Keteladanan Muhammad Al Fatih Yang Perlu Kita Renungkan

0
1799

Salah satu tokoh Islam yang sangat berpengaruh pada zamannya dan menjadi idola umat Islam hingga kini adalah Muhammad Al Fatih. Sosok ini menjadi salah satu tokoh paling penting dalam sejarah agama Islam dan peradaban Islam karena dalam usianya yang relatif muda, ia telah mampu memimpin pasukan untuk merebut Constantinople yang notabene nya adalah daerah kekuasaan Romawi yang sangat kuat. Sebagai generasi penerus Islam masa kini, penting rasanya untuk mengetahui Keteladanan Muhammad Al Fatih Yang Perlu Kita Renungkan untuk hidup yang lebih baik. Apa saja hal yang penting untuk kita teladani dari sosok Al Fatih ini? berikut kajian islamnya!

Keteladanan Muhammad Al Fatih Yang Perlu Kita Renungkan

Menguasai banyak bahasa

Kajian islam yang pertama yaitu salah satu hal yang patut kita pelajari dari sosok Muhammad Al Fatih adalah fakta bahwa ia menguasai banyak bahasa. Ini adalah salah satu teladan Muhammad Al Fatih yang harus menjadi inspirasi bagi generasi penerus. Menurut Ali Muhammad Ash Shalabi, Muhammad Al Fatih sedikitnya memiliki pengetahuan yang sangat baik pada tiga bahasa terbesar yang sangat berpengaruh dan biasanya hanya dikuasai oleh kaum intelektual pada masa itu, yakni bahasa Arab, Turki dan Persia.

Bahkan, menurut Ramzi Al Munyawi, Muhammad Al Fatih menguasai bahasa Yunani beserta 6 jenis bahasa lainnya pada umur 21 tahun. Pengetahuan akan bahasa inilah yang membuatnya mampu berkomunikasi dengan sangat baik pada semua orang, termasuk pada mereka yang berlainan suku dan negara. Dengan pengetahuan bahasa, Al Fatih juga mampu mengumpulkan pasukan untuk menggempur Constantinople.

Mempelajari banyak ilmu

Dalam ceramah agama dijelaskan ilmu adalah hal yang sangat penting sebagai bekal dalam kehidupan. Mungkin, hal inilah yang juga disadari oleh Sultan Murad, ayahanda dari Muhammad Al Fatih. Ketika Al Fatih masih kecil, beliau meminta para ulama di kerajaan untuk mengajar anaknya dengan berbagai disiplin keilmuan, yakni matematika, fisika, astronomi, seni perang, militer dan lainnya. Hasilnya? Hasilnya adalah Muhammad Al Fatih tumbuh sebagai sosok yang tidak hanya kuat tetapi juga memiliki pengetahuan yang sangat luas dan pandai.

Fleksibel dan banyak kejutan

Salah satu keteladanan Muhammad Al Fatih yang perlu kita ketahui dalam kajian islam ini adalah ia merupakan sosok yang fleksibel dan juga banyak kejutan. Melalui bukunya, Ustad Felix Siauw menulis bahwa Al Fatih memiliki mata pelajaran favorite, yakni sejarah yang juga merupakan disiplin ilmu yang dikuasai oleh para pemimpin besar umat Islam, termasuk Nabi SAW.

Dengan menguasai ilmu sejarah inilah, Al Fatih mampu membuat sebuah kombinasi unik antara apa yang terjadi saat ini dengan apa yang sudah pernah terjadi. Tak jarang, ia membuat banyak kejutan dalam keputusannya, termasuk ketika ia memutuskan untuk menggempur Constantinople.

Giat beribadah

Hal yang tidak kalah penting dari kajian kajian islam siatas dan termasuk salah satu keteladanan Muhammad Al Fatih yang wajib kita contoh adalah beliau termasuk pemimpin yang sangat giat beribadah. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun Al Fatih juga seringkali mengajak pasukannya untuk menjaga ibadah sebaik-baiknya. Dalam cerita dikatakan bahwa Al Fatih memimpin shalat berjamaah ratusan ribu pasukannya sebelum ia memenangkan pertempuran melawan musuhnya dalam penaklukan Constantinople.

Dari cerita ini, kita bisa mengambil sifat dan keteladanan Muhammad Al Fatih bahwa meskipun ia memiliki armada yang banyak dan kuat, ia tetap percaya bahwa kesuksesan dan keberhasilan ditentukan oleh Allah SWT. Inilah yang sekiranya hilang dari generasi sekarang.

Dari beberapa poin kajian islam di atas, kita bisa melihat bahwa ada banyak keteladanan Muhammad Al Fatih yang bisa kita pelajari dan jadikan inspirasi untuk kehidupan yang lebih baik. Selain itu, berbekal dengan teladan Muhammad Al Fatih, sobat Cahaya islam bisa melihat bahwa pembelajaran dalam Islam sangat optimal untuk membangun karakter dan generasi yang baik dan kita harus bangga dengannya.

Demikian kajian islam beberapa keteladanan Muhammad Al Fatih yang bisa kita pelajari. Semoga bisa memberikan inspirasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!