Manfaat Bersikap Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari

0
1298

Berlaku jujur sangat penting dilakukan dimanapun kita berada. Pengertian jujur sendiri dari segi bahasa adalah mengakui, berkata atau memberi suatu informasi sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi. Sikap jujur merupakan apa yang keluar dari hati nurani seseorang, bukan keluar dari hasil pemikiran yang melibatkan otak serta hawa nafsu. kajian islam tentang kejujuran sangatlah luas, sikap jujur ini pula yang selalu dicontohkan Rasulullah SAW kepada para umatnya. Sayangnya tak jarang sebagian orang kurang bisa bersikap jujur, bahkan mereka merasa kesulitan menjalankannya. PadahalĀ Manfaat Bersikap Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari sangatlah berpengaruh besar.

Manfaat Bersikap Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bersikap jujur

Didalam kajian islam tentang kejujuran sendiri setidaknya terdapat lima macam sifat jujur, yaitu :

Pertama Shidiq al Qalbi, merupakan sifat jujur yang penerapannya ada pada niat seseorang.

Shidiq al Hadits, merupakan sifat jujur yang penerapannya terdapat pada perkataan yang diucapkan.

Shidiq al amal, merupakan sifat jujur yang penerapannya terdapat pada perbuatan atau aktivitas seseorang.

Shidiq al Wa’d, adalah sifat jujur yang penerapannya terdapat dalam janji yang diucapkan.

Shidiq al Hall, yakni sifat jujur yang penerapannya ada dalam kenyataan yang terjadi dalam hidupnya.

Perlu diketahui bahwa tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang dilahirkan bersifat jujur, termasuk Rasulullah SAW sekalipun. kajian islam tentang kejujuran sendiri dibentuk dari proses pembiasaan diri, bukan sebuah pilihan. Bila sudah terbiasa berbohong, maka hal sekecil apapun pasti dia akan berbohong, karena sudah terbentuk pembiasaan diri untuk berbohong. Bersikap jujur pula akan mendatangkan beragam manfaat pada diri kita sendiri.

beberapa manfaat bersikap jujur

Hati tenang dan lega

Bila hati, pikiran, dan perilaku berlaku sama, maka akan mendatangkan ketentraman dalam hati, tanpa adanya rasa bersalah, cemas maupun penyesalan.

Disenangi orang lain

Bila melihat kajian islam tentang kejujuran dalam masyarakat dan bersikap jujur kepada siapapun, secara otomatis kita akan lebih disenangi orang lain dibandingkan orang yang gemar berbohong.

Dipercaya orang lain

Meskipun anda baru saja pindah ke lokasi tertentu, dengan bersikap jujur anda akan mudah dipercaya oleh orang lain disekitar anda.

Tips membiasakan diri bersikap jujur

Sangat besar sekali bukan manfaat bila kita bersikap jujur? Bagi anda, teman atau saudara yang mempunyai kebiasaan berbohong, cobalah merubah diri sedini mungkin dengan mengikuti beberapa tips membiasakan diri bersikap jujur berikut ini.

Selalu mengingat Allah

kajian islam tentang kejujuran yang pertama, tanamkan dalam benak anda bahwa Allah Maha Melihat, tak lupa selalu berdzikir agar terhindar dari sikap berbohong.

Lakukan sejak dini

Apabila anda sudah berperan sebagai orang tua, tanamkan nilai kejujuran pada anak kita sejak dini. Tapi bila anda sudah dewasa dan ingin berubah, masih belum ada kata terlambat. Mulailah dari hati dengan memantapkan hati untuk berubah. Kemudian disusul dengan perkataan yang dilontarkan, kemudian disempurnakan menggunakan perbuatan.

Konsisten

Tak lupa bila niat dalam hati telah mantap, anda harus melakukan perubahan ini secara konsisten. Karena pembiasaan diri tersebut jadi modal utama pembentukan kejujuran dalam diri seseorang.

Mulai dari hal sederhana

Untuk mencoba pembentukan kejujuran, mulailah dari hal sederhana terlebih dahulu, dilanjutkan dengan kebiasaan hingga menjadi sifat yang melekat dalam diri.

Bila melihat kajian islam tentang kejujuran ini, merubah sifat pembohong dengan kejujuran memang terlihat mudah. Tapi terkadang cukup sulit merubah sebuah kebiasaan, akan tetapi bila telah ada komitmen dalam diri pastinya semua akan terasa ringan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!