Menjawab Tantangan Akhir Zaman: Tips Sukses Tetap Dalam Jalan Allah

0
1161

Zaman mulai berubah hari demi hari. Kehidupan semakin menjadi lebih praktis dan simpel dengan adanya perkembangan zaman dan meningkatnya teknologi dan banyak innovasi yang dilakukan manusia. Ironisnya dengan banyak sekali kenyamanan yang kita temui dan rasakan dimasa modern sekarang ini, moral dan akhlak mulai tiris dan pendidikan tentang patuh terhadap norma-norma agama maupun sosial mulai tergerus sedikit demi sedikit. Manusia mulai melupakan apa sebenarnya hakikat dari kehidupan kita didunia dan akhir tujuan kita setelah kematian nanti. Kajian islam kali ini kita akan Menjawab Tantangan Akhir Zaman: Tips Sukses Tetap Dalam Jalan Allah

Menjawab Tantangan Akhir Zaman: Tips Sukses Tetap Dalam Jalan Allah

Rasulullah sendiri memang telah memprediksikan pada sabdanya dalam hadits riwayat Abu dawud bahwa manusia akan mudah terpedaya hingga dipagi hari dia iman dan dimalam hari dia menjadi kufur:

بَادِرُوا فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا وَيُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا

Hadits tersebut menunjukkan bahwa pergantian tahun akan semakin membawa dunia ini pada kehancuran dan degradasi. Hari berganti hari, dunia ini semakin diselimuti oleh kekalutan dan jalan-jalan sesat menuju panasnya api neraka. “kita harus melindungi dan membentuk generasi islam menjadi lebih baik dan tegar dalam menghadapi gemerlapnya dunia” itulah satu statemen yang selalu menjadi perbincangan hangat pada banyak kalangan alim ulama dan para pemuka agama. Sebagai kawula muda islam yang mengaku beriman dan bertaqwa, kita harus siap menjawab tantangan akhir zaman dengan mantab. Oleh karena itu, tim Cahayaislam akan memberikan beberapa tips sukses dalam kajian islam kali ini agar tetap berada dijalan yang benar, jalan yang diridhoi oleh Allah.

Hobi berkunjung ke lingkungan masjid

Sobat Cahayaislam boleh memiliki segudang hobi yang digeluti dalam kehidupan sehari-hari, namun satu hobi yang harus selalu tertulis dalam list hobi-hobi anda yaitu Mengunjungi masjid. Berkunjung ke rumah Allah memang merupakan hal yang ajaib. Selain bisa menjaga diri kita jauh dari perbuatan-perbuatan yang buruk, mengunjungi masjid bisa membuat kita selalu terbiasa dekat dengan Allah. Ada segudang aktifitas yang bisa kita lakukan dengan berkunjung ke lingkungan masjid, contohnya yang paling jelas adalah sholat berjama’ah. Sholat berjama’ah tidak hanya akan membuat sholat seseorang lebih khusyu’ dan tuma’ninah, namun bisa menjadi indikasi bahwa seseorang memiliki akhlak yang baik.

فإن صلحت صلح له سائر عمله وإن فسدت فسد سائر عمله

barang siapa yang baik sholatnya, maka baik pula amalan lainnya [1]

Hal lain yang bisa dilakukan dengan mengunjungi masjid adalah pengajian. Anda bisa menjadi keduanya, baik orang yang mengkaji Al-Qur’an dan Al-Hadits atau menjadi orang yang menyampaikannya kepada orang lain. Aktif mengaji tidak hanya membuat kita selalu diterangi dengan ilmu-ilmu islam, namun juga membuat kita selalu mendapat siraman segar rohani untuk tetap dekat kepada Allah dan mengharapkan surgaNya. Jadi, sobat Cahayaislam, marilah kita menjawab tantangan akhir zaman dengan memperbanyak aktifitas yang berhubungan dengan rumah Allah.

Bergaul dan berkumpul dengan orang-orang alim

Pergaulan merupakan aspek penting lainnya untuk menghadapi akhir zaman. Anda bisa melihat seperti apa diri anda jadinya kelak dengan melihat 3 orang yang paling dekat dengan anda. Hal ini berkaitan erat dengan pergaulan. Membagun jaringan tidak hanya penting dan berguna dalam dunia bisnis, namun juga menjadi trigger dari baik buruknya kehidupan rohani kita. Maka dari itu, sobat Cahayaislam bisa menjawab tantangan akhir zaman ini dengan bergaul dengan mereka yang alim dan sholih/sholihah.

Tidak meremehkan dosa-dosa kecil!

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh manusia adalah meremehkan sesuatu. Dalam konteks ini kita berbicara tentang meremehkan dosa-dosa kecil. Rasulullah SAW mengingatkan kita untuk berhati-hati pada dosa-dosa kecil, karena walaupun kecil, dosa-dosa itu akan menumpuk menjadi sebuah tumpukan yang besar dan kemudian akan menghalangi jalan kita menuju dosa. Dosa-dosa besar juga sering disebabkan karena dosa-dosa kecil yang diremehkan. Jadi sobat Cahayaislam semua perlu waspada dalam menghadapi fitnah akhir zaman!

[1] H.R Thabrani

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!