Mengenal Ajaran LDII Di Indonesia

0
275

Mungkin anda sudah tidak asing dengan yang namanya LDII atau lembaga dakwah islam indonesia. Ajaran ini sudah menyebar luas di indonesia. Bahkan di setiap daerah pasti ada kelompok yang percaya dengan ajaran ini. Lalu apakah sebenarnya LDII itu, bagaimana bentuk pengajarannya, organisasinya dan lain sebagainya. Banyak yang berpikir bahwa LDII merupakan ajaran sesat, apakah itu benar. Benarkah di LDII ada amir atau imam? Kita akan membahas semuanya seputar Mengenal Ajaran LDII Di Indonesia.

Mengenal Ajaran LDII Di Indonesia

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ قُدَامَةَ الْجُمَحِيُّ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ أَبِي الْفُرَاتِ عَنْ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ قَالَ الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakar bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Yazid bin Harun] telah menceritakan kepada kami [Abdul Malik bin Qudamah Al Jumahi] dari [Ishaq bin Abu Furat] dari [Al Maqburi] dari [Abu Hurairah] dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Akan datang tahun-tahun penuh dengan kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang yang jujur didustakan, amanat diberikan kepada pengkhianat, orang yang jujur dikhianati, dan Ruwaibidlah turut bicara.” Lalu beliau ditanya, “Apakah Ruwaibidlah itu?” beliau menjawab: “Orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum.

Apa Itu LDII ?

Kita akan sedikit membahas tentang ajaran LDII ini. LDII pertama kali berdiri di tahun 1951 oleh NurHasan Ubaidah Lubis. Di desa burengan banjaran kediri jawa timur. Sebelumnya ajaran ini bernama darul Hadits. Lalu sekitar tahun 1968, ajaran ini dilarang kemudian dibubarkan oleh pengurus aliran kepercayaan masyarakat jawa timur. Barulah mereka berganti nama menjadi islam jamaah. Dengan surat keputusan jaksa agung RI No Kep 08/D.4/W.1971 tanggal 29 oktober 1971. IJ resmi dibubarkan di seluruh indonesia. Hal ini tidak berhubungan dengan benarkah di LDII ada amir atau imam?

Di bawah golkar, IJ mengganti namanya menjadi Lemkari (lembaga karyawan islam). Karena ajaran yang semakin meresahkan, di tahun 1988 Lemkari dibubarkan lagi. Kemudian di tahun 1990, berganti nama menjadi LDII. Pendiri LDII termasuk orang yang paham tentang agama islam. Dia sering mengaji dan belajar hadis di mekah. Setelah Nur hasan meninggal, imamnya diganti oleh putranya bernama Abdu Dhahir. Tapi perlu anda ketahui, di LDII tidak ada yang namanya imam atau amir. Mungkin ini akan menjawab tentang pertanyaan benarkah di LDII ada amir atau imam?

Apa si sebenarnya arti amir atau imam? Amir artinya pemimpin, imam juga artinya pemimpin. Dalam islam orang yang memiliki ilmu lebih tinggi atau yang memimpin shalat jamaah dinamakan dengan imam. Karena dialah orang yang memimpin. Di dalam ajaran agama lainnya, juga banyak yang menyebut pemimpin sebagai imam. Tapi ternyata sedikit berbeda dengan ajaran di LDII,. LDII tidak mengenal dengan yang namanya imam dan amir. Ini akan menjawab pertanyaan benarkah di LDII ada amir atau imam?

Menurut sumber dari website resmi LDII, di LDII memang tidak ada yang namanya amir atau imam. Mereka tidak memakai kedua istilah tersebut untuk menyebut pemimpin mereka. Mereka biasanya menyebut dengan istilah ketua umum dan istilah di organisasi lainnya. Jadi ada ketua umum, Sekretaris, bendahara dan istilah yang dipakai dalam organisasi. Istilah amir dan imam memang ada di al quran dan al hadits. Tetapi dari pihak LDII masih mengkajinya lebih lanjut. Untuk penggunaan kedua istilah itu. Dengan jawaban ini, anda akan tahu jawaban dari bernarkah di LDII ada amir atau imam?

Ada banyak sekali hal mengenai ajaran agama ini. Sampai sekarang sudah banyak pengikut yang tersebar di seluruh indonesia. Sekian artikel tentang benarkah di LDII ada amir atau imam? Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!