Manfaat Memiliki Akhlaqul Karimah dalam Diri Kita

0
5162

Manfaat memiliki akhlaqul karimah – Sebagai makhluk sosial, kita dituntut untuk bisa hidup harmonis dalam lingkungan masyarakat sekitar kita. Tidak hanya itu saja, lingkup sosial adalah ajang penghakiman dimana banyak orang melihat kepribadian anda dari perilaku anda dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih sebagai orang islam yang beriman dan beramal shalih. Banyak dari ajaran islam yang sebenarnya memiliki esensi yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial kita (seperti yang telah kami ulas dalam artikel kami sebelumnya disini). Untuk itu, memiliki akhlaqul karimah adalah suatu hal yang penting.

Dengan memiliki kepribadian yang mengedepankan budi luhur dan memiliki akhlakul karimah, akan banyak faidah yang bisa kita dapatkan dalam kehidupan sosial kita. Dalam kesempatan kali ini, tim Cahayaislam akan memberikan beberapa ulasan singkat tentang manfaat memiliki akhlaqul karimah dalam kehidupan kita.

Dekatnya pertolongan Allah kepada orang yang berakhlakul Karimah

Manfaat memiliki akhlaqul karimah yang pertama adalah Allah menjanjikan pertolongan bagi mereka yang memiliki akhlak yang baik. Ada hubungan timbal balik yang diberikan oleh Allah berdasarkan perilaku seseorang. Orang yang memiliki budi pekerti yang luhur akan menjadi orang yang luhur pula dimata orang banyak. Begitu juga sebaliknya, orang yang memiliki budi pekerti yang buruk, maka akan dilihat oleh banyak orang disekelilingnya sebagai orang yang tidka baik.

Dalam kehidupan masyarakat, praktik budi pekerti yang luhur (akhlaqul karimah) bisa diwujudkan dengan cara pergaulan yang baik dengan tetangga misalnya. Atau selalu ikut berpartisipasi aktif dengan kegiatan masyarakat dan ramah dengan warga sekitar serta ringan tangan (suka menolong). Orang yang suka menolong sesama pasti akan mudah mendapatkan pertolongan nanti ketika dia membutuhkan. Dan orang yang menghormati orang lain pasti akan disegani orang lain pula.

Meluluhkan hati orang-orang disekitarnya meskipun awalnya dibenci

Dengan membudayakan memiliki budi pekerti yang baik, selain akan mendapatkan timbal balik yang baik pula dari orang-orang disekitar kita, kita bisa juga meluluhkan hati mereka. Tidak peduli seberapa benci orang-orang kepada dirinya, namun bila dirinya bisa berinisatif untuk lebih banyak berbuat baik dan berakhlaqul karimah, maka orang-orang akan memperlakukan anda dengan baik pula. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits Ibn Khaban dan perintah Allah dalam surat Fusilat ayat 34.

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۚ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ

Bahkan dalam surat Fusilat 34 tersebut kita dianjurkan oleh Allah untuk membalas / menolak kejahatan atas kita dengan cara yang lebih baik dan dipenuhi kebaikan-kebaikan. Dan dengan hal itu, niscaya antara mereka yang saling memusuhi akan menjadi seperti kekasih yang setia.

Nah, kira-kira itulah beberapa ulasan manfaat memiliki akhlaqul karimah yang bisa tim Cahayaislam haturkan pada kesempatan kali ini, semoga kita bisa lebih berusaha lagi dalam membiasakan diri memiliki akhlaqul karimah sehingga kita bisa mendapatkan segudang manfaatnya. Insha Allah artikel ini akan bersambung, jadi tetap update terus ya sobat Cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!