Memakan Makanan yang Sehat dan Baik itu Perintah Allah dan Rasul Lho!

0
488

Salah satu tim cahayaislam adalah orang yang cukup rajin mengunjungi gym untuk tujuan berolahraga. Dia melakukannya sekitar 3 sampai 4 kali rutin dalam seminggu serta melaksanakan diet yang baik hari demi hari. Rutinitas tersebut menjadikannya memiliki badan yang cukup atletis serta terlihat fit dan segar. Ketika pergi dalam pengajian dan acara-acara kajian islam di beberapa tempat, ada salah satu kumpulan hadirin dalam acara tersebut menyeletuk begini: “emang penting ya badan dirawat kayak gitu, kita kan hidup di dunia ini singkat, kehidupan yang hakiki itu di akhirat! bukankah itu sikap yang condong pada keduniawian?”

Memang sih memiliki perspektif tersebut dan condong pada sikap zuhud adalah baik dan terpuji. Namun alangkah baiknya bila kita menyeimbangkan hal tersebut (antara dunia dan akhirat). Toh bila dunia kita juga lancar dan kita memiliki perspektif dan pemahaman zuhud yang baik, maka dunia yang ada di genggaman kita tersebut akan kita gunakan untuk kelancaran urusan dunia misalnya.

Nah, kali ini tim cahayaislam akan membahas sedikit tentang hal tersebut. Tidak hanya pada rutinitas gym atau membentuk badan yang bugar. Kita akan mengkerucutkan hal itu pada satu aspek terpenting dalam hal-hal tersebut, yakni: Diet dan makanan yang sehat.

Ada Isyarat indah Allah dalam Al Quran tentang makan makanan sehat

Diet dan makan makanan sehat untuk kesehatan dan kebugaran adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan. Secara logika, badan sehat akan memberikan jiwa yang sehat pula dan akan berdampak pada maksimalnya ibadah dan perjuangan kita pada agama Allah. Allah sendiri bahkan telah memberikan kode dalam surat Abasa ayat 24 sampai 32.

فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ إِلَىٰ طَعَامِه – ِأَنَّا صَبَبْنَا الْمَاءَ صَبًّ – ثُمَّ شَقَقْنَا الْأَرْضَ شَقًّا – فَأَنْبَتْنَا فِيهَا حَبًّا – وَعِنَبًا وَقَضْبًا – وَزَيْتُونًا وَنَخْلًا – وَحَدَائِقَ غُلْبًا – وَفَاكِهَةً وَأَبًّا – مَتَاعًا لَكُمْ وَلِأَنْعَامِكُمْ

Maka hendaklah manusia itu MEMPERHATIKAN APA YANG DIA MAKAN, Kami Allah-lah yang telah mencurahkan melimpahnya air (dari langit), lalu Kami belah bumi dengan baik, lalu di Kami Tumbuhkan disana biji-bijian, dan sayuran dan anggur, dan zaitun serta kurma, dan kebun-kebun yang lebat, dan buah-buahan dan rumput-rumputan. (segala hal tersebut) untuk kesenanganmu dan untuk hewan-hewan ternakmu.

Dalam hal tersebut bahkan Allah sendiri secara langsung menyebutkan beberapa jenis makanan sehat seperti biji-bijian, buah, sayur, dan dari ternak-ternak mereka untuk menjadi makanan untuk mereka. Diet yang sehat adalah diet yang bisa memenuhi kebutuhan badan dalam banyak bentuk asupan seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan banyak lagi.

Rasulullah juga merekomendasikan kita untuk diet dan makan secara sehat

Dalam artikel kami yang lain kami pernah menyajikan sebuah hadits tentang diet juga sih (DISINI artikelnya). Namun nggak hanya itu saja lho, ada pula sebuah hadits riwayat Ibnu Majjah 3349 yang menjelaskan bahkan secara detail kebutuhan makanan dan minuman untuk manusia.

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ الْحِمْصِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَتْنِي أُمِّي، عَنْ أُمِّهَا، أَنَّهَا سَمِعَتِ الْمِقْدَامَ بْنَ مَعْدِيكَرِبَ، يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ يَقُولُ ‏ “‏ مَا مَلأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ حَسْبُ الآدَمِيِّ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ غَلَبَتِ الآدَمِيَّ نَفْسُهُ فَثُلُثٌ لِلطَّعَامِ وَثُلُثٌ لِلشَّرَابِ وَثُلُثٌ لِلنَّفَسِ

Dalam hadits tersebut tidak hanya Rasulullah menjelaskan bahwa makanan yang dimakan tidak boleh berlebihan, namun juga merekomendasikan untuk diet yang memiliki hitungan sepertiga makanan, sepertiga air, dan sepertiga udara. Nah, sobat cahayaislam masih meragukan pentingnya diet dan masih tidak yakin bahwa diet dan gaya hidup sehat tidak baik karena condong pada hal duniawi saja? Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!