Kisah Islami Inspiratif: Analogi Tentang Kebiasaan Melalaikan Shalat

0
1364

Kisah islami inspiratif – Tersebutlah seorang istri yang terlihat sedang terlihat letih kembali pulang dari kantor tempat dia bekerja kembali kerumahnya. Kira-kira jam waktu itu menunjukkan pukul 17:00 sore. Dia membuka pintu rumah mewahnya kemudian langsung merebahkan dirinya ke sofa besar di ruang keluarga.

Suaminya yang sudah lebih dahulu pulang dari tempat kerjanya juga melihat istrinya yang tampak kelelahan itu. Dia mendatangi istrinya untuk memberi kecup kening dan pelukan yang hangat untuk sekedar membantu melepaskan penat istrinya barang sedikit. Suaminya sembari bertanya “Sayang, kamu sudah shalat Ashar belum? Ini sudah jam 5 lho” – ucapnya ringan namun hangat

“Belum pa, nanti deh… aku lagi capeeek banget nih” – jawab istrinya pendek penuh alasan, suaminya menghela nafas.

“Ayolah sayang, ini sudah jam 5 lho.. sebentar lagi masuk waktu maghrib, shalat itu harus tepat waktu” nasihat suaminya. Namun sang istri tetap acuh dan memejamkan matanya hingga akhirnya dirinya kelewatan sampai waktu shalat Isya.

***

Keesokan harinya suaminya hendak melakukan dinas keluar kota. Dia berangkat pagi-pagi sekali karena memang kolega-koleganya beserta pimpinannya berangkat lebih dini. Perjalanan keluar kota itu hanya butuh waktu sekitar 3 jam. Biasanya bila sang suami pergi keluar kota, dia akan langsung menelepon istrinya setelah sampai. Namun, kali ini tidak biasa. Sudah 5 jam dari jam keberangkatan, tidak ada tanda-tanda telepon berdering dari sang suami.

Istrinya sangat cemas, hingga akhirnya dia mencoba mengirim beberapa SMS, chatting di WhatsApp, serta misscall beberapa kali ke handphone sang suami. Semua pesan masuk dan telepon juga tersambung, namun tidak ada tanda-tanda respon dari sang suami. Satu jam berlalu, dua jam berlalu belum juga ada tanda-tanda dari sang suami menelepon istrinya. Sang istri dipenuhi rasa cemas bercampur curiga.

Setelah tiga jam berlalu handphone sang istri berdering. Cepat-cepat dia angkat panggilan telepon itu yang notabene adalah suaminya. Dengan cepat sang istri bertanya kepada suaminya “Sayang, semuanya baik-baik saja kan? Kamu sampai dengan aman?” – tanya sang istri terbata-bata.

“Alhamdulillah aku sampai dengan aman dan selamat, sejak 4 jam yang lalu” jawab sang suami singkat dengan nada datar

Mendengar itu sang istri bertanya dengan nada marah “Lalu kenapa kamu baru meneleponku sekarang jika kamu sudah sampai disana 4 jam yang lalu?” – timpal sang istri

“4 jam yang lalu aku baru sampai dan sangat lelah, jadi aku tidur sebentar” – jawab sang suami ringan

“Memangnya membutuhkan berapa menit sih untuk menelepon dan mengabariku?? Apa nggak bisa?? Apakah kamu nggak mendengar dering telepon ketika aku mengirimi ratusan pesan dan meneleponmu tadi” – jawab istri dengan sangat geram. Sang suami kemudian menjawab santai dengan kata “ya, aku dengar kok”

***

Mendengar jawaban dari suaminya tersebut, sang istri mulai terisak tangis sembari berkata “Apakah kamu sudah tidak sayang lagi kepadaku?” ucap sang istri sedih.

Mendengar itu sang suami terkekeh, kemudian menimpali “Aku sangat sayang padamu istriku, aku mencintaimu… aku hanya ingin menunjukkan kepadamu betapa tidak nyamannya menunggu. Kamu lalai dalam shalat Ashar kemarin dengan alasan lelah dan ingin tidur sebentar, padahal shalat hanya membutuhkan beberapa menit untuk dilakukan. Allah mencintaimu seperti diriku, dan sekarang kamu tahu bagaimana gelisahnya Allah menunggu-nunggu kabar darimu dalam lantunan doa-doa dalam shalatmu? Apakah kamu sudah tidak sayang lagi kepada Allah?” – ucap sang suami menasihati.

“kamu benar suamiku, maafkan aku. Aku berjanji tidak akan lalai lagi dalam Shalat” – jawab sang istri kemudian.

Apa bisa dipetik dari kisah islami inspiratif diatas?

Shalat merupakan kewajiban bagi semua orang islam di muka bumi ini. Kita memiliki waktu 24 jam dan shalat 5 waktu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk dilakukan, maka dari itu jangan sampai kita lalai dalam melaksanakannya dengan alasan apapun. Karena dengan tertib melaksanakan shalat, rasa sayang kita kepada Allah dan sebaliknya akan terus terpelihara dengan baik. Semoga menjadi kisah islami inspiratif yang bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!