Keutamaan Puasa Senin-Kamis Dan Manfaatnya

0
552

Puasa adalah salah satu jenis ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Nabi SAW mengajarkan umatnya untuk berpuasa. Dalam hal ini, secara umum, puasa dibagi menjadi dua, yakni puasa wajib dan juga puasa sunah. Contoh puasa wajib yang harus dijalankan adalah puasa Ramadhan. Puasa sunah memiliki macam yang lebih banyak. Salah satu puasa sunah yang cukup dianjurkan untuk dilakukan adalah puasa Senin-Kamis. Keutamaan Puasa Senin-Kamis Dan Manfaatnya Mengenai puasa ini, Aisyah RA berkata, “Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Dari hadis tersebut, kita bisa melihat bahwa Senin dan Kamis adalah salah satu waktu favorit Nabi SAW untuk berpuasa. Lantas, apa saja keutamaan dan manfaat dari puasa sunah Senin-Kamis? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Keutamaan puasa Senin-Kamis dan manfaatnya

Ada beberapa keutamaan puasa Senin-Kamis yang sebaiknya anda ketahui. Dengan mengetahui beberapa keutamaan yang ada, akan ada lecutan semangat yang meningkatkan kesadaran anda atas pentingnya menjalankan puasa sunah yang satu ini. Adapun keutamaan puasa hari Senin dan Kamis yang pertama adalah waktu tersebut merupakan saat dimana pintu-pintu surga dibuka.

Dalam hal ini, Rasulullah bersabda, yang artinya, “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Dari hadis ini kita bisa mengetahui bahwa menyambut hari dibukanya pintu-pintu surga merupakan salah satu hal utama yang sebaiknya dilakukan oleh mereka yang beragama Islam.

Keutamaan puasa di hari Senin dan Kamis yang kedua adalah hari Senin dan Kamis merupakan waktu dimana amal diangkat dan juga diperiksa di hadapan Allah SWT. Dalam hal ini, Nabi SAW bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Dari hadis tersebut, tampak jelas bahwa puasa Senin-Kamis adalah salah satu puasa sunah yang utama dimana merupakan waktu khusus terkait pencatatan amal dan Nabi SAW lebih menyukai dihitung amalnya dalam keadaan berpuasa.

Manfaat puasa hari Senin dan Kamis

Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa melihat beberapa keutamaan dari puasa Senin-Kamis yang dapat menjadi pelecut bagi kita untuk bisa mendapatkan tambahan pahala dari puasa sunah. Selain beberapa keutamaan, kita juga akan membahas manfaat dari puasa sunah tersebut. Apa saja manfaat dari puasa ini?

Manfaat pertama dari puasa Senin-Kamis adalah puasa ini dapat menjadi perisai dari kejiwaan seorang hamba. Dengan rajin berpuasa, maka seorang hamba akan cenderung lebih mudah untuk bersabar, menjaga diri, meredam hawa nafsu dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Mengenai perkara ini, Allah SWT berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Selain manfaat di atas, salah satu sebab kenapa Nabi SAW sangat menyukai puasa sunah, khususnya puasa hari Senin-Kamis adalah untuk melatih kedisiplinan. Dalam hal ini, dengan melakukan puasa sunah maka seorang hamba akan menjadi lebih berdisiplin dalam segala hal karena ia akan mawas diri dan merasa diawasi ketika melakukan sesuatu.

Dengan segala hal utama yang ada, puasa Senin-Kamis merupakan salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Oleh karena itu, kiranya sobat Cahaya islam dapat memanfaatkan waktu Senin dan Kamis untuk menjalankan ibadah puasa.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!