(Kisah Islami) Mengintip Kisah Dahsyat Peperangan Khaibar

0
956

Mungkin masih sedikit orang yang tahu tentang perang khaibar. Khaibar merupakan suatu daerah yang ditinggali oleh kaum yahudi, setelah mereka diusir oleh Rasulullah SAW dari Madinah. Mereka diusir dari madina karena telah melanggar perjanjian damai yang sudah disepakati. Kisah islami kali ini akan menceritakan banyak hal tentang perjuangan nabi muhammad SAW. Di khaibar orang yahudi merencannakan makar untuk membalas dendam kepada nabi muhammad SAW, kaum muslim dan juga islam.

Pasukan Perang Khaibar

Berlatar belakang dendam orang yahudi kepada islam yang beraneka ragam, dari mulai terusirnya bani nadhir, bani qainuqa, pembantaian terhadap bani quraizhah, terbunuhnya dua orang tokoh yahudi dan masih banyak lainnya. Disinilah awal mula kisah islam tentang perang khaibar akan dimulai. Sekitar bulan muharram tahun ke tujuh hijirah. Nabi muhammad SAW bersama dengan 1400 sahabat, berangkat dari hudaibiyah menuju ke khaibar. Kepulangan dari khaibar, Allah menurunkan Quran surat al fath ayat 20.

وَعَدَكُمُ اللَّهُ مَغَانِمَ كَثِيرَةً تَأْخُذُونَهَا فَعَجَّلَ لَكُمْ هَٰذِهِ وَكَفَّ أَيْدِيَ النَّاسِ عَنْكُمْ وَلِتَكُونَ آيَةً لِلْمُؤْمِنِينَ وَيَهْدِيَكُمْ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا

“Allah menjanjikan kepada kamu harta rampasan yang banyak yang dapat kamu ambil, maka disegerakan-Nya harta rampasan ini untukmu dan dia menahan tangan manusia dari (membinasakan) mu (agar kamu mensyukurinya) dan agar hal itu menjadi bukti bagi orang-orang mukmin dan agar dia menunjuki kamu kepada jalan yang lurus” dari ayat tersebut Allah menjanjikan harta rampasan yang berlimpah dari perang khaibar. Orang-orang yahudi tidak akan pernah tahu, kalau orang islam yang akan memenangkan peperangan. Inilah yang membuat cerita dari kisah islam ini semakin menarik untuk disimak.

Janji Allah atas kemenangan umat islam di khaibar

Dari hasil rampasan akan menjadi balasan untuk kesabaran, jihad dan keikhlasan yang diperoleh para sahabat. pada waktu itu nabi muhammad dan para sahabat berangkat dengan yakin dan penuh percaya diri. Mereka percaya dengan janji Allah yang akan diberikan di perang khaibar. Kisah islami perang khaibar ini merupakan perkampungan yang beitu kuat dan kokoh. Bahkan senjata yang mereka gunakan sudah sangat canggih. Semua pasukan berjalan tetap dengan percaya diri yang tinggi dan mengucapkan takbir dan tahlil dengan suara tinggi. Hingga rosullAllah mengingatkan untuk tetap merendahkan suara. Karena Allah maha dekat, dia tidak jauh dan tidak tuli. Akan selalu mendengar seruan dari hambanya.

Menjelang subuh, pasukan sudah sampai di khaibar. Orang yahudi tidak mengetahui hal tersebut. pada saat akan berangkat kerja, para orang yahudi terkejut dengan kedatangan para tentara sahabat Rasullullah SAW. Kaum muslimin langsung melakukan pengepungan dan menyerang semua benteng yahudi. Tapi sayangnya kaum muslimin belum berhasil mengepung semuanya. Esok harinya para sahabat langsung menemui nabi muhammad SAW. Rasullulah langsung mencari ali, tapi ali sedang sakit mata. Dipanggilah ia dan meludahi matanya. Langsung sembuh mata ali dan memberikan bendera perang ke ali.

Kisah islami perang khaidar ini memang cukup sengit, antara kaum muslimin dan orang yahudi kaum muslimin berhasil masuk ke setiap benteng pertahanan dari orang yahudi. Sampai akhirnya kemenangan mutlak didapatkan oleh kaum muslimin. Puluhan orang yahudi meninggal dunia. Wanita dan anak-anak ditawan. Dalam tawanan tersebut termasuk shofiyah binti huyai yang akhirnya dibeli rasullullah dan diajak masuk islam serta dinikahinya.

Walaupun perang khaibar dimenangkan oleh kaum muslimin, tidak akan pernah membuat kaum yahudi berhenti untuk melakukan makar ke nabi muhammad SAW. Dalam perang, sudah beberapa kali, ingin membunuh nabi muhammad SAW. Nabi pun memilih untuk mengusir dari khaibar dan meminta perjanjian perdamaian. Itulah sedikit kisah islami tentang perang khaidar yang cukup melegenda.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!