Manfaat Menjaga Pandangan Bagi Orang Muslim

0
789

Di zaman yang semakin tua ini, dimana merupakan zaman yang kaya akan fitnah, pastinya kita dihadapkan pada hal-hal yang dapat dengan mudah memancing nafsu. Oleh karena itu, dalam ceramah agama penting sekali untuk kita selalu menjaga pandangan dari hal-hal yang dapat menimbulkan maksiat tersebut. Allah telah memerintahkan kepada hambanya untuk selalu menjaga pandangan, karena kajian islam tentang Manfaat Menjaga Pandangan Bagi Orang Muslim sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Manfaat Menjaga Pandangan Bagi Orang Muslim

Dengan mengetahui akibat dari tidak dapat menjaga pandangan, maka sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim untuk selalu berusaha menjaga pandangan dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah tersebut. Salah satu cara menjaga pandangan bagi kaum laki-laki yang masih bujang adalah segera menikah. Dan bagi yang telah menikah, apabila ia merasa lalai dari menundukkan pandangan hendaknya ia segera menemui istrinya tersebut.

Dalam kajian islam banyak manfaat dari menjaga pandangan yang dapat diperoleh oleh kaum muslim, apabila seorang muslim telah dapat menjaga pandangan dari hal-hal yang telah diharamkan oleh Allah. Adapun manfaat tersebut adalah :

Hati menjadi bersih

Manfaat dari menjaga pandangan yang pertama adalah membuat hati menjadi bersih. Seorang muslim yang terbiasa dapat menjaga pandangan, maka ia kan terhindar dari pemandangan yang haram, bukan haknya. Sehingga menjadikan hatinya selalu bersinar terang tidak diliputi dengan hal-hal yang dapat mendatangkan maksiat. Apabila hati bersih, maka dengan mudah dapat menerima petunjuk kebenaran, tajam dalam berfikir serta bertingkah laku mulia.

Badan menjadi sehat

Sering kita dengar di ceramah agama terdapat manfaat dari menjaga pandangan adalah menjadikan badan sehat, tidak mudah tertular penyakit. Dalam berita islam kita sering mendengar seseorang melakukan zina, oleh karena tidak dapat menundukkan mata terhadap perempuan yang memamerkan auratnya, lalu terjadilah zina, dan menyebabkan tertular berbagai macam penyakit. Seperti penyakit kulit dan yang lebih parah adalah penyakit kelamin. Oleh karena itu, beruntunglah bagi orang muslim yang mendapat pertolongan dari Allah untuk menjaga pandangan.

Mendapat pahala dari Allah

Setiap orang muslim yang berbuat kebaikan pasti akan mendapat balasannya yaitu berupa pahala. Begitu juga dengan orang muslim yang senantiasa menjaga pandangan. Karena kajian islam tentang menjaga pandangan jelas-jelas merupakan perintah Allah yang tertulis dalam Al Qur’an surat An Nur ayat 30 :

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. [1]

Menjadikan pribadi yang tangguh

Ketika seorang muslim menjalankan perintah Allah dengan ikhlas, maka sudah dapat dipastikan bahwa orang muslim tersebut telah berhasil memenangkan pertarungan dengan syaitan. Di mana syaitan ini akan selalu menggoda manusia agar melanggar perintah Allah. Dan menjaga pandangan tidaklah mudah, karena justru pemandangan yang haram nampak indah dalam pandangan duniawi yang akan selalu menawarkan kesenangan sesaat. Namun mendapat dosa dan siksa di akhirat kelak. Dan hanya orang-orang muslim yang tangguh dan mendapat pertolongan dari Allah lah yang dapat melalui godaan pandangan mata tersebut.

Salah satu ceramah agama yaitu tentang fitnah terbesar mendekati akhir zaman ini adalah fitnah perempuan. Mengapa demikian? Karena saat ini telah banyak wanita-wanita baik yang bukan muslim maupun yang muslim ketika keluar rumah tidak lagi menjaga aurat tubuhnya. Meskipun mereka berpakaian panjang namun banyak yang seperti tidak berpakaian. Hal ini karena pakaian yang mereka kenakan berbahan tipis atau juga menonjolkan lekuk tubuh. Dan ini sangat berbahaya bagi kaum laki-laki yang tidak dapat menjaga pandangan.

Bahaya bagi kaum muslim jika tidak dapat menjaga pandangan

Mata merupakan indra penglihatan yang mana mendasari kerja indra-indra yang lain. Ketika melihat sesuatu yang sangat menyenangkan biasanya akan ada keinginan untuk melihatnya lagi, merabanya atau menyentuhnya, kemudian memilikinya. Begitu juga ketika seorang laki-laki yang melihat seorang wanita dengan pakaian yang mengumbar aurat. Apabila tidak dibentengi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah pastinya pandangan tak mau dialihkan. Dan apabila hal tidak dapat menjaga pandangan, maka akan mengakibatkan lelaki tersebut paling tidak membayangkan perempuan tersebut. Sehingga timbulah zina hati, dan bisa jadi dosanya makin bertambah apabila lelaki tersebut juga membayangkan bersetubuh dengan perempuan tersebut seperti melakukan onani, masturbasi. Dan apabila syaitan telah memenangkannya, maka dapat mengakibatkan pemerkosaan yang dosanya sangat besar.

Jadi dalam kajian islam kali ini, bagi muslim yang selalu ingin berupaya menjaga pandangan harus terbiasa dengan berkepribadian yang tangguh dalam kehidupan sehari-harinya.

[1] surat An Nur ayat 30

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!