Ketahui Manfaat sholat tahajud Secara Psiko-Fisiologis!

0
1267

Manfaat sholat tahajud – Allah Maha Mengetahui, Ia menciptakan sesuatu dengan segala manfaatnya tidak ada yang Ia ciptakan dalam keadaan sia-sia. Seperti yang telah kita ketahui bersama sobat Cahayaislam, bahwa sholat merupakan kewajiban di dalam gerakan-gerakan salat terkandung banyak hal yang bermanfaat bagi tubuh kita. Salat juga sesungguhnya merupakan kebutuhan bathiniyah bagi setiap muslim karena ia merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan Allah SWT.

Biasanya orang-orang yang ingin lebih dekat dengan Allah selain menjalankan kewajiban salat lima waktu mereka juga terbiasa melakukan salat sunah tahajud, spiritual manfaat sholat tahajud yang mengagumkan membuat mereka senantiasa menjalankannya dengan ikhlas. Manfaat sholat tahajud di antaranya terkandung dalam hadis berikut:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ، حَدَّثَنَا أَبُو النَّضْرِ، حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ خُنَيْسٍ، عَنْ مُحَمَّدٍ الْقُرَشِيِّ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلاَنِيِّ، عَنْ بِلاَلٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الْجَسَدِ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لاَ نَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ بِلاَلٍ إِلاَّ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَلاَ يَصِحُّ مِنْ قِبَلِ إِسْنَادِهِ ‏.‏ قَالَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيلَ يَقُولُ مُحَمَّدٌ الْقُرَشِيُّ هُوَ مُحَمَّدُ بْنُ سَعِيدٍ الشَّامِيُّ وَهُوَ ابْنُ أَبِي قَيْسٍ وَهُوَ مُحَمَّدُ بْنُ حَسَّانَ وَقَدْ تُرِكَ حَدِيثُهُ ‏.‏ وَقَدْ رَوَى هَذَا الْحَدِيثَ مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلاَنِيِّ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ ‏”‏ عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ وَمَكْفَرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ لِلإِثْمِ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى وَهَذَا أَصَحُّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي إِدْرِيسَ عَنْ بِلاَلٍ

Salat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit.” (HR. Tirmidzi – 3549)

Apa manfaat shalat tahajud secara Psikologis?

Begitu banyak manfaat sholat tahajud. seperti yang telah disebutkan dalam hadits tersebut bahwa salat tahajud  dapat menghindarkan dari penyakit, salah satunya penyakit kanker. Penderita kanker haruslah memiliki optimisme yang besar untuk sembuh terlebih dahulu. Salat tahajud hendaknya disertai dengan kesungguhan dan keikhlasan hati. Sebab, salat tahajud yang dilakukan dengan penuh kesungguhan, khusyuk, tepat, ikhlas, dan kontinu dapat menumbuhkan persepsi, motivasi positif, serta dapat beradaptasi pada pola perubahan irama sirkadian dalam tubuh. Respons emosi positif (positive thinking) dapat menghindarkan reaksi stress. (Rehatta,1999)

Sedangkan menurut Moh. Sholeh, orang yang salat tahajud akan memenuhi dua strategi yaitu:

  1. Cognitive redefinition, dimana seseorang dibantu melihat masalh dari sisi pandang yang lebih positif.
  2. Cognitive restructuring, mengubah persepsi menjadi lebih realistis dan konstruktif tentang stressor.

hal ini dikarenakan esensi hikmah yang dapat diperoleh adalah hidup realistis dan selalu optimis dalam menghadapi berbagai problema hidup.

Dalam suatu penelitian Moh. Sholeh terhadap 41 siswa SMU Luqman Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah, hanya 23 yang sanggup bertahan salat tahajud selama sebulan penuh. Setelah diuji lagi tinggal 19 siswa yang bertahan salat tahajud selama dua bulan dari pukul 02.00-03.30.

Selanjutnya hormone kortisal mereka diukur di tiga laboratorium di Surabaya. Hasilnya, ditemukan bahwa kondisi tubuh seseorang yang rajin bertahajud secara ikhlas berbeda jauh dengan orang yang tidak melakukan tahajud. Mereka yang rajin tersebut memiliki ketahanan tubuh dan kemampuan individual menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi dengan stabil.

Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian lain yang menyebutkan bahwa manfaat sholat tahajud 40 hari yaitu terjaganya hormon kortisal tersebut karena jika hormon ini tinggi seseorang akan mudah berbuat salah, sulit berkonsentrasi, daya ingat juga menjadi kuarng baik

Menurut Haeri yang juga terlibat dalam penelitian itu menyebutkan, pada saat seseorang menggelar sajadah untuk menunaikan salat tahajud, ia berada dalam kondisi layaknya orang melakukan meditasi dan relaksasi atas kelenjar pineal. Manfaat salat tahajud yang lain pada saat matahari terbenam, kelenjar pineal mulai bekerja dan memproduksi hormon melatonin dalam jumlah besar dan mencapai puncak pada pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari. Hormon inilah yang kemudian menghasilkan turunan asam amino trytopham dalam jumlah besar pula.

Apa manfaat shalat tahajud secara Fisiologis?

Manfaat salat tahajud berikutnya ialah dpat menjadi sarana untuk mempertahankan melatonin dalam jumlah yang stabil. Hormon melatonin akan membentuk system kekebalan dalam tubuh dan membatasi gerak pemicu tumor seperti estroger.

Manfaat sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir dapat memberikan pengaruh tertentu pada tubuh. Setidaknya, pada gerakan berdiri tegak dan mengangkat takbir, gerakan ini membuat rongga toraks dalam pru-paru membesar sehingga menyebabkan oksigen masuk ke dalamnya. Ada kesegaran yang dirasakan ketika seseorang dapat menghirup udara segar ke dalam paru-paru di keheningan malam.

Ungkapan senada bahwa shalat tahajud mampu meningkatkan ketahanan tubuh, dikemukakan oleh Ketua Umum Perhimpunan Patobiologi Indonesia, Suhartono Taat Putra. Menurutnya, manfaat salat tahajud yaitu dapat memperkuat ketahanan tubuh karenan ketenangan yang diperoleh menyebabkan terjadinya keseimbangan tubuh.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup ‘menakutkan’. Semua orang bisa terkena penyakit kanker ini dengan tidak pandang bulu, kecil, tua, kaya, ataupun miskin. Ketika terserang penyakit itu, kita tetap diharuskan untuk berusaha mencari obat dan berobat ke mana saja semampu kita.

Barulah segala urusan diserahkan kembali kepada Allah SWT, sebab apapun yang datang kepada Kita tak lain Allah-lah yang menentukan. Pada hakikatnya melalui salat tahajud kita berusaha mendekat kepada-Nya dan mengetuk ‘pintu’ kasih sayang-Nya agar kita dibebaskan dari penyakit dan segala macam kesusahan.

Mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan kesehatan baik fisik maupun psikis kepada kita, anak cucu dan keluarga kita serta saudara-saudara kita. Amin Allahumma amin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!