Keajaiban Allah : Nabi Musa Yang Mampu Membelah Lautan

0
1044

Assalamualaikum sobat cahaya islami dimanapun kalian berada, kali ini cahaya islami akan berbagi cerita kajian islam mengenai keajaiban Allah SWT yang berupa mukjizat kepada para Nabi dan Rasul pilihan Allah. Sobat tentu kita sudah tidak asing dengan kata mukjizat bukan? Kita sering mendengarnya dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan kita sendiri juga pernah mengucapkan kata tersebut. Mukjizat yaitu sebuah perkara atau kejadian diluar kemampuan nalar kita yang berupa kejadian luar biasa yang Allah turunkan kepada para Nabi dan Rasulnya. Singkatnya mukjizat merupakan salah satu bentuk keajaiban Allah SWT. Keajaiban Allah : Nabi Musa Yang Mampu Membelah Lautan.

Keajaiban Allah : Nabi Musa Yang Mampu Membelah Lautan

Mukjizat yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Musa A.S

Tongkat nabi Musa

Sobat yang dirahmati Allah salah satu bentuk keajaiban Allah yang diberikan kepada Nabi Musa adalah tongkatnya yang mampu memberikan berbagai macam keajaiban. Pada mulanya tongkat tersebut hanyalah sebuah tongkat biasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun Allah adalah dzat yang mampu menghadirkan keajaiban di luar nalar manusia. Salah satu bentuk keajaiban dari tongkat yang dimiliki oleh Nabi Musa adalah mampu berubah menjadi ular. Iya benar sobat, tongkat tersebut berubah menjadi ular ketika digunakan untuk menyerang penyihir firaun.

Disamping mampu berubah menjadi ular, bentuk keajaiban Allah yang kedua dari tongkat Nabi Musa adalah tongkatnya yang mampu mengeluarkan 12 mata air. Adapun mengenai mukjizat juga telah Allah jelaskan dalam firmannya :

وَإِذِ اسْتَسْقَىٰ مُوسَىٰ لِقَوْمِهِ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْحَجَرَ ۖ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا ۖ قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ ۖ كُلُوا وَاشْرَبُوا مِنْ رِزْقِ اللَّهِ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

Dan ingatlah ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu kami berfirman“ Pukullah batu itu dengan tongkatmu.” Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rizki (yang diberikan) Allah dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.” [1]

Masya Allah sobat begitu luas nikmat yang telah Allah berikan, sungguh dialah dzat yang maha menguasai segala yang ada di muka bumi ini.

Tangannya mampu mengeluarkan cahaya

Sobat yang dirahmati Allah, cerita penuh keajaiban tentang Nabi Musa yang kedua yaitu tangannya yang mampu mengeluarkan cahaya putih serta menyilaukan ketika dimasukkan ke dalam baju atau jubahnya. Mengenai keajaiban Allah ini juga telah dijelaskan dalam al-qur’an :

وَاضْمُمْ يَدَكَ إِلَىٰ جَنَاحِكَ تَخْرُجْ بَيْضَاءَ مِنْ غَيْرِ سُوءٍ آيَةً أُخْرَىٰ

“Dan Kepitkanlah tanganmu ke ketiakmu, niscaya ia ke luar pulih cemerlang tanpa cacat, sebagai mukjizat yang lain (pula)”. [2] Luar biasa sekali bukan sobat?

Mampu menghidupkan orang yang sudah mati

Di samping keajaiban tongkat dan mampu mengeluarkan cahaya putih, Keajaiban Allah selanjutnya yang diberikan kepada Nabi Musa A.S adalah mampu menghidupkan orang yang sudah mati. Benar sobat bahwa Nabi Musa mampu menghidupkan orang yang sudah mati, adapun acaranya adalah dengan memukulkan tubuh sang mayat kepada sapi betina. Adapun cerita ini bermula ketika suatu hari ada seseorang yang meninggal namun tidak diketahui siapa pembunuhnya. Nah, dengan hal itu akhirnya Nabi Musa memukulkan salah satu anggota dari sapi betina ke tubuh mayat tersebut. Nah setelah itu mayat tersebut hidup dan akhirnya mampu mengatakan siapa orang yang telah membunuhnya. Luar biasa sekali bukan sobat?

Mampu Membelah Lautan

Bentuk keajaiban Allah yang ke empat yaitu mampu membelah laut merah menggunakan tongkatnya. Cerita ini memang luar biasa sobat, yaitu tak kala nabi Musa dan pasukannya sedang dikejar oleh raja Fir’aun bersama pengikutnya. Ketika dikejar Nabi Musa menemui jalan buntu karena hanya ada lautan. Namun Allah maha pengasih lagi maha penyayang kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa. Nah akhirnya Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Musa yaitu tongkatnya mampu membelah luasnya lautan. Hingga akhirnya lautan terbelah dan Nabi Musa serta pengikutnya selamat dari kejaran raja Fir’aun.

Nah sobat itulah beberapa keajaiban Allah yang diberikan kepada Nabi Musa sebagai bentuk kebesaran Allah. Semoga melalui cerita di atas kita dapat senantiasa dapat mengambil hikmah yang berharga bahwa Allah senantiasa akan selalu bersama hambanya yang mau beriman dan bertaqwa kepadaNya.

Sekian sobat cerita keajaiban Allah yang diberikan kepada Nabi Musa AS, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum.

[1] Q.S Al-Baqarah ayati 60

[2] Q.S Taha ayat 22

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!