Memanfaatkan Program 1821 Untuk Mendidik Anak Lebih Sholih Sholihah

1
1536

Pada beberapa hari yang lalu, tim Cahayaislam menerima satu berita yang dibagikan pada grup Chat WA berupa penjelasan dan ajakan persuasif tentang sebuah program yang disebut Program 1821. Mendapatkan berita sharing program 1821 untuk mendidik anak ini, tim Cahayaislam kemudian tergelitik untuk menelitinya lebih lanjut dengan mencari sumber mana yang mengeluarkan berita ini.

Siapa yang mencanangkan program 1821 ini?

Dari banyak sumber-sumber yang telah tim Cahayaislam baca. Ada beberapa yang mengatakan bahwa program ini merupakan pengembangan dari program wajib belajar yang telah disosialisasikan oleh Pemerintah ke banyak daerah di Indonesia. Namun ada pula yang mengklaim bahwa program ini adalah gagasan dari Program Sekolah Pengasuhan Anak (PSPA). Yang membedakan program 1821 untuk mendidik anak ini dengan program wajib belajar pemerintah adalah konten didalamnya.

Program 1821 untuk mendidik anak ini memberikan persuasi pada orang tua untuk ikut serta dalam menjadi lebih dekat dengan anak, dimana fokus program ini adalah anak dan diselenggarakan oleh orang tua. Program wajib belajar memang bagus, tapi pada prakteknya masih banyak orang tua yang hanya menyuruh anak-anaknya belajar, namun mereka (orang tua) melakukan hal lain seperti bermain gadget atau menonton acara televisi.

Yang lain dari program 1821 untuk mendidik anak disini tidak hanya terfokus pada program belajar (seperti dalam program pemerintah wajib belajar). Namun program ini memiliki metode 3B (Belajar, Bermain, dan Bicara). Dengan program ini, para orang tua direkomendasikan untuk melakukan 3B tersebut pada durasi waktu yang ditentukan untuk menjadi lebih dekat dengan anak serta menciptakan mengembalikan arti keluarga seutuhnya. Adapun tenggat waktu untuk melakukan hal ini adalah dari pukul 18:00 s/d 21:00.

Dalam praktiknya, orang tua dilarang melakukan hal lain selain yang terfokus kepada anak-anak mereka. Seperti contohnya melhat acara televisi, memainkan gadget, dan lain sebagainya yang pada intinya akan menjadi distraksi fokus mereka pada kegiatan 3B bersama anak.

Memanfaatkan program ini untuk membentuk anak sholih dan sholihah

Setelah menimbang-nimbang program ini secara seksama, tim Cahayaislam menganggap program ini sebagai program yang cocok untuk kita sebagai orang tua gunakan untuk memupuk akhlakul karimah dan kebiasaan-kebiasaan baik pada buah hati kita. Dengan program 1821 untuk mendidik anak dan lebih dekat dengan anak ini, kita bisa mengajarkan banyak ajaran-ajaran islam untuk memupuk keimanan mereka. Hal ini diharapkan bisa menjadikan anak-anak kita menjadi insan yang shalih dan shalihah kelak ketika dewasa.

Contoh kegiatan yang bisa anda lakukan adalah shalat maghrib dan isya berjamaah bersama anak-anak anda. Kemudian dilanjutkan dengan mengaji atau tadarus al Quran bersama-sama. Anda juga bisa memberikan beberapa PR untuk mereka seperti hafalan asmaul husna atau surat-surat pendek juz Amma untuk mereka hafalkan. Supaya tidak monoton anda bisa menceritakan beberapa kisah islam yang menginspirasi. Bisa dari kisah para Nabi, kisah yang diambil dari Al Quran dan Al hadits maupun kisah sejarah islam.

Nah, kira-kira itulah beberapa ulasan dan contoh kegiatan yang bisa anda lakukan dengan anak-anak anda dalam program 1821 untuk mendidik anak. Memang mungkin pada awalnya agak sulit untuk dilakukan, namun kita harus mencoba membiasakannya demi anak-anak kita. Semoga Berhasil sobat Cahayaislam semuanya!