Mengetahui Tiga Olahraga Favorit Rasulullah

0
650

Olahraga adalah salah satu hal penting untuk dilakukan, terutama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Dengan banyak melakukan olahraga, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan kebugaran tubuh juga senantiasa akan terjaga. Namun, dalam Islam, olahraga tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh tetapi juga kebugaran jiwa. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Imam Ibnu Qayyim dalam buku Zad al-Ma’ad. Mengenai olahraga sendiri, yaitu Mengetahui Tiga Olahraga Favorit Rasulullah.

Mengetahui Tiga Olahraga Favorit Rasulullah

Perlu diketahui bahwa Rasulullah SAW merupakan pribadi yang juga gemar berolahraga. Dengan berolahraga, beliau termasuk sangat jarang sakit dalam kehidupannya. Nah, lantas apa saja olahraga kesukaan Rasulullah? Kita akan membahasnya secara lengkap di bawah ini.

Memanah

Salah satu olahraga yang disukai oleh Nabi SAW adalah memanah. Ini adalah salah satu olahraga tertua yang sudah ada sejak zaman dulu. Dalam kehidupannya, Rasulullah SAW merupakan salah satu pemanah yang handal dan dalam riwayat diceritakan bahwa beliau memiliki tiga buah busur panah. Selain Rasulullah, salah satu sahabat yang memiliki kemampuan memanah yang sangat baik adalah Sa’ad bin Abi Waqas.

Dalam perkembangannya, memanah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada gelaran lomba olahraga yang resmi. Salah satu yang paling awal adalah diselenggarakannya kejuaraan nasional panahan dengan nama GNAS di Inggris pada tahun 1844.

Dapat kita lihat bahwa salah satu olahraga favorit Rasulullah ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Bahkan, kini banyak sekali kita temukan latihan-latihan panahan yang menjadi ajang berkumpul para remaja muda yang semangat menjalankan sunah.

Dari sisi kesehatan, memanah juga merupakan salah satu olahraga yang sangat menyehatkan. Selain melatih otot bahu untuk berkembang, memanah juga dapat menjadi cara yang tepat untuk melatih konsentrasi.

Berkuda

Jenis olahraga favorit Rasulullah lainnya yang juga disarankan untuk dilakukan oleh generasi selanjutnya adalah berkuda. Olahraga berkuda pada zaman dahulu bisa dikatakan menjadi menu favorite dan wajib bagi pria karena kuda menjadi salah satu alat transportasi tercepat yang ada.

Kemahiran berkuda pada dasarnya adalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki terutama untuk pria dewasa. Hal ini dikarenakan selain untuk berburu, berkuda juga akan melatih ketangkasan dalam berperang.

Dewasa ini, olahraga favorit Rasulullah sudah masuk dalam cabang perlombaan baik di tingkat daerah maupun nasional. Selain itu, banyak pula terdapat perkumpulan untuk latihan berkuda. Hal ini dikarenakan sebagai langkah persiapan di masa depan dimana ada ramalan bahwa jika suatu nanti zaman akan kembali pada zaman tanpa teknologi.

Dari segi kesehatan, berkuda juga sangat baik untuk tubuh. Selain melatih kekuatan tubuh, berkuda juga sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh.

Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga favorit Rasulullah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Memang, olahraga yang satu ini membutuhkan latihan yang keras dan berulang-ulang. Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat baik karena selain memerlukan kekuatan pada fisik, berenang juga membutuhkan tingkat intelektual yang tinggi bagi mereka yang ingin melakukannya.

Dalam kaitannya dengan sejarah umat Islam, salah satu olahraga kesukaan Rasulullah ini menghantarkan Sultan Muhammad Al Fatih merebut kekuasaan Konstantinopel pada abad 14 dimana pasukan Turki harus berenang melewati selat Bospurus karena laju kapal mereka dihadang oleh pasukan Romawi dengan kekuatan yang berlapis.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa melihat beberapa jenis olahraga favorit Rasulullah yang bisa kita lakukan setiap hari. Perlu diketahui bahwa melaksanakan beberapa olahraga tersebut termasuk salah satu pelaksanaan sunah Nabi yang tentu saja akan mendapatkan pahala. Nah, sobat Cahaya islam dapat mengatur waktu untuk melakukan beberapa olahraga tersebut dengan teratur!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!