah, adapun beberapa tips merencanakan keuangan keluarga dengan membiasakan diri bersedekah adalah sebagai berikut :

Jangan menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak penting

Sobat sering kita tergoda untuk bersenang-senang melalui kebiasaan berbelanja yang berlebihan, bahkan sesekali kita juga pernah membeli barang yang tidak diperlukan dalam kebutuhan keluarga. Perlu sobat ketahui bersama kegiatan seperti ini akan membuat pengeluaran kita semakin banyak dengan pengeluaran yang semakin banyak kita seringkali kekurangan untuk mencukupi kebutuhan pokok kita. Nah sobat yang budiman alangkah baiknya jika kita semua tidak membelanjakan uang kita untuk kebutuhan yang memang tidak diperlukan kita ingat juga bahwa Allah tidak menyukai kaumnya yang boros dan berlebihan. Tentu sobat tidak ingin juga kan menjadi kaum yang jauh dari barokah Allah, untuk itu sobat lebih baik kita sisihkan harta kita untuk berbagi dengan sesama, selain bermanfaat kita juga akan lebih dekat dengan rahmat Allah serta Allah akan selalu mempermudah jalan rejeki kita semua.

Selalu berbagi dengan sesama keluarga

Selalu berbagi dengan sesama anggota keluarga merupakan salah satu cara menuju keluarga islam yang bahagia juga sobat. Hal ini dikarenakan dengan selalu berbagi kita bisa merencanakan kebutuhan dengan jelas serta tidak akan takut untuk kekurangan.

Nah sobat cahaya Islam itulah beberapa keutamaan dari bersedekah serta menuju keluarga Islam bahagia semoga dengan beberapa ulasan dalam artikel ini dapat membantu sobat muslim semuanya. Wassalamualaikuum Warahmatullah

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!