Menilik Kisah Nabi Yusuf Dan Zulaikha dengan Hikmah Cinta dan Romansa

0
737

Siapa yang tak mengenal kisah nabi yusuf as dan zulaikha. Kisah ini di ceritakan sendiri dalam QS yusuf. Didalamnya menceritakan semua kisah yusuf as. Kisah yusuf dan zulaikha terdapat di Q.S yusuf 23. “dan wanita (zulaikha) yang yusuf tinggal di rumahnya menggoda yusuf untuk menundukan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata “marilah kesini. Yusuf berkata ‘aku berlindung kepada Allah SWT sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik, sesungguhnya orang-orang zalim tiada akan beruntung.

وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ قَالَ مَعَاذَ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ رَبِّي أَحْسَنَ مَثْوَايَ ۖ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

Dari ayat tersebut kita bisa tahu, bahwa nabi yusuf karena ketaatnya tidak mudah tergoda dengan wanita. Nabi yusuf as merupakan seorang nabi muda yang sangat tampan. Banyak wanita yang terpesona dengan ketampanannya. Termasuk istri dari majikannya, zulaikha. Pada waktu itu, nabi yusuf sedang sangat muda. Seumur itu pasti mudah untuk tergoda dengan kecantikan wanita, tapi tidak dengan nabi yusuf. Kisah nabi yusuf dengan zulaikha memang bisa inspirasi bagi kita semua. Walaupun berada di tempat yang sepi dan tidak ada siapapun, nabi yusuf tidak tergoda sama sekali dengan zulaikha.

Nabi Yusuf lebih memilih penjara daripada berzina

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Dalam kutipan ayat 33 di surat yusuf diatas. Kita bisa ketahui bahwa Nabi Yusuf lebih memilih untuk mendekam di dalam penjara daripada melakukan perbuatan zina. Dia jelas-jelas menolak ajakan zina zulaikha, yang merupakan istri dari majikannya. Bahkan hal ini membuat zulaikha merasa sangat marah. Dia mengfitnah yusuf dan memenjarakannya.

Namun Kisah nabi Yusuf tidak berakhir sampai disini saja. Setelah menyelesaikan masa di penjara, Allah mengangkat derajatnya. Yusuf dijadikan bendaharawan negara dan akhirnya malah menjadi raja. Menggantikan suami zulaikha, yang telah meninggal dunia. Sampai akhirnya nabi yusuf dan zulaikha menikah. Bahkan nabi yusuf mendapatkan zulaikha dalam keadaan perawan, karena ia tidak pernah di jamah sama sekali dengan suaminya terdahulu al aziz.

Hikmah yang banyak dari kisah nabi Yusuf dan Zulaikha

Dari kisah nabi ini, kita bisa mengambil banyak hikmah. Salah satu hikmah adalah bahwa jodoh tidak akan kemana. Kalau memang ia ditakdirkan untuk berjodoh dengan kita, pasti akan kembali lagi. dipertemukan dengan cara yang baik. Jika dulu nabi yusuf menerima ajakan zulaikha, mungkin mereka akan menikah dengan cara yang tidak baik dan buruk di mata Allah. Tapi dengan cara ini, pertemuan mereka, kisah cinta mereka lebih indah dan di ridhai oleh Allah. Bukan cinta yang didasari nafsu syahfat belaka, tapi cinta yang suci dan tulus.

Di zaman modern seperti saat ini, banyak sekali kisah cinta yang selalu dibumbui dengan syahfat atau nafsu belaka. Banyak pernikahan dini, kehamilan di luar nikah, pacaran yang seperti orang menikah dan lainnya. sudah jarang seorang pasangan muda mudi yang menjaga dirinya terhindar dari perbuatan zina. Perbuatan zina seperti sebuah hal yang sudah biasa. Sudah jarang laki-laki yang seperti nabi yusuf, yang menjaga pandangannya dan berlindung dari Allah untuk semua godaan.

Berpuasa untuk menghindari zina

أَخْبَرَنَا هَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ، قَالَ حَدَّثَنَا الْمُحَارِبِيُّ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، وَالأَسْوَدِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ وَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Jika memang anda belum siap dan kuat untuk menjalankan sebuah pernikahan, tunduhkan pandangan. Berpuasalah, ini akan membantu menjaga diri dari segala nafsu dunia. Inilah yang direkomendasikan oleh Rasulullah dalam hadits Nasa’i 2241 diatas. Dari kisah nabi yusuf diatas, kita harus bisa menjemput jodoh dengan cara yang baik. Dengan jalan Allah yang mulai. Yang namanya jodoh tidak akan kemana. Sekuat apapun kita mencoba, kalau memang belum jodohnya tidak akan pernah bertemu. Tapi kalau sudah jodohnya, sekuat apapun kita mencoba menghindar pasti akan bertemu.

Allah SWT akan memberikan jalan terbaik untuk hambanya. Jaga pandangan, percayalah bahwa jodoh tidak akan kemana. Perbaiki diri, kejar ridho Allah SWT, maka jodoh pun akan ikut mengejar. Jangan ikuti nafsu yang tidak ada gunanya. Belajarlah dari kisah nabi yusuf dan zulaikha.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!