Kisah Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW Lengkap dari Awal Sampai Akhir (Part 3)

0
577

Dikisahkan dalam hadits riwayat Bukhari 3887 sebelumnya. Rasulullah berkesempatan bertemu dengan Nabi Adam, Nabi Isa dan Yahya, Nabi Yusuf, Nabi Idris dan Nabi Harun. Beliau bersama Jibril kembali melanjutkan perjalanan menuju langit level 6. Siapa lagi sosok yang akan beliau temui kali ini?

ثُمَّ صَعِدَ بِي حَتَّى أَتَى السَّمَاءَ السَّادِسَةَ، فَاسْتَفْتَحَ، قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ‏.‏ قِيلَ مَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ‏.‏ قِيلَ وَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ قَالَ نَعَمْ‏.‏ قَالَ مَرْحَبًا بِهِ، فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ، فَلَمَّا خَلَصْتُ، فَإِذَا مُوسَى قَالَ هَذَا مُوسَى فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَرَدَّ ثُمَّ قَالَ مَرْحَبًا بِالأَخِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ‏.‏ فَلَمَّا تَجَاوَزْتُ بَكَى، قِيلَ لَهُ مَا يُبْكِيكَ قَالَ أَبْكِي لأَنَّ غُلاَمًا بُعِثَ بَعْدِي، يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِهِ أَكْثَرُ مَنْ يَدْخُلُهَا مِنْ أُمَّتِي‏.‏ ثُمَّ صَعِدَ بِي إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ، فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ، قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ‏.‏ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ‏.‏ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ‏.‏ قَالَ نَعَمْ‏.‏ قَالَ مَرْحَبًا بِهِ، فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ فَلَمَّا خَلَصْتُ، فَإِذَا إِبْرَاهِيمُ قَالَ هَذَا أَبُوكَ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ‏.‏ قَالَ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَرَدَّ السَّلاَمَ قَالَ مَرْحَبًا بِالاِبْنِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ‏.‏ ثُمَّ رُفِعَتْ لِي سِدْرَةُ الْمُنْتَهَى….الحديثِ

Pertemuan dengan Nabi Ibrahim dan Nabi Musa yang menangis pilu

Jibril mengantarkan Rasulullah menuju pintu langit keenam dimana ada seseorang dibalik pintu tersebut menanyakan hal yang sama seperti di langit sebelumnya, yakni tentang siapa yang mengetuk pintu dan siapa yang bersama Jibril. Singkat cerita Rasulullah dipersilakan untuk masuk ke langit keenam dimana Beliau bertemu dengan sosok lelaki gagah perkasa yang ternyata adalah Nabi Musa.

Utusan Allah yang terkenal dengan sepak terjangnya dalam menghadapi raja laknat Mesir bernama Firaun dan akhirnya menenggelamkannya beserta bala tentaranya yang kufur ketika membelah laut merah dengan tongkatnya atas izin Allah tersebut menyambut Rasulullah dengan hangat. Sejurus ketika Rasulullah hendak meninggalkan beliau setelah saling menyapa dan menghormati satu sama lain. Rasulullah melihat air mata berlinang di pipi Nabi Musa.

Rasulullah penasaran tentang kenapa Nabi Musa menangis saat itu dan bertanya kepadanya. Nabi Musa menjawab dia menangis karena ada seorang pemuda yang diutus oleh Allah setelahnya, dimana pengikutnya yang masuk surga lebih banyak dibandingkan pengikutnya. Rasulullah melanjutkan perjalanannya bersama Jibril ke langit ketujuh dimana beliau bisa bertemu dengan nabi Ibrahim yang terkenal karena sikapnya yang berwibawa dan bijaksana.

Sidratul Muntaha dengan pohon lote dan Rumah suci

ثُمَّ رُفِعَتْ لِي سِدْرَةُ الْمُنْتَهَى، فَإِذَا نَبِقُهَا مِثْلُ قِلاَلِ هَجَرَ، وَإِذَا وَرَقُهَا مِثْلُ آذَانِ الْفِيَلَةِ قَالَ هَذِهِ سِدْرَةُ الْمُنْتَهَى، وَإِذَا أَرْبَعَةُ أَنْهَارٍ نَهْرَانِ بَاطِنَانِ، وَنَهْرَانِ ظَاهِرَانِ‏.‏ فَقُلْتُ مَا هَذَانِ يَا جِبْرِيلُ قَالَ أَمَّا الْبَاطِنَانِ، فَنَهَرَانِ فِي الْجَنَّةِ، وَأَمَّا الظَّاهِرَانِ فَالنِّيلُ وَالْفُرَاتُ‏.‏ ثُمَّ رُفِعَ لِي الْبَيْتُ الْمَعْمُورُ، ثُمَّ أُتِيتُ بِإِنَاءٍ مِنْ خَمْرٍ، وَإِنَاءٍ مِنْ لَبَنٍ وَإِنَاءٍ مِنْ عَسَلٍ، فَأَخَذْتُ اللَّبَنَ، فَقَالَ هِيَ الْفِطْرَةُ أَنْتَ عَلَيْهَا وَأُمَّتُكَ….الحديثِ

Rasulullah kemudian melanjutkan perjalanannya bersama jibril naik lebih tinggi hingga ke sidratul muntaha dimana disana ada banyak pohon lote yang merupakan batas-batas langit tertinggi dimana dibaliknya ada ars Allah yang maha agung. Pohon lote itu dikisahkan dalam hadits tersebut memiliki buah yang besar dan daun yang selebar telinga gajah. Disekitar pohon tersebut ada empat sungai besar. Dua sungai bisa dilihat, sedangkan dua sungai tidak bisa terlihat.

Menurut penuturan Jibril, dua sungai yang tidak bisa terlihat tersebut adalah sungai yang mengalir di taman-taman surga. Disitu pula terdapat rumah suci yang dinamakan Al Bait al Makmur dimana didalamnya Rasulullah dijamu dengan minuman penuh dengan anggur, susu, dan madu…. bersambung

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!