Keutamaan Bagi Orang Yang Memungut Sampah di Jalan

0
279

Ketika kita melihat banyak sampah yang berserakan di jalan, kita biasanya akan merasakan jijik atau kurang begitu senang. Melihat hal itu, tentu membersihkan sampah di jalan memang menjadi sesuatu yang mulia yang bahkan bisa memberikan kita amalan yang besar. Ketika kita melihat lingkungan yang bersih, kita juga akan merasa senang dan tidak segan melewati lingkungan tersebut. Ada kalanya memang hal kecil seperti membersihkan sampah di jalan ini memberikan efek yang besar. Karena itu, Keutamaan bagi orang yang memungut sampah di jalan tentunya sangatlah besar dan hal itu juga sangat mudah dilakukan. Berikut kita akan membahas tentang keutamaan tersebut.

Keutamaan Bagi Orang Yang Memungut Sampah di Jalan

Manfaat Memungut Sampah di Jalan

Tentunya sangatlah banyak manfaat serta Keutamaan bagi orang yang memungut sampah di jalan. Pertama, ketika kita memungut sampah di jalan, kita sudah menghilangkan resiko agar suatu kecelakaan tidak terjadi. Sampah tentunya bermacam dan dapat mengakibatkan kejadian yang bermacam pula. Misalnya, ketika kita melihat kulit pisang di jalan, jika kita tidak membersihkanya, bisa aja orang yang tidak melihat akan terpeleset oleh kulit tersebut karena licin. Kemudian, ketika kita melihat batu tajam atau paku di jalan raya, bisa saja nantinya paku itu akan membuat ban bocor bagi kendaraan orang yang memberikan kesulitan bagi mereka.

Ganjaran Memungut Sampah di Jalan

Ketika kita melihat hal kecil seperti memungut sampah di jalan, tentunya kita tidak akan mengira bahwasanya ganjaran dari perilaku itu tidaklah besar. Namun jangan salah, perilaku ini bisa membuat kita diganjar dengan idaman setiap umat islam, yaitu surga. Hal ini karena bisa dilihat dari manfaat serta keutamaan bagi orang yang memungut sampah di jalan yang disebutkan di paragraph sebelumnya, kita bisa menyingkirkan berbagai kemudharatan dari sampah. Memang sampah terlihat sebagai masalah kecil namun tentunya masalah kecil ini malah sering membuat masalah karena banyak orang yang mengabaikan karena meremehkan masalah ini.

Hadist Mengenai Memungut Sampah Di Jalan

Mempelajari keutamaan bagi orang yang memungut sampah di jalan tentu akan lebih afdhol jika tahu dasarnya.

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ رَجُلٌ بِغُصْنِ شَجَرَةٍ عَلَى ظَهْرِ طَرِيقٍ فَقَالَ وَاللَّهِ لَأُنَحِّيَنَّ هَذَا عَنْ الْمُسْلِمِينَ لَا يُؤْذِيهِمْ فَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ

Telah menceritakan kepadaku [Zuhair bin Harb]; Telah menceritakan kepada kami [Jarir] dari [Suhail] dari [Bapaknya] dari [Abu Hurairah] dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Pada suatu ketika ada seseorang yang melewati sebatang ranting pohon yang menjuntai ke jalan. Kemudian orang tersebut berkata; ‘Demi Allah, saya akan menyingkirkan ranting pohon ini agar tidak mengganggu kaum muslimin yang lewat.’ Akhirnya orang tersebut dimasukkan ke dalam surga.'” H.R Muslim 4744 (shahih).

Hal ini tidak hanya berarti melawan maksiat maupun melawan kekafiran, tetapi juga memberikan jalan yang bersih dan bebas hambatan secara harfiah. Jadi manfaat memungut sampah di jalan merupakan perbuatan yang mulia yang memberikan pahala yang besar pada pelakunya.

Sobat Cahaya Islam, sebagai umat islam yang berfikir, tentu kita bisa melihat bahwa kuasa Allah SWT sangatlah besar. Seperti yang kita lihat, keutamaan bagi orang yang memungut sampah di jalan sudah bisa membuat seorang muslim dijanjikan surga pada kehidupan berikutnya.

Dari pelajaran di atas, marilah kita mulai menerapkan perilaku ini agar kita mendapatkan Keutamaan bagi orang yang memungut sampah di jalan. Hal ini sangatlah mudah dilakukan dan tentunya bisa kita lakukan setiap hari. Mari beramal dari hal kecil melalui ganjaran memungut sampah di jalan. Amalan yang kecil ini jika kita lakukan setiap hari tentunya akan memberikan kita pahala yang amat banyak kedepannya. Allah SWT merupakan dzat yang maha pengasih lagi maha pemberi dan janganlah engkau ragu karena setiap perbuatan muliamu akan dibalas berkali lipat melalui rizkinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!