Manfaat Bersyukur: Tidak Hanya Baik Namun Juga Menyehatkan Lho!

0
859

Apakah anda merasa hidup anda banyak tekanan dan anda merasa kurang bahagia serta sering tidak enak badan? Anda mungkin tidak perlu langsung pergi menemui dokter untuk berkonsultasi mengenai penyakit apa yang anda derita. Anda juga tidak perlu buru-buru pergi ke apotek terdekat untuk membeli obat stress relief untuk meredakan hal itu. Yang anda perlu lakukan hanyalah bertanya terlebih dahulu kepada diri anda sendiri, satu pertanyaan simpel: apakah anda kurang bersyukur?

Mungkin banyak dari anda akan menganggap kami sedikit kurang waras, sambil berkata “ya kalau sakit ya seharusnya pergi ke dokter lah! Dan lain sebagainnya. Anjuran kami untuk membuat anda bertanya kepada diri anda sebuah pertanyaan sederhana tersebut bukannya tidak berdasar. Telah banyak dilakukan penelitian-penelitian oleh para ahli terkemuka dari berbagai bidang didunia mengenai hal ini. Para ahli percaya bahwa bersyukur dan berterimakasih merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat baik untuk diri seseorang maupun lingkungan sekitarnya. Dalam islam sendiri, bersyukur merupakan sebuah hal wajib yang selalu ditekankan oleh Rasulullah SAW, kepada para umatnya serta diulang-ulang dalam firman Allah dalam Al-Qur’an lebih dari ratusan kali. Lalu penelitian apa saja sih yang membuktikan manfaat bersyukur untuk kesehatan?

Penemuan dan Riset manfaat bersyukur bagi Kesehatan

Salah satu penemuan yang terkenal adalah sebuah riset yang dilakukan oleh seorang ahli dari Kademi kesehatan keluarga di salah satu Universitas terkemuka di California, Paul J Mills yang mengungkapkan bahwa salah satu manfaat bersyukur adalah dapat meningkatkan rating variabilitas jantung manusia dalam berdetak. Hal ini meningkatkan sistem metabolisme tubuh manusia dan membuat mood berubah menjadi lebih baik sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Seperti yang kita ketahui, Nikmat Sehat merupakan nikmat yang luar biasa yang diberikan Allah kepada kita.

Dalil yang paling umum yang banyak orang Muslim ketahui perihal bersyukur adalah yang terdapat dalam Surah Ibrahim ayat 7, yang mengatakan bahwa ‘barangsiapa berkenan bersyukur kepada Allah, maka pastinya akan diberikan dan ditambah lebih banyak nikmat kepadanya’. Hal ini sejalan dengan sebuah penelitian yang telah dibukukan oleh Professor Emmons dalam buku penelitian ilmiah yang telah diterbitkan lebih dari ratusan copy. Buku berjudul New Science of Gratitute ini menjelaskan bahwa bersyukur tidak hanya meningkatkan kesehatan, namun juga menjadi sebuah trigger untuk bertambahnya nikmat dalam kehidupan kita.

Tentunya dalam hal bersyukur, sebagai seorang muslim yang berbudi yang luhur dan terpuji, kita tidak hanya dituntut untuk bersyukur kepada Allah, namun kita juga diwajibkan untuk bersyukur kepada sesama manusia. Seperti yang telah dijelaskan dalam salah satu hadis riwayat Ahmad bahwa ‘kita belum dikatakan bersyukur kepada Allah, bila kita belum bisa bersyukur kepada manusia lain’ yang menyiratkan bahwa kita haruslah senantiasa mengucapkan rasa syukur kita kepada orang lain disekitar kita. Hal ini juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan serta kebahagiaan kita.

Dalam beberapa buku yang telah tim Cahayaislam baca, terutama buku penelitian psikologi yang dilakukan oleh dua orang bernama Mano dan Barry yang berjudul ‘Giving better, giving smarter’ telah membuka cakrawala kami bahwa islam merupakan agama yang selalu mangajarkan nilai-nilai kebaikan, salah satunya dalam hal berterimakasih atau bersyukur.

Dalam buku tersebut Barry dan Mano menjabarkan bahwa tindakan bersyukur (baik itu secara lisan maupun dengan berderma) akan membuat orang yang melakukannya mendapatkan jiwa yang tenang. Hal ini dijelaskan dalam runtutan hubungan antara rasa syukur dan kesejahteraan dalam pendekatan psikologis manusia yang mana secara otomatis berpengaruh kepada kesehatan. Anda sudah tahukan manfaat bersyukur sekarang? Sudah banyak bersyukurkah anda?

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!