Kiat Ampuh Istiqomah Dalam Islam Dan Kebaikan

0
1354

Mungkin anda tidak asing dengan kata istiqomah. Sebuah kata yang sangat mudah untuk dikatakan tapi sulit untuk dilakukan. Istiqomah berarti menjalankan perintahnya dengan teratur dan menjadi lebih baik terus menerus. Istiqomah ini selalu berhubungan dengan kebajikan. Banyak muslim yang ingin selalu istiqomah, pasti banyak yang gagal karena adanya cobaan yang menghalangi. Misalnya seorang wanita yang ingin memakai hijab syar’i terus menerus. Oleh karena itu dia harus istiqomah. Banyak orang yang membutuhkan Kiat Ampuh Istiqomah Dalam Islam Dan Kebaikan agar bisa terus terjaga.

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:” Rabb kami ialah Allah kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan) “ janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah kamu dengan memperoleh surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. (Qs Fushilat:30).

Dari ayat tersebut, kita bisa mengambil motivasi hidup dalam islam bahwa ketika kita selalu istiqomah dijalannya maka akan diberikan janji yang luar biasa. Bahkan malaikat akan turun memberikan kebaikannya dan kita juga dijanjikan surga oleh Allah SWT. Dalam kesempatan kali ini, kita akan memberikan beberapa kiat ampuh untuk selalu istiqomah di jalannya.

Kiat Ampuh Istiqomah Dalam Islam Dan Kebaikan

Baca Dan Pahami Al Qur’an

Al Quran diturunkan ke bumi sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia. Untuk memperteguh iman seseorang. Untuk bisa tetap istiqomah di jalannya, kita harus selalu membaca dan memahami isi Al Qur’an. Di dalam Al Qur’an terdapat banyak sekali ajaran tentang hidup, sunah, sejarah islam dan masih banyak lainnya. Hal ini bisa dijadikan motivasi hidup dalam islam. Tanpa adanya Al Qur’an, umat islam di dunia ini tidak memiliki pegangan hidup. Tak hanya Al Quran saja yang bisa menjadi pegangan kita tapi juga hadist, jangan hanya membacanya, tapi cobalah untuk mengamalkan dan memahami semua isi Al Quran dan hadist.

Mulailah Dengan Amalan Sederhana

Buat orang yang pertama kali memulai untuk istiqomah, pasti akan mengalami banyak hal sulit. Mungkin akan sulit melakukan amalan yang susah dan besar. mulailah dengan hal yang kecil terlebih dahulu. mulai dari diri anda sendiri. Ini akan menjadi motivasi hidup dalam islam yang mudah. Misalnya anda ingin berhijab, mulailah dengan membuang semua baju yang tidak menutup aurat, lalu cobalah untuk membantu teman, bersedekah, shalat dhuha dan masih banyak lainnya. Ini akan membantu istiqomah anda di jalan Allah, lebih mudah. tak perlu langsung melakukan perubahan secara drastis, mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Yakin Dengan Balasan Dari Allah SWT

Yakinkan diri anda sendiri, bahwa ada balasan yang baik dari Allah SWT. Jika kita melakukan kebaikan, pasti akan dibalas dengan kebaikan juga. Jika kita selalu istiqomah di jalannya. Pasti akan memberikan kebaikan buat kita. Pasti akan ada balasan di akhirat nanti. Itu janji Allah SWT yang sudah tertulis di Al Quran. Anda harus bisa memaksakan diri anda sendiri. Jadikan motivasi hidup dalam islam, supaya anda bisa selalu istiqomah dalam hidup.

Untuk membantu proses istiqomah anda, mintalah tolong orang-orang terdekat. Bisa dari keluarga atau teman terdekat. Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu mengajak kepada kebaikan. Perbanyak ikuti pengajian, sehingga anda dikelilingi oleh orang-orang yang selalu mengingatkan kepada kebaikan. Ini akan membantu anda lebih istiqomah. Selain itu jangan lupa untuk perbanyak membaca motivasi hidup dalam islam dari orang shalih lainnya. Cerita tersebut bisa menjadikan motivasi anda lebih tinggi. Yang paling penting, jangan pernah berhenti untuk berdoa. Meminta tolong petunjuknya dan pertolongannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!