Psst… Ada Hal Sederhana yang Lebih Baik daripada Emas dan Berlian Lho?!

0
487

Bayangkan deh ada seseorang yang tidak pernah sobat Cahayaislam kenal datang kerumah anda dengan membawa satu karung besar berisi emas dan berlian. Orang tersebut kemudian berkeinginan agar anda menerima satu kantung besar yang berisi gemerlapnya emas berlian itu tanpa syarat. Kira-kira bagaimana respon anda? – Kalo tim Cahayaislam yang berada dalam situasi tersebut, tentu akan dengan senang hati dan ikhlas menerimanya.

Nah, semua orang tahu bahwa emas dan berlian adalah benda-benda dunia yang sangat berharga. Banyak orang yang dibutakan oleh gemerlapnya hingga melupakan banyak hal-hal penting lainnya. Lalu kira-kira sobat cahayaislam mau tidak bila kami berikan satu rahasia hebat. Rahasia sebuah kegiatan yang bisa menghasilkan lebih baik daripada emas dan berlian semacam tadi? Cek detailnya deh:

Dzikrullah: Lebih Mulia daripada Emas permata Dunia

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ حُمَيْدِ بْنِ كَاسِبٍ، حَدَّثَنَا الْمُغِيرَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي زِيَادٍ، مَوْلَى ابْنِ عَيَّاشٍ عَنْ أَبِي بَحْرِيَّةَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، أَنَّ النَّبِيَّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ قَالَ ‏”‏ أَلاَ أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَأَرْضَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِعْطَاءِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ وَمِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ ‏”‏ ‏.‏ قَالُوا وَمَا ذَاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ ‏”‏ ذِكْرُ اللَّهِ ‏”‏ ‏.‏ وَقَالَ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ مَا عَمِلَ امْرُؤٌ بِعَمَلٍ أَنْجَى لَهُ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ

Rasulullah bersabda: maukah kalian aku beritahu tentang terbaiknya amalnya kalian, yang paling menakjubkan daripada pangkat kalian, hal yang meninggikan status kalian, hal yang lebih baik daripada emas dan perak, atau bertarung dengan musuh di medan perang (mati syahid)? – Para sahabat menjawab: Apakah itu wahai Rasulullah? – “Mengingat Allah (dzikrullah)” 

Hadits yang diriwayatkan Sunan Ibn Majah nomor hadits 3790 diatas menunjukkan bahwa tiada hal yang lebih mulia dari hal-hal yang menyilaukan mata di dunia ini (seperti emas, perak, jabatan dan lain lain) kecuali sebuah amalan “mengingat Allah”. Dalam kesempatan lain, tim Cahayaislam telah memberikan banyak tips dan trik unik agar kita selalu ingat kepada Allah (DISINI).

Harus bisa membudayakan ingat selalu kepada Allah

Tentu saja pekerjaan selalu ingat kepada Allah bukanlah hal yang mudah. Karena pada dasarnya kita manusia adalah tempat dari banyak dosa dan kesalahan. Sebagai orang islam yang beriman kepada Allah dan mendambakan derajat tinggi yang lebih mulia daripada emas berlian di dunia ini, tentu kita harus memiliki i’tikad baik untuk menjadi hamba yang bisa selalu ingat kepada Allah. Pastilah untuk mencapai hal itu, kita perlu membudayakannya.

Beberapa cara yang jitu yang bisa dilakukan adalah dengan (1) mencoba menemukan alasan dan niyat kerena Allah pada setiap kegiatan yang kita lakukan, (2) Menghindari hal-hal yang tidak bermanfaat, (3) menjauhi amalan-amalan buruk yang bisa menjauhkan diri dari Allah.

Nah, sobat cahayaislam yang diridhoi oleh Allah. Insha Allah dengan menjalani hidup yang selalu ingat dengan Allah. Hidup kita akan menjadi lebih barokah dan diliputi oleh rahmat dari-Nya. Kehidupan akan menjadi lebih bahagia dan terarah dengan perspektif zuhud yang berorientasi kepada akhirat. Semoga kita bisa bersama-sama mempraktikkannya dan menjadi jiwa-jiwa yang selalu dekat dang ingat kepada Allah. Amiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!