Kewajiban Untuk Selalu Bersyukur Bukan Menghitung Nikmat Allah

0
974

Assalamualaikum sobat cahaya Islami yang dirahmati Allah, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai kajian Islam tentang bersyukur. Sobat semuanya tentu sudah tidak asing dengan ungkapan bersyukur. Namun apakah sobat sudah senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua? Nikmat sehat, nikmat selamat, nikmat makan, serta nikmat-nikmat lain yang Allah berikan kepada kita semua. Kewajiban Untuk Selalu Bersyukur Bukan Menghitung Nikmat Allah. Kalau kita menghitung nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, sampai kapanpun kita akan selalu merasa kekurangan. Mengingat tabiat manusia yang tidak pernah merasa puas. Namun sebagai hamba yang baik kita wajib untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Kewajiban Untuk Selalu Bersyukur Bukan Menghitung Nikmat Allah

Kewajiban untuk senantiasa untuk bersyukur

Nikmat yang telah Allah berikan kepada kita sangatlah banyak

Kajian Islam bersyukur yang pertama yaitu bahwa nikmat Allah sangatlah banyak. Ketahuilah sobat, nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita sangatlah banyak. Jangankan kita menghitung nikmat yang telah Allah berikan karena kita tidak akan mampu menghitungnya. Adapun kita sebagai umat muslim yang baik senantiasa harus bersyukur kepada Allah SWT. Perintah untuk bersyukur ini juga sesuai dengan firman Allah :

وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya, sungguh manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). Dengan senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan maka kita akan menjadi hamba yang jauh dari sifat dzalim. Ingat sobat Allah sangat benci kepada hambanya yang dzalim atas nikmat yang telah diberikan. [1]

Allah akan memberikan balasan yang keji bagi mereka yang tidak mau bersyukur

Allah sudah memberikan nikmat yang sangat banyak kepada kita semua, lantas kita masih tidak mau bersyukur kepadaNya, naudzubillah sobat jangan sampai menjadi hamba yang seperti itu. Nah sobat Allah SWT akan menambah nikmat kita jika kita mau bersyukur kepadaNya dan sebaliknya sobat jika kita kita tidak mau mensyukuri nikmat Allah maka Allah akan memberikan adzab kepada kita. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Rabb-mu memaklumkan : Sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti adzab-Ku sangat berat” [2]

Kebaikan bersyukur akan dinikmati oleh dirinya sendiri

Sobat yang dirahmati Allah SWT perlu sobat ketahui bahwa kebaikan dari bersyukur ini kelak yang akan menikmati adalah sobat sendiri. Dengan bersyukur Allah akan selalu melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita akan dapat hidup dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. Bagaimana sobat indah bukan?

Nah sobat itulah beberapa alasan kenapa kita wajib untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, nah bagi sobat yang masih sulit untuk bersyukur ada beberapa tips mudah untuk sobat semua agar senantiasa ingat terhadap nikmat dari Allah SWT:

Membuat daftar hal yang dapat kita syukuri

Sobat yang budiman, kajian islam bersyukur kali ini akan memberikan tips mudah bersyukur adapun tips mudah bersyukur yang pertama yaitu dengan membuat daftar mengenai hal-hal yang dapat kita syukuri. Jangan kita menghitung berapa banyak nikmat yang telah Allah berikan namun kita syukurin hal-hal yang sudah Allah berikan. Salah satu hal yang dapat kita masukkan dalam daftar yaitu bersyukur bahwa kita masih menghirup udara bersih dengan gratis, coba sobat bayangkan jikalau kita harus membayar biaya dari oksigen tersebut. Niscaya sekaya apapun kita tidak akan mampu membeli nikmat yang telah Allah berikan.

Melihat orang di sekitar kita

Sesekali coba sobat berjalan-jalan di pinggiran rel kereta api, disana masih banyak saudara kita yang tidak seberuntung dengan kita. Untuk makan sehari-hari mereka masih harus bersusah payah. Nah dengan itu marilah kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Kita masih diberi nikmat makan, nikmat sehat, nikmat bisa mengenyam pendidikan serta beragam nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua.

Nah itulah sobat beberapa kewajiban serta cara mudah untuk bersyukur terhadap nikmat Allah SWT. Semoga beberapa ulasan di atas dapat membantu sobat untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Sekian sobat kajian islam bersyukur kali ini semoga bermanfaat buat kita semua.

[1] QS. Ibrahim 34

[2] Q.S Ibrahim 7

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!