Kebenaran Mengenai Kemunculan Jin Saat Malam Dibacakan Surat Al Jin

0
511

Sobat cahaya islam, pasti sudah mengetahui tentang surat jin bukan? Yaps betul sekali, surat al-Jin adalah salah satu surat yang terdapat dalam al-Qur’an. Surat yang satu ini berada di urutan ke 72, setelah surat Nuh dan sebelum surat Al-Muzzamil. Dalam kajian surat Al-Jin ini menceritakan tentang kisah bangsa jin dan surat yang satu ini terdiri dari 28 ayat. Banyak kajian islam yang membahas tentang surat yang ke 72 dalam Al-Qur’an tersebut. Lalu agaimanakah kebenaran Mengenai Kemunculan Jin Saat Malam Dibacakan Surat Al Jin?

Pada dasarnya, jin adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT. Jin ini termasuk makhluk ghaib, sehingga ia tidak dapat dilihat oleh manusia. Akan tetapi, makhluk bernama jin ini bisa melihat manusia, bahkan sang makhluk ghaib ini dapat merasuki tubuh manusia tersebut. Didalam bangsa jin ini, terdapat jin yang muslim juga terdapat pula jin yang kafir. Jin muslim adalah jin yang mengakui bahwa nabi Muhammad SAW utusan Allah SWT, sedangkan jin kafir merupakan jin yang ingkar tentang kenabian Muhammad SAW dan keberadaan Allah SWT. Dalam dunia islam sendiri, terdapat kajian islam yang membahas tentang makhluk ghaib yang terbuat dari api ini.

Kebenaran Mengenai Kemunculan Jin Saat Malam Dibacakan Surat Al Jin

Dalam berbagai kajian islam, percaya kepada hal yang ghaib merupakan sebuah keyakinan yang terdapat dalam rukun islam yang harus diimani oleh setiap muslimin baik laki-laki maupun perempuan. Salah satunya adalah percaya tentang keberadaan makhluk ghaib bernama jin ini. Makhluk halus bernama jin ini diciptakan oleh alam yaitu api.

Sobat cahaya islam, pada dasarnya surat Al-Jin merupakan surat yang menceritakan tentang seluk-beluk makhluk ghaib bernama jin tersebut. Dalam Surat Al jin terdapat ayat yang menjelaskan bahwa segolongan jin pernah mendengar bacaan Al Quran nabi Muhammad SAW. Berikut ini bunyi ayat Al Qur’an tersebut

قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآناً عَجَباً يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ وَلَن نُّشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَداً

Artinya: “Katakanlah (hai Muhammad) : telah diwahyukan kepadamu bahwasanya telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Qur’an), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengar Al Qur’an yang menakjubkan, yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorang pun dengan Tuhan kami.”

Dalam kajian islam berdasarkan ayat Al Qur’an diatas dijelaskan secara gamblang bahwa terdapat jin yang mendengarkan bacaan Al Qur’an Rasulullah SAW. Lalu sang makhluk ghaib bernama jin tersebut beriman kepada Allah SWT. Bahkan jin tersebut berjanji tidak akan mempersekutukan Allah dengan siapapun. Ayat tersebut juga menjelaskan tentang adanya makhluk ghaib berupa jin ini di muka bumi.

Setelah mendengar penjelasan kajian islam mengenai ayat tersebut, mungkin dalam pikiran sobat cahaya islam timbul sebuah pertanyaan: “Apakah jin akan muncul jika kita membaca ayat Al Qur’an khususnya surat Al jin pada waktu malam hari?” dalam kajian ajaran islam, para ulama dari berbagai penjuru dunia ini belum pernah menemukan sebuah dalil kuat yang menyatakan tentang akan munculnya jin jika dibacakan surat Al Jin pada malam hari. Bahkan tidak ada anjuran dari rasulullah untuk membaca surat al Jin pada waktu malam hari.

Sobat cahaya islam, dengan penjelasan mengenai kajian islam diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa jin tidak ada dasar yang jelas mengenai kehadiran makhluk bernama jin jika membaca surat Al Jin tersebut pada malam hari. Pada dasarnya, setiap manusia pasti diikuti oleh makhluk ghaib bernama jin ini. Mereka bisa melihat diri manusia, akan tetapi manusia tersebut tidak dapat melihat atau mengetahui keberadaannya. Hal yang bisa kita lakukan sebagai manusia adalah selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan jalan mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya, sehingga kehidupan kita ini akan penuh dengan kebarokahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!