Mengejutkan! Simak 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Ini!

0
562

Sobat Cahayaislam, ternyata perintah Allah bagi satu-satunya muslim untuk berpuasa, khususnya di bulan Ramadhan, memiliki banyak sekali manfaat bagi kita, baik dilihat dari kacamata agama maupun dunia. Salah satunya adalah untuk tubuh kita sendiri sobat, karena ternyata ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, nah apa saja itu? Di sini, tim Cahayaislam mencoba merangkumnya menjadi 5 poin utama manfaat puasa bagi kesehatan, yaitu:

Bagi otak

Ketika puasa, pikiran kita cenderung menjadi lebih tenang, stabil, dan juga melambat. Dengan begitu, otak kita dapat bekerja dengan lebih tajam yang kemudian memunculkan pikiran-pikiran kreatif, sobat. Selain itu, puasa dapat membantu meningkatkan kadar neurotropik dari otak yang merangsang pembentukan sel-sel otak yang lebih banyak, sehingga fungsi kinerja otak dapat meningkat.

Bagi jantung dan pembuluh darah

Manfaat puasa bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah adalah dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol, serta mengandalikan tekanan darah, karena berpuasa adalah sarana latihan bagi seseorang untuk mengontrol pola makan yang sangat berkaitan dengan proses metabolisme tubuh. Saat berpuasa pula, di dalam tubuh kita terjadi peningkatan HDL dan sekaligus penurunan LDL yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Selain itu sobat, manfaat puasa bagi kesehatan, khususnya kesehatan jantung, sangat berkaitan erat dengan keadaan psikologis kita, yang mana ketika puasa, rasa amarah cenderung kita tekan atau bahkan kita hilangkan sama sekali sehingga pikiran pun tenang, dan ini nantinya berpengaruh pada penurunan adrenalin. Tingkat adrenalin yang rendah atau wajar akan berpengaruh pada keadaan kontraksi otot empedu dan mengatur keadaan pembuluh darah, tekanan darah, serta detak jantung dalam keadaan normal.

Selanjutnya, puasa juga sangat dianjurkan sebagai bentuk perawatan bagi penderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, serta hipertensi dalam keadaan tertentu. Hal ini dikarenakan puasa dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, serta mengendalikan tekanan darah dalam posisi normal. Dengan demikian, resiko munculnya serangan penyakit jantung pun dapat terkurangi.

Bagi ginjal

Sahabat Cahayaislam, seperti yang kita ketahui, ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat berbahaya yang ada dalam makanan atau minuman. Namun perlu kita ketahui, ginjal berfungsi dengan maksimal manakala kekuatan osmosis urin berkisar antara 1.000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air. Nah, ketika berpuasa, secara otomatis asupan air dalam tubuh menurun, sehingga  dapat menyesuaikan target osmosis dalam urin tersebut. Itulah manfaat puasa bagi kesehatan ginjal.

Bagi sistem pencernaan

Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat memperlancar sistem pencernaan. Saat berpuasa, organ-organ pencernaan memiliki waktu untuk “istirahat”, dengan fungsi fisiologisnya yang tetap berjalan  dengan normal. Dengan demikian, organ-organ tersebut akan memiliki waktu untuk merevitalisasi serta meningkatkan fungsinya, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh, serta membersihkan tubuh dari makanan yang menumpul dalam tubuh.

Bagi sistem kekebalan tubuh

Puasa dapat memicu terjadinya peningkatan limfosit di dalam tubuh yang memberikan dampak positif bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh dapat menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

 

Nah sobat, masihkah merasa lemas untuk berpuasa? 🙂

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!