Kisah Nabi Muhammad SAW: Kematian Paman dan Istri Rasulullah

0
665

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang menjadi teladan bagi semua umat muslim. Menurut beberapa pakar sejarah. Nabi Muhammad lahir pada hari senin, malam 12 rabiul awal d makkah, lebih tepatnya pada awal tahun gajah. Kisah nabi Muhammad SAW berdakwah islam memang sangat berat. Pada masa itu masih dalam masa jahiliyah. Kejahatan masih banyak ditemukan dan masih banyak orang yang belum mengenal Allah SWT. Sehingga perjuangan nabi Muhammad begitu berat. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang perjuangan nabi Muhammad setelah wafat paman beliau abu thalib dan istrinya tercinta khadijah.

Wafatnya Abu Thalib, Paman Rasulullah

Nabi Muhammad SAW termasuk manusia yang paling sabar dan ridho menghadapi semua ujian. Salah satu peristiwa yang paling sedih bagi Rosullullah adalah ketika wafatnya abu thalib pamannya. Abu thalib meninggal ketika masih memegang agama jahilliyah, inilah yang membuat nabi Muhammad semakin bersedih. Abu thalib yang sudah merawat nabi Muhammad sejak berumur 8 tahun. jadi hubungan keduanya begitu dekat. Tak hanya menjadi paman tetapi juga menjadi seorang sahabat perjuangan. Walaupun agama yang didakwahkan nabi Muhammad berbeda dengan keyakinannya, tak membuat rasa cinta dan tetap melindungi keponakannya. Kisah nabi Muhammad dan abu thalib ini memang menginspirasi banyak orang.

Ketika abu thalib sakit sampai ke kematian, kisah nabi Muhammad selalu berjuang supaya pamannya mendapat kebahagiaan setelah kematiannya. Ia menawarkan pamannya untuk bersyahadat, tetapi sampai akhir hayatnya beliau tidak mau mengucapkan syahadat, selama masa hidupnya, nabi Muhammad sudah mendekati dengan tulus untuk masuk islam ke abu thalib, tetapi belum bisa menyentuh lubuk hatinya. Kalau Allah tak berkehendak, maka tidak ada satupun orang yang bisa memberinya petunjuk. Dari said bin al mussyaib, ia berkata “ menjelang wafatnya abu thalib, rosulullah shallAllahu alaihi wa sallam menemuninya. Disitu datanglah abdullah bin abi umayyah bin al mughirah dan abu jalal. Lalu beliau bersabda “ wahai paman, ucapkanlah laa ilaaha illallaah. Dengan kalimat ini, akan aku bela engkau nanti di sisi Allah”.

Allah sendiri pun kemudian mendapatkan wahyu dari Allah tentang kematian Pamannya tersebut dalam surat At Taubah 113. Tentang dirinya yang tidak patut sebagai Rasulullah memintakan Ampun pada orang yang kufur meskipun dia adalah dari golongan keluarganya. Sungguh hidayah itu milik Allah.

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَىٰ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Wafatnya Khadijah, istri tercinta Rasulullah

Kisah nabi Muhammad memang sangatlah banyak sekali. Wafatnya khadijah termasuk peristiwa yang begitu menyedihkan bagi nabi Muhammad. Khadijah merupakan istri pertama nabi Muhammad dan menjadi istri yang paling dicintainya. Khadijah wafat pada hari ke 11 bulan ramadhan. Wafat di usia 65 tahun. Banyak yang dikatakan khadijah sebelum meninggal. Meminta maaf kepada rosulullah, memberi pesan ke anaknya dan masih banyak sekali. Nabi Muhammad begitu mencintai istrinya. Berjuang bersama untuk mengajarkan islam.

Konon ceritanya, ada yang mengatakan bahwa Kain kafan yang digunakan untuk mengkafani khadijah diberikan langsung oleh malaikat jibril. Malaikat jibril turun mengucapkan salam dan memberikan lima kain. Lima kain tersebut akan diberikan untuk khadijah, nabi muhmaad, ali, fatimah dan hasan. Pengorbanan khadijah memang begitu besar. bahkan ketika keduanya memiliki ekonomi yang begitu sedikit, tak membuat kecintaan khadijah ke rosulullah berkurang. Padahal dulu khadijah seorang saudagar kaya raya. Kisah nabi Muhammad SAW ini bisa menjadi teladan untuk banyak orang.

Kisah nabi Muhammad setelah wafat paman dan istrinya memang semakin berat. Beliau kehilangan orang-orang tersayangnya dalam waktu berdekatan. Dua istrinya meninggal terlebih dahulu. bahkan anak-anaknya pun meninggalkannya satu persatu. Mereka meninggal terlebih dahulu. Banyak musibah yang terjadi. Tetapi tidak membuat perjuangan dakwah nabi Muhammad berhenti untuk mengajarkan islam ke semua umatnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!