Kisah Fabel Islami Kelinci Yang Sombong

0
1451

Sobat cahaya islam pasti pernahkah membaca kisah mengenai dunia hewan? Yaps kisah dunia ini hewan ini sering disebut dengan fabel. Fabel merupakan sebuah kisah atau cerita yang sangat menarik. Kisah fabel ini biasanya disukai oleh anak-anak. Bagi anda seorang muslim, pasti menginginkan terdapat kisah fabel islami. Berikut ini salah satu kisah fabel islami kelinci yang sombong yang dapat kita ambil pelajaran didalamnya.

Kisah Fabel Islami Kelinci Yang Sombong

Dalam kisah fabel islami ini, akan menceritakan kelinci dan kura-kura. Di dalam sebuah hutan, hiduplah berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan. Salah satu hewan yang ada hidup di hutan tersebut adalah kelinci. Hewan bernama kelinci tersebut mempunyai kelebihan diantara hewan hutan lainnya. jenis hewan yang satu ini memiliki bulu yang sangat halus. Selain itu, kelinci tersebut juga sangat cepat saat berlari.

Akan tetapi sobat cahaya muslim, dalam kisah fabel islami ini, hewan bernama kelinci tersebut sangatlah sombong. Ia sering menghina hewan lain yang lebih rendah darinya. Baik lebih rendah dalam hal rupa maupun yang lainnya. karena sifat sombongnya inilah, maka banyak hewan penghuni hutan yang tidak menyukai sang kelinci. Hewan-hewan penghuni hutan jarang yang mau bermain bersama dengan kelinci tersebut.

Pada suatu hari di hutan tersebut, kelinci melihat seekor kura-kura yang jalannya sangat lambat. Ia kemudian mengatakan kepada sang kura-kura bahwa jalannya sangat lambat, sang kelinci itu mengatakan bahwa ia lebih hebat dan cepat dari sang kelinci. Mendengar perkataan tersebut, sang kura-kura sedikit tersinggung. Ia kemudian menantang kelinci untuk adu balapan lari dengan disaksikan oleh seluruh hewan penghuni hutan. Dalam kisah kelinci sombong ini. Maka hewan bernama kelinci tersebut sangat menyetujuinya. Ia sesumbar bahwa besok akan memenangkan pertandingan lari tersebut dengan sangat mudah.

Keesokan harinya, semua hewan pun berkumpul di lokasi pertandingan lari tersebut, sang kura-kura dan kelinci pun telah hadir di tempat pertandingan. dengan sombongnya mengatakan bahwa ia akan menang dengan mudah. Sebelum pertandingan dimulai, kelinci dan kura-kura melakukan pemanasan. Kemudian mereka menuju garis start. Sobat cahayaislam, kisah fabel islami tentang kelinci yang sombong pun berlanjut. Saat mendengar aba-aba lari dimulai, secepat kilat kelinci langsung berlari meninggalkan kura. Dia lari sangat cepat, karena merasa sudah dekat dengan garis finish, ia pun istirahat terlebih dahulu di bawah sebuah pohon yang rindang.

Karena merasa nyaman berada di bawah pohon, akhirnya sang kelinci pun tertidur. Ia tertidur sangat pulas. Sementara itu, sang kura-kura berjalan secepat mungkin agar bisa mengalahkan kesombongan kelinci. Dalam kisah fabel islami ini, sang kura-kura melihat kelinci yang sedang tertidur. Ia tetap berjalan mendekati garis finish, saat tinggal beberapa langkah kura-kura sampai garis finish, kelinci baru terbangun dari tidurnya. Dia kaget dan tersadar, lalu mengejar sang kura-kura. Akan tetapi semua itu sia-sia karena sang kura-kura sudah sampai pada garis finish terlebih dahulu.

Semenjak kejadian itu, sifat kelinci pun berubah. Dia tidak lagi menghina teman-teman sesama penghuni hutan. Sang kelinci bahkan sekarang suka membantu sesama hewan yang sedang kesusahan, sejak saat itulah, maka banyak hewan yang mau berteman dengan kelinci.

Hikmah Dalam Kisah Kelinci Yang Sombong

Dalam kisah fabel islami diatas kita dapat mengambil pelajaran. Pelajaran dalam kisah fabel tersebut adalah sifat sombong bukan merupakan sebuah watak yang baik. Karena pada hakekatnya yang boleh sombong hanyalah Allah Semata. Hal ini sesuai dengan sabda nabi sebagai berikut ini.

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia”. [HR. Muslim, no. 2749, dari ‘Abdullah bin Mas’ûd]

Dalam Al Qur’an pun Allah Melarang sifat sombong. Firman Allah tersebut terdapat dalam sebuah surat Al Baqarah ayat 206 yang berbunyi:

وَإِذَا قِيلَ لَهُ اتَّقِ اللَّهَ أَخَذَتْهُ الْعِزَّةُ بِالإثْمِ فَحَسْبُهُ جَهَنَّمُ وَلَبِئْسَ لْمِهَادُ

Dan apabila dikatakan kepadanya: “Bertakwalah kepada Allah”, bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahanam. Dan sungguh neraka Jahanam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.

Demikianlah kisah fabel islami tentang kelinci yang sombong. Semoga kita semua mampu menghindarai salah satu sifat tercela yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan menghindari sifat ini, maka kita akan di sayang oleh manusia dan Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!