Kisah Nabi Muhammad Dalam Peristiwa Perang Badar

0
263

Sobat muslim semuanya pasti sudah tidak asing lagi dengan Perang yang terjadi di bukit Badar ini memang merupakan salah satu kejadian yang tetap melegenda hingga saat ini. Sedikit informasi sobat bukit badar ini merupakan sebuah lembah yang terletak diantara Makkah dan Madinah yang mana ada bagian timur bukit ini diberi nama Udwah al qushwa sedangkan pada bagian barat diberi nama “udwah ad Dunya”. Perang yang terjadi antara umat muslim dengan kaum kafir ini memang meninggalkan duka yang sangat mendalam. Nah, sobat yang budiman untuk itu kami akan berbagi mengenai Kisah Nabi Muhammad Dalam Peristiwa Perang Badar. Yuk simak baik-baik sobat.

Kisah Nabi Muhammad dalam Peristiwa Perang Badar

dalam setiap keadaan perang Rasullulah tidak hanya diam begitu saja namun ia terus menerus membangkitkan semangat perjuangan pasukannya hingga pasukannya dapat gigih dalam berperang. Yang mereka ketahui adalah imbalan mati syahid ketika berjuang di jalan Allah. Perang yang melegenda ini merupakan salah satu kisah nabi Muhammad yang sangat menggugah semangat juang, bagaimana tidak, perang yang terjadi antara kaum muslim dengan kaum Quraisy karena perbedaan agama itu terjadi dengan kekuatan yang tidak seimbang. Bagaimana tidak, kaum Quraisy membawa pasukan sebanyak kurang lebih seribu tentara sementara kaum muslim yang dipimpin oleh Rasulullah hanya membawa pasukan dengan jumlah 313 orang. Namun meskipun kekuatannya tidak seimbang kaum muslim tidak gentar melawan musuh.

Perang badar tidak hanya terjadi dengan keadaan yang tidak seimbang, namun dalam perang tersebut juga terjadi peristiwa ayah melawan anak, paman melawan keponakan, kakak melawan adik hingga sesama saudara juga berperang. Di tengah-tengah keadaan genting peperangan Utbah bin Rabiah berteriak “kenapa tidak kita biarkan saja Muhammad melakukan apa yang dia mau?” nah sedikit informasi juga sobat Utbah bin Rubiah ini merupakan orang yang pernah ketakutan ketika melawan Rasullullah.

Setelah mendengar ucapan tersebut maka akhirnya Kaum Quraisy sadar jika mereka tetap berperang berarti mereka berperang melawan saudara mereka sendiri. Banyak yang mendukung usulan tersebut, namun Abu Jahal tetap tidak mau dan marah kepada pasukannya dengan wajah penuh amarah ia berteriak “Pulanglah kalian semua menyusul kepada ibuku kalau kalian takut berperang melawan Muhammad”. Saat itu Abu Jahal ingin sekali melihat Rasulullah terbunuh . sebagai seorang yang disegani di kalangan Kaum Quraisy maka seluruh pasukannya menuruti apa yang telah dikatakannya hingga akhirnya mereka berperang melawan saudara mereka sendiri.

Namun meskipun kaum muslimin berperang dengan pasukan yang sedikit atas pertolongan Allah akhirnya mampu memenangkan pertempuran berkat kepemimpinan Nabi Muhammad serta semangat pasukannya yang membara. Bayangkan sobat kaum muslimin yang hanya berjumlah 313 orang harus melawan kaum kafir yang berjumlah ribuan. Namun, Allah maha pengasih dan pemberi pertolongan kepada hambanya yang membela agama Allah. Dan akhirnya Abu Jahal sebagai panglima perang tewas juga serta sebanyak 70 kaum Quraisy tewas dari pihak Quraisy sendiri dan 70 lainnya lagi menjadi tawanan. Adapun dari pihak kaum muslimin hanya ada 14 orang yang tewas dalam peperangan dan mati dalam keadaan syahid.

Kisah Nabi Muhammad yang mengandung nilai keteladanan tinggi

Tidak hanya berbicara dibelakang layar, namun dalam kisah Perang Badar ini Rasullullah ikut berperang dengan gigih melawan musuhnya.

Tidak hanya membantu secara fisik namun beliau juga berdoa memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam berperang , adapun dalam hal ini juga diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Muslim nomor 1763 bahwa Rasulullah mengucap doa, dan salah satu doa yang diucapkan adalah seperti berikut ini “ Ya Allah Azza wa Jallya, penuhilah janji-mu kepadaku , Ya Allah Azza wa Jalla berikanlah apa yang telah engkau janjikan kepadaku, Ya Allah Azza Wa Jalla jika engkau membinasakan pasukan Islam maka tidak ada yang akan beribadah kepadamu di muka bumi “.

Pemimpin yang gigih dalam memperjuangkan kebenaran

Nah, inilah sobat kisah Nabi Muhammad dalam Perang Badar yang dapat sobat ambil hikmahnya, semoga dari uraian singkat ini dapat memotivasi sobat semua untuk selalu semangat memperjuangkan kebenaran Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!