Keutamaan Surat Al-Mulk

0
861

Kitab suci Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Kitab suci Al-quran adalah petunjuk dan pedoman hidup manusia. Dalam Kitab suci Al-Quran, terdapat petunjuk hidup yang dapat kita gunakan sebagai jawaban dari permasalahan hidup kita. Terdapat 114 surat di dalam Kitab suci Al-Quran yang setiap surat memiliki fadhillah masing-masing. Membaca Kitab suci Al-Quran adalah perkara yang dianjurkan bagi siapa yang menginginkan manfaat dan syafa’atnya kelak. Membaca Al Qur’an dapat menghindarkan seseorang dari hal-hal yang dapat menghapus amal dan dari dosa-dosa yang tidak terampuni serta menghilangkan penyebab hati gelisah. Keajaiban Al-qur’an di dunia nyata pun kini sudah banyak dikenal dan membuat umat islam semakin mengimaninya termasuk para mualaf. Salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran adalah surat Al-Mulk yang memiliki banyak keutamaan. Setiap surat di dalam Al-Quran memiliki keutamaannya masing-masing, tapi pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan tentang keutamaan surat Al-Mulk.

Sahabat cahaya Islam, membaca surat Al-Mulk dapat memberikan kita banyak faedah. Jika kita menjaga amalan ini dan melakukannya terus menerus, insyaAllah, kelak akan kita rasakan syafa’atnya.

keutamaan surat Al-Mulk

Diampuni Dosanya

Anas bin Malik mengatakan, Rosululloh-shollallohu a’laihi wasallam bersabda:

“Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thobaroni dalam Mu’jamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shohihul Jami’)

Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih, dan dihasankan oleh Albani)

Salah satu keutamaan surat Al-Mulk yaitu dijauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka. Sangatlah besar manfaat dari membaca surat Al-Mulk. Membaca surat Al-Mulk bisa dilakukan kapan saja, akan tetapi Rasulullah salallahu alaihi wassalam selalu membacanya ketika menjelang tidur malam.

Menjauhkan dari Maksiat

إِنَّ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.” ( QS Al Mulk : 12 )

Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah

seperti pada makna salah satu ayat surat Al-Mulk dijelaskan bahwa kita akan takut kepada Allah, takut melakukan maksiat walau di tempat yang sangat sunyi sekali pun karena kita percaya walau tak ada makhluk yang melihat kita tapi Allah selalu melihat kita. Surat Al-Mulk dapat menjauhan kita dari berbuat maksiat.

Menjadikan kita sebagai orang yang bertawakkal

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ ۖ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya.” (QS. Al Mulk: 15).

Menjadi orang yang bertawakkal membuat kita hanya bersandar kepada Allah Azza wa Jalla¸berserah diri pada kehendaknya, dan menerima setiap takdirnya. Hal tersebut adalah ciri orang-orang yang beriman.

Sahabat cahaya Islam, Allah dengan jelas telah memberikan kita petunjuk hidup untuk kita pahami dan amalkan agar kita selamat dunia akhirat. Dan apa yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah kebaikan yang dapat kita ambil dan kemudian kita amalkan bahkan lebih baik lagi jika kita mengajarkannya. Tak akan ada hasil yang akan kita petik jika kita tak pernah menanamnya, keutamaan-keutamaan surat Al-Mulk tak akan pernah kita dapatkan jika kita tak pernah mengamalkannya (membacanya). Semoga Allah mudahkan kita untuk menjaga amalan ini, agar kita mendapatkannya syafaatnya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!