Keutamaan Berada Pada Golongan Yang Bertaubat

0
245

Saat menjalani kehidupan di dunia ini, kita tentu tidak akan lepas dari kesalahan sekecil apapun. Hal ini memang sudah menjadi kodrat dari Allah SWT yang menyatakan bahwa manusia akan hidup berdampingan dengan segala kesalahan. Namun, hal demikian tentu bukan menjadi pembenar bahwa kita boleh melakukan kesalahan dengan bebas. Islam senantiasa mengajak umatnya untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melalui jalan taubat. Menjadi golongan yang bertaubat dan keutamaan Berada Pada Golongan Yang Bertaubat adalah hal yang sangat disukai oleh Allah SWT.

keutamaan Berada Pada Golongan Yang Bertaubat

Hal ini perlu dipahami dengan baik. Kita tahu bahwa hidup manusia memang tidak terlepas dari kesalahan. Selain itu, banyak pula manusia yang sering tidak menyadari bahwa ia melakukan kesalahan sehingga ia menjadi jauh dari Allah SWT. Dalam hal ini, tentu dengan menjadi golongan umat yang memilih bertaubat, maka kita akan senantiasa ingat kepada Allah SWT. Berikut ada beberapa keutamaan golongan yang bertaubat yang penting untuk kita ketahui.

Dicintai oleh Allah SWT

Salah satu keinginan dari hamba adalah mereka menjadi hamba yang dicintai Allah SWT. Kecintaan Allah SWT yang turun pada hamba-Nya adalah sebuah kebahagiaan yang nyata dan akan membuat kehidupan di dunia menjadi lebih indah untuk dijalani.

Dalam hal ini, salah satu keutamaan yang terkandung dalam golongan yang bertaubat adalah ia akan dicintai oleh Allah SWT. Perlu diketahui bahwa taubat adalah salah satu hal yang sangat dicintai oleh Allah SWT karena dengan taubat, maka manusia akan menjadi semakin dekat dengan Allah SWT dan senantiasa mengingat-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya taubat juga menjadi hal nyata ketika Allah SWT menguji umat-Nya dengan beragam ujian untuk mengetes jati diri yang ia miliki.

Taubat memiliki kedudukan yang tinggi

Taubat merupakan hal istimewa dalam agama Islam karena memiliki kedudukan yang lebih tinggi yang senantiasa tidak dimiliki oleh jenis ketaatan lainnya. Apa yang membuat taubat begitu istimewa pada posisi Allah SWT? Dalam hal ini, kita tentu tahu bahwa taubat bukanlah sesuatu yang mudah. Tantangan yang begitu besar untuk bertaubat membuat taubat memiliki kedudukan yang tinggi dan begitu pula golongan yang bertaubat. Allah SWT akan menjadi sangat bergembira jika mengetahui banyak dari umat-Nya yang senantiasa bertaubat kepada-Nya setiap hari. Digambarkan, kegembiraan Allah SWT tidak ditemukan pada peristiwa lain selain taubat.

Mencerminkan sikap rendah hati

Taubat adalah salah satu hal utama yang sangat penting dilakukan oleh manusia dalam hubungannya kepada Allah SWT. Salah satu diantara keutamaan menjadi golongan yang bertaubat adalah mereka mencerminkan sikap rendah hati. Sikap rendah hati ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki oleh setiap manusia dikarenakan dengan sikap ini, maka manusia akan terjauhkan dari sifat sombong dan menganggap diri mereka paling baik serta paling tinggi kedudukannya. Allah SWT sangat mencintai seseorang yang rendah hati karena ia akan senantiasa tunduk dan patuh pada aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT yang tercantum di dalam Al Qur’an.

Tidak hanya itu, cerminan sikap rendah hati pada seseorang yang bertaubat adalah lebih tinggi daripada selainnya. Dalam hal ini, seseorang yang bertaubat karena rendah hati akan terhindar dari maksiat dan kesombongan yang berbahaya. Meskipun ia memiliki pengetahuan yang tinggi dan jabatan yang tinggi, seorang yang bertaubat tidak akan membanggakan keduanya. Inilah yang menjadi kemuliaan golongan yang bertaubat.

Beberapa kemuliaan golongan yang bertaubat sebagaimana dijelaskan di atas tentunya dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk senantiasa bertobat dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Tentu, untuk menjadi golongan yang bertaubat, kita harus bersungguh-sungguh dan meniatkan taubat hanya pada Allah SWT semata.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!