Memelihara Cinta dalam Islam

0
1226

Memelihara cinta dalam islam – Beberapa waktu lalu Tim Cahayaislam selesai menonton sebuah film bergenre sci-fi dengan spesialisasi cerita medis neurosugery. Yang menarik dari film ini adalah pemeran utama adalah seorang ahli bedah yang memiliki kelainan sistem limbik dalam bagian thalamus otaknya. Hal ini kemudian menjadikan dirinya sebagai orang yang mati rasa. Pemeran utama di film itu terganggu sistem motoriknya, sehingga tidak mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain.

Kelainan tersebut menjadikan dirinya sebagai orang yang dingin. Namun, sperti tipikal-tipikal film yang banyak kita tonton. Scriptwriter menambahkan aspek penting yang akhirnya membuat pemeran utama tersebut kemudian bisa sembuh dari itu: Cinta.

Nah, mungkin beberapa dari sobat Cahayaislam disini adalah termasuk orang yang menganggap cinta adalah suatu hal menakjubkan di dunia ini. Namun sabagai orang islam yang beriman dan beramal Shalih, maka janganlah sampai ketakjuban kita pada cinta tersebut malah dijadikan oleh syatan sebagai alat untuk menjerumuskan kita pada pahitnya siksa neraka kelak. Kami akan beri beberapa tips memelihara cinta dalam islam disini:

Menjadikan cinta kita karena Allah

Tips memelihara cinta dalam islam adalah dengan menjadikan cinta kita karena Allah. Kita harus memiliki mental dan niyat yang kuat terlebih dahulu bahwa bagaimanapun bentuk cinta kita kepada seseorang haruslah diniyati karena Allah. Cinta karena Allah pada dasarnya adalah cinta yang tidak membuat kita jauh atau melanggar ketentuan-ketentuanNya.

Contohnya adalah dalam islam kita memiliki hukum muhrim. maka kita tidak seharusnya berdalih untuk melanggar hal itu karena cinta. Kita dalam islam dilarang keras oleh Allah untuk menjauhi perzinaan karena itu adalah perbuatan keji, maka jangan sobat jadikan cinta sebagai dalih untuk melanggar larangan itu.

Cinta kita pada seseorang tidak boleh melebihi cinta kita kepada Allah

tips kedua dalam memelihara cinta dalam islam adalah dengan memberi boundary atas cinta kita. Boundary atau batas tersebut berguna untuk tolok ukur sampai mana batas wajar rasa cinta kita terhadap seseorang. Jangan jadikan cinta itu melebihi kecintaan kita kepada Allah. Jangan jadikan cinta tersebut menjadikan kita lalai dalam berdoa lebih lama kepada Allah. Jangan jadikan cinta itu penghalang anda untuk bertemu Allah disepertiga malam yang akhir. Jangan jadikan cinta itu sebagai keraguan kita untuk mengeluarkan shodaqoh dan infaq untuk membela agama Allah.

Mempergunakan cinta kita untuk meraih surga Allah

Masih berhubungan dengan tips memelihara cinta dalam islam yang kedua diatas. kita seharusnya menjadikan cinta sebagai penyemangat kita untuk lebih getol dalam kerinduan kita dalam mencapai surga Allah kelak setelah kematian kita. Jadikan cinta sebagai bara api yang akan membakar diri kita untuk terus beribadah dan beramal shalih.

Jadikan cinta itu sebagai alarm untuk selalu mengingatkan kita bahwa Allah selalu mengawasi setiap gerak-gerik kita. jadikan cinta itu sebagai tangan yang menampar kita ketika kita merasa congkak dalam banyaknya dosa-dosa yang kita perbuat. jadikan cinta itu sebagai tangan yang membelai sembari mengajak untuk melantunkan pinta ampunan dari Allah atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan. Itulah bagaimana seharusnya kita sebagai orang muslim memelihara cinta dalam islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!