Mengajak Anggota Keluarga Untuk Meninggalkan Praktik Syirik

0
404
Middle eastern mother and her daughter

Ada dari saudara muslim dan muslimah kita yang diberi cobaan oleh Allah lewat keluarganya. Cobaan itu tidak hanya sebatas pada musibah ataupun hal buruk yang terjadi kepada mereka. Cobaan tersebut bisa dalam konteks akidah itu sendiri. Ada beberapa saudara muslim kita diluar sana yang memiliki keluarga yang masih kental dengan banyak sekali praktik musyrik yang dilarang oleh islam.

Sebagai orang islam yang menjunjung tinggi firman Allah dan sabda-sabda penuh hikmah yang diberika oleh baginda Rasulullah SAW. Kita tahu betul bahwa salah satu hal yang harus kita lakukan dan bahkan menjadi anjuran langsung oleh Allah kepada manusia terhadap keluarganya adalah berusaha membebaskan dan menyelamatkan mereka dari siksa neraka yang pedih (Surat At Tahrim ayat 6).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Musyrik merupakan dosa besar yang bahkan akan membuat pelakunya bisa dijebloskan oleh Allah SWT kedalam kubangan kehinaan yang terbuat dari kobaran-kobaran api neraka kelak  di akhirat bila orang pelaku musyrik tersebut belum sempat bertaubat dari dosa kemusyrikannya tersebut. Perbuatan menyekutukan Allah juga termasuk dalam list definisi/takrif dosa besar yang perlu dihindari oleh orang mukmin.

Nah, memiliki anggota yang masih melakukan praktik syirik sungguh adalah suatu cobaan yang cukup berat. Hal ini karena syirik yang dilakukan oleh pelakunya tidak muncul begitu saja, melainkan dari pembiasaan dan tradisi yang telah melenceng dan terhimpun dari lingkungan seseorang tersebut sejak lama. Dan jelas, mengubah suatu hal yang merupakan “kebiasaan” adalah hal yang super duper berat. Namun, janganlah kita menyerah. Sudah seyogyanya kita mencoba berusaha sekuat tenaga. Karena bagaimanapun keluarga lebih kental daripada darah. Berikut kami sisipkan beberapa tips yang bisa sobat cahayaislam gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Membekali dan mengajak mereka untuk mengkaji ilmu agama

Salah satu cara yang sangat jitu adalah dengan kita mengajak anggota keluarga kita yang masih mempraktikkan Syirik tersebut untuk mengaji dan ikut serta dalam kajian dan majelis ilmu agama. Tentu kita harus ketat dalam hal ini, temukan benar-benar majelis islam yang memberikan kajian syariat islam yang hanya berpedoman pada Al Quran dan Al hadits sebagai acuannya. Bisa juga sobat minta tolong kepada tenaga pegajar seperti ustadz atau ulama setempat yang mumpuni untuk memberikan kajian-kajian ilmu islami yang jauh dari praktik-praktik syirik.

Memberikan pengertian-pengertian yang baik secara lemah lembut

Selain mengajak mereka datang dalam kajian-kajian ilmu agama yang baik. Kita sebagai anggota keluarga haruslah secara berkala dan konsisten tetap memberikan asupan asupan berupa nasihat agama agar mereka mau meninggalkan perilaku musyrik yang mereka lakoni. memberikan contoh dan tidak judgmental adalah cara yang terbaik. Gunakan pendekatan yang lembut pada setiap nasihat agama yang anda berikan kepada mereka.

Nah, itulah sedikit tips untuk mengajak keluarga anda yang masih melaksanakan praktik syirik untuk menjauhi dosa besar tersebut. Tentu butuh kesabaran dan konsistensi yang sangat signifikan dalam hal ini. Jangan lupa pula untuk terus berdoa dan meminta bimbingan serta pertolongan dari Allah dalam usaha baik kita tersebut. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!